Ucapan Innalillahi Wainnailaihi Roji'un

SANEPO – Untuk memberikan ucapan innalillahi wainnailaihi roji’un sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan keluarga atau kerabat yang sedang berduka.

Ucapan innalillahi wainnailaihi roji’un harus dilakukan dengan baik dan benar agar keluarga dan kerabat yang ditinggalkan merasa lebih baik serta lebih tenang.

Ucapannya pun tidak harus diberikan secara langsung, sebab melihat kecanggihan teknologi seperti sekarang ini yang bisa kirim ucapan melalui aplikasi chat online.

Tata Cara Berikan Ucapan Innalillahi Wainnailahi Roji’un yang Benar

Namun, sebelum mengirim ucapan ada baiknya ketahui dulu tata cara memberikan ucapan yang baik dan benar seperti yang ada di bawah ini, antara lain:

Arti dan makna

Pastikan Anda mengerti arti dan makna dari ungkapan ucapan innalillahi wainnailahi roji’un. Ungkapan ini berasal dari bahasa Arab dan berarti “Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada-Nya kita akan kembali.” Ini menggambarkan sikap kesabaran dan ketundukan kepada takdir Allah.

Penuhi dengan rasa ikhlas

Pastikan bahwa ungkapan ini disampaikan dengan rasa ikhlas dan tulus. Ungkapan ini adalah ungkapan empati dan belasungkawa kepada keluarga atau orang-orang yang ditinggalkan, jadi rasakan dengan tulus kepedihan mereka.

Tenang dan lembut

Saat menyampaikan ucapan tersebut, cobalah untuk tetap tenang dan lembut dalam nada bicara Anda. Ini membantu menciptakan suasana yang nyaman dan menunjukkan rasa hormat Anda terhadap situasi tersebut.

Hindari perkataan tambahan

Setelah menyampaikan ucapan Innalillahi wainnailahi roji’un, hindari menambahkan perkataan yang mungkin tidak diperlukan atau dapat menyinggung perasaan orang lain.

Sesuai kesempatan

Ucapan ini biasanya disampaikan saat menerima berita kematian seseorang, ketika berziarah ke pemakaman, atau ketika bertemu dengan keluarga yang berduka. Jika Anda tidak yakin apakah tepat untuk mengucapkan ini dalam situasi tertentu, Anda bisa menanyakan atau mencari informasi lebih lanjut terlebih dahulu.

Contoh Ucapan Innalillahi Wainnailaihi Roji’un yang Baik dan Benar

Ucapan Innalillahi Wainnailaihi Roji'un
Bagaimana Cara Beri Ucapan Innalillahi Wainnailaihi Roji'un yang Baik dan Benar, Berikut dengan 10 Contoh Ucapannya!

Berikut adalah contoh dari ucapan innalillahi wainnailahi roji’un yang baik dan benar, antara lain:

  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Turut berduka cita atas kepergian (nama almarhum/almarhumah). Semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran kepada keluarga yang ditinggalkan. Aamiin.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Telah berpulang ke hadirat-Nya (nama almarhum/almarhumah). Semoga segala dosanya diampuni dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi cobaan ini.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah (nama almarhum/almarhumah). Semoga segala amal ibadahnya menjadi pahala dan membawa keberkahan bagi mereka yang ditinggalkan. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi kepergian ini.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Kita semua adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Semoga Allah menerima semua amal ibadahnya dan memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan menghadapi saat-saat berat ini.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Allah telah memanggil pulang (nama almarhum/almarhumah) ke sisi-Nya. Semoga Allah memberikan ketenangan dan kebahagiaan di akhirat bagi mereka yang pergi. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi duka yang mendalam.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah (nama almarhum/almarhumah). Semoga segala amal ibadahnya diterima dan mendapatkan tempat terbaik di surga-Nya. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran menghadapi kehilangan ini.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Telah berpulang ke hadirat-Nya (nama almarhum/almarhumah). Semoga segala dosanya diampuni dan mendapatkan tempat terbaik di surga-Nya. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi cobaan ini.”
  • “Innalillahi wainnailahi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah (nama almarhum/almarhumah). Semoga segala amal ibadahnya menjadi pahala dan membawa keberkahan bagi mereka yang ditinggalkan. Turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketenangan dalam menghadapi kepergian ini.”

Semoga ucapan-ucapan di atas dapat menjadi ungkapan simpati dan belasungkawa yang baik kepada keluarga atau orang-orang yang ditinggalkan. Ingatlah untuk selalu menyampaikan ucapan ini dengan tulus, lembut, dan penuh rasa empati.

Perlu diingat bahwa setiap budaya atau tradisi memiliki cara sendiri dalam menyampaikan ungkapan belasungkawa, jadi selalu penting untuk menghormati kepercayaan dan praktik orang lain.

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.