tutorial membuat vas bunga

SANEPO – Membuat taman bunga di rumah tidak harus dibuat dengan bahan-bahan yang masih baru, karena ternyata cukup nonton tutorial membuat vas bunga dari bahan bekas di kanal YouTube juga masih bisa dilakukan.

Faktanya kegiatan DIY atau tutorial membuat vas bunga dari bahan bekas jauh lebih diminati. Selain bisa menghemat pengeluaran sampah, kita juga bisa lebih mencintai lingkungan dengan memanfaatkan sampah yang ada di sekitar.

Penasaran bukan dengan tutorial membuat vas bunga menggunakan bahan-bahan bekas yang ada di sekitaran rumah untuk taman bunga? Daripada penasaran, mending langsung simak yuk ulasannya di bawah sampai akhir!

Tutorial Membuat Vas Bunga dari Bahan Bekas

Untuk mengikuti tutorial membuat vas bunga tidak harus menggunakan bahan-bahan yang baru atau beli, cukup menggunakan bahan bekas yang ada disekitar rumah sudah bisa Anda manfaatkan untuk membuat taman semakin cantik dari vas bunga bahan bekas.

Berikut ini ada 3 tutorial membuat vas bunga dari bahan-bahan bekas yang bisa Anda manfaatkan agar taman bunga semakin cantik dan menarik. Apa saja? Yuk simak tutorialnya di bawah ini, antara lain:

Tutorial Membuat Vas Bunga dari Ban Bekas

tutorial membuat vas bunga
3 Tutorial Membuat Vas Bunga dari Bahan Bekas, Bikin Taman Bunga Semakin Cantik dan Menarik!

Membuat vas bunga dari ban bekas adalah proyek DIY yang unik dan ramah lingkungan. Berikut adalah tutorial langkah-demi-langkah untuk membuat vas bunga dengan bahan-bahan tersebut:

Bahan-bahan:

  1. Semua Tujuan (Cement):
    • Pilih yang cocok untuk proyek hiasan. Anda dapat memilih abu-abu atau putih.
  2. Air:
    • Untuk mencampur dan membentuk adonan.
  3. Ban Bekas:
    • Ban bekas akan digunakan sebagai cetakan untuk vas. Pastikan ban tersebut bersih dan dalam kondisi baik.
  4. Plywood atau Kardus Tebal:
    • Sebagai dasar atau alas untuk membuat bagian bawah vas.
  5. Pipa PVC atau Kayu untuk Tangkai (opsional):
    • Jika Anda ingin membuat vas dengan tangkai, Anda akan membutuhkan pipa PVC atau kayu.
  6. Kawat (opsional):
    • Digunakan untuk memperkuat struktur vas.

Langkah-langkah:

1. Persiapkan Bahan dan Alat:

  • Pastikan semua bahan dan alat sudah siap. Bersihkan ban bekas dan pastikan plywood atau kardus tebal sudah siap sebagai dasar vas.

2. Campurkan :

  • Campurkan dengan air sesuai petunjuk di kemasan. Pastikan adonan memiliki konsistensi yang sesuai untuk dicetak.

3. Tempatkan Ban sebagai Cetakan:

  • Letakkan ban bekas di atas plywood atau kardus sebagai cetakan. Pastikan bagian dalam ban menjadi bagian luar dari vas.

4. Cetak Adonan ke dalam Ban:

  • Tuangkan adonan ke dalam ban bekas. Pastikan adonan merata dan sentuh semua sisi dalam ban. Pukul atau getarkan ban untuk menghilangkan gelembung udara.

5. Tambahkan Struktur (opsional):

  • Jika Anda ingin memperkuat vas, tambahkan kawat ke dalam adonan atau tempatkan pipa PVC/kayu sebagai tangkai pada bagian tengah.

6. Bentuk Dasar Vas:

  • Dengan menggunakan tangan atau alat cetakan, bentuk dasar vas sesuai keinginan. Pastikan permukaan adonan rata dan halus.

7. Biarkan Mengering:

  • Biarkan adonan mengering dan mengeras sesuai petunjuk waktu yang tertera pada kemasan . Biasanya, membutuhkan beberapa hari.

8. Lepas dari Cetakan:

  • Setelah vas benar-benar kering, lepaskan dari ban bekas. Hati-hati agar tidak merusak bentuk vas.

9. Finishing (opsional):

  • Anda dapat mengecat atau memberikan sentuhan finishing lainnya pada vas setelah pengeringan selesai.

10. Tambahkan Tanaman atau Bunga:

  • Setelah semua selesai, vas bunga Anda siap untuk diisi dengan tanaman atau bunga kesukaan Anda.

Tutorial Membuat Vas Bunga dari Galon Bekas

tutorial membuat vas bunga
3 Tutorial Membuat Vas Bunga dari Bahan Bekas, Bikin Taman Bunga Semakin Cantik dan Menarik!

Membuat vas bunga dari galon bekas adalah proyek DIY yang kreatif dan ramah lingkungan. Berikut adalah tutorial membuat vas bunga dari galon yang sederhana:

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. Galon bekas (dengan tutupnya)
  2. Cat semprot atau cat akrilik
  3. Gunting
  4. Pisau cutter atau cutter rotary
  5. Gunting kertas atau gunting zig-zag (opsional)
  6. Kain atau pita (opsional)
  7. Lem panas (hot glue) atau lem serbaguna

Langkah-langkah:

1. Persiapan Galon:

  • Bersihkan galon bekas dan pastikan sudah kering. Anda dapat menggunakan galon dari minuman atau bahan kimia yang telah dipakai sebelumnya. Pastikan untuk memilih galon yang sesuai dengan ukuran vas yang Anda inginkan.

2. Potong Galon:

  • Gunakan pisau cutter untuk memotong galon menjadi bentuk yang diinginkan. Anda dapat memutuskan untuk memotong di bagian tengah galon untuk membuat vas yang lebih rendah atau mempertahankan tinggi galon untuk membuat vas yang lebih tinggi.

3. Desain dan Cat:

  • Desain galon dengan pola atau bentuk yang Anda sukai. Anda bisa mengecatnya dengan cat semprot atau cat akrilik. Pastikan untuk memberikan lapisan cat yang merata dan biarkan kering sepenuhnya.

4. Hiasan Tambahan (Opsional):

  • Jika Anda ingin menambahkan sentuhan tambahan, gunakan gunting zig-zag atau gunting kertas untuk membuat tepi yang berdekatan di bagian atas galon. Anda juga dapat menambahkan kain atau pita di sekitar galon untuk memberikan aksen tambahan.

5. Tambahkan Tutup:

  • Jika Anda masih memiliki tutup galon, Anda dapat mengecat atau mendekorasinya secara terpisah. Tutup ini dapat digunakan untuk menutup bagian atas vas atau sebagai alas di bagian bawahnya.

6. Rapatkan Bagian Potong:

  • Setelah cat dan dekorasi kering, rapatkan bagian potong galon menggunakan lem panas atau lem serbaguna. Pastikan bagian yang dihasilkan rapi dan kuat.

7. Gunakan Sebagai Vas:

  • Vas bunga dari galon bekas Anda sekarang siap digunakan! Isi dengan bunga segar atau buatan, dan letakkan di ruangan atau sebagai dekorasi di halaman.

Selamat mencoba membuat vas bunga dari galon bekas! Proyek ini tidak hanya membantu mengurangi limbah, tetapi juga memberikan sentuhan kreatif pada dekorasi rumah Anda.

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.