tutorial menggambar bunga

SANEPO – Tutorial menggambar bunga ternyata bisa ditemukan dengan sangat mudah di laman internet. Apalagi kini sosial media seperti Instagram dan Facebook sudah menyediakan ruang untuk konten kreator membuat tutorial gambar bunga.

Menggambar bunga juga sebaiknya menyediakan media yang sesuai, dengan begitu Anda bisa mengikuti tutorial menggambar bunga di YouTube atau media sosial lainnya dengan mudah.

Namun sebelum Anda mengikuti tutorial menggambar bunga yang akan Sanepo berikan di bawah ini sebaiknya Anda siapkan dulu media yang umum dipakai untuk menggambar bunga. Apa saja?

Media dan Tutorial Menggambar Bunga

tutorial menggambar bunga
Tutorial Menggambar Bunga dan 10 Media yang Dipakai untuk Menggambar, Wajib Tahu!

Anda dapat menggunakan berbagai media untuk menggambar gambar bunga, tergantung pada preferensi Anda dan ketersediaan peralatan seni. Berikut adalah beberapa media yang umum digunakan untuk menggambar bunga, antara lain:

Pensil Grafite

Pensil grafite adalah media yang paling umum digunakan untuk menggambar. Anda dapat menggunakan berbagai tingkat kekerasan pensil, seperti 2B, 4B, atau 6B, untuk menciptakan efek shading yang berbeda.

Pensil Warna

Pensil warna adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menghadirkan warna pada gambar bunga Anda. Pensil warna memberi Anda kontrol yang baik atas warna dan detail.

Arang

Batang arang dapat digunakan untuk menggambar gambar bunga dengan efek shading yang lebih gelap. Mereka ideal untuk menggambar gambar bunga dengan kontras tinggi.

Cat Air

Cat air memberi Anda kemampuan untuk menciptakan gambar bunga yang cerah dan berwarna-warni. Anda dapat menggunakan teknik lapisan untuk membangun warna dan efek.

Pastel Kering atau Minyak

Pastel kering memberikan tampilan yang lembut dan serupa dengan cat air, sedangkan pastel minyak memberikan hasil yang lebih berkilau. Keduanya cocok untuk gambar bunga dengan warna-warna yang kaya.

Spidol atau Marker

Spidol dan marker dapat digunakan untuk menggambar bunga dengan garis tegas dan warna-warna cerah. Mereka cocok untuk ilustrasi dan gambar dengan gaya yang lebih modern.

Teknik Digital

Jika Anda memiliki tablet grafis atau perangkat lunak gambar, Anda dapat menggunakan teknik digital untuk menggambar bunga. Ini memberi Anda fleksibilitas besar dalam mengedit dan menciptakan gambar digital.

Karbon

Karbon adalah media yang menghasilkan garis hitam tebal yang tajam. Ini digunakan untuk menggambar gambar bunga dengan detail yang tajam.

Pensil Warna Air

Pensil warna air adalah pensil warna yang dapat dicairkan dengan air. Mereka memberikan tampilan yang mirip dengan cat air dengan lebih sedikit kekacauan.

Campuran Media

Anda juga dapat mencoba berbagai media dalam satu gambar untuk menciptakan efek yang menarik. Misalnya, menggabungkan pensil grafite dengan pensil warna atau cat air.

Pilihan media tergantung pada gaya dan preferensi Anda. Cobalah beberapa media yang berbeda dan lihat mana yang paling Anda sukai. Penting juga untuk memiliki peralatan seni yang berkualitas untuk hasil yang lebih baik.

Tutorial Menggambar Bunga

tutorial menggambar bunga
Tutorial Menggambar Bunga dan 10 Media yang Dipakai untuk Menggambar, Wajib Tahu!

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara atau tutorial menggambar bunga sederhana:

Alat yang Anda butuhkan

  1. Kertas gambar
  2. Pensil (biasanya 2B atau 4B)
  3. Penghapus
  4. Penggaris (opsional)

Langkah 1: Tentukan Jenis Bunga

Pertama-tama, pilih jenis bunga yang ingin Anda gambar. Dalam contoh ini, kita akan menggambar bunga mawar.

Langkah 2: Gambar Bentuk Dasar

Mulailah dengan menggambar bentuk dasar bunga. Untuk mawar, ini bisa berupa bentuk seperti bola kecil atau elips.

Langkah 3: Tambahkan Kelopak Bunga

Gambar beberapa kelopak bunga yang mengelilingi bentuk dasar. Mawar biasanya memiliki kelopak yang melengkung dan berlipat, jadi cobalah untuk menangkap bentuk ini. Anda dapat menggambar beberapa kelopak dengan ukuran yang berbeda-beda.

Langkah 4: Tambahkan Batang

Tambahkan batang bunga dengan menggambar garis lurus dari bawah bunga. Anda juga dapat menggambar beberapa daun di batang untuk memberikan lebih banyak detail.

Langkah 5: Gambar Detail Tambahan

Tambahkan detail seperti garis-garis di setiap kelopak bunga untuk memberikan tekstur. Anda juga dapat menambahkan sedikit shading (penyusutan) di bawah kelopak bunga dan di sekitar daun untuk memberikan dimensi.

Langkah 6: Perbaiki dan Koreksi

Periksa gambar Anda secara keseluruhan dan perbaiki kesalahan jika diperlukan. Gunakan penghapus untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan atau untuk membuat perubahan kecil.

Langkah 7: Tambahkan Warna (Opsional)

Jika Anda ingin memberikan warna pada gambar Anda, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pensil warna atau cat air setelah gambar selesai. Warna bunga mawar umumnya merah, tetapi Anda bebas memilih warna yang Anda sukai.

Ingat, menggambar adalah keterampilan yang memerlukan latihan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika hasil awal Anda tidak sempurna. Semakin sering Anda melatih dan melihat tutorial menggambar bunga, semakin baik Anda akan menjadi dalam menggambar bunga dan objek lainnya. Selamat mencoba!

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.