tutorial membuat bunga dari kertas

bunga" data-type="post" data-id="37173">SANEPO – Membuat buket bunga bisa dibuat dari berbagai macam bahan, namun salah satu bahan yang paling sering dipakai adalah kertas. Menariknya lagi, tutorial membuat bunga dari kertas untuk dijadikan buket sudah tren sejak beberapa waktu lalu.

Selain untuk melindungi alam, tutorial membuat bunga dari kertas dianggap lebih aman dan lebih terjangkau tanpa harus merusak lingkungan, terutama sampai merusak bunga.

Ditambah lagi, ternyata tutorial membuat bunga dari kertas juga mempunyai tujuan yang sangat menarik untuk diketahui. Penasaran bukan apa saja tujuannya?

Tujuan Membuat Bunga dari Kertas

tutorial membuat bunga dari kertas
Tutorial Membuat Bunga dari Kertas, Berikut dengan 9 Tujuannya yang Menarik, Wajib Tahu!

Sebelum Sanepo memberikan tutorial membuat bunga dari kertas, ada beberapa tujuan membuat bunga dari kertas loh!

Membuat bunga dari kertas memiliki beberapa tujuan yang berbeda tergantung pada konteksnya. Berikut adalah beberapa tujuan umum untuk membuat bunga dari kertas:

  1. Dekorasi: Bunga kertas sering digunakan sebagai hiasan dekoratif. Mereka dapat digunakan untuk menghias ruangan, meja makan, kamar tidur, atau bahkan acara khusus seperti pernikahan, pesta ulang tahun, dan perayaan lainnya.
  2. Hadiah: Bunga kertas dapat dibuat sebagai hadiah yang spesial dan penuh makna. Mereka bisa diberikan sebagai hadiah ulang tahun, hadiah pernikahan, hadiah untuk hari ibu, atau hadiah untuk perayaan khusus lainnya.
  3. Kegiatan Kreatif: Membuat bunga kertas adalah kegiatan kreatif yang menyenangkan dan bermanfaat. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghabiskan waktu luang, mengasah keterampilan seni, dan merangsang imajinasi.
  4. Pengajaran: Membuat bunga kertas juga dapat menjadi alat pengajaran yang baik. Ini dapat digunakan dalam kelas seni atau sebagai proyek DIY (Do It Yourself) untuk anak-anak dan orang dewasa yang ingin belajar tentang seni kertas dan keterampilan kerajinan.
  5. Menghemat Uang: Bunga kertas adalah alternatif yang ekonomis untuk bunga segar. Mereka tahan lama dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti bunga segar, sehingga bisa menghemat uang dalam jangka panjang.
  6. Menghormati Lingkungan: Membuat bunga kertas juga lebih ramah lingkungan daripada membeli bunga segar yang mungkin harus diimpor atau menghasilkan limbah berupa bunga yang layu. Ini adalah cara yang baik untuk mengurangi jejak karbon Anda.
  7. Menghadirkan Warna: Bunga kertas bisa menjadi cara yang bagus untuk menghadirkan warna dan keceriaan ke dalam ruangan atau acara. Mereka dapat disesuaikan dengan tema atau warna yang diinginkan.
  8. Pendidikan: Untuk anak-anak, membuat bunga kertas dapat menjadi kesempatan untuk belajar tentang bentuk, warna, kreativitas, dan keterampilan motorik halus.
  9. Terapi Kreatif: Bagi beberapa orang, membuat bunga kertas juga bisa menjadi bentuk terapi kreatif yang membantu meredakan stres, meningkatkan kesejahteraan, dan merangsang perasaan positif.

Jadi, tujuan membuat bunga kertas dapat bervariasi dari tujuan dekoratif hingga tujuan kreatif, pendidikan, atau terapi. Ini adalah kerajinan yang serbaguna dan dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Setelah Anda mengetahui tujuan dari membuat bunga, selanjutnya adalah tutorial membuat bunga dari kertas yang bisa Anda ikuti dengan sangat mudah sekali di bawah ini!

Tutorial Membuat Bunga dari Kertas

Tutorial Membuat Bunga dari Kertas, Berikut dengan 9 Tujuannya yang Menarik, Wajib Tahu! 2024
Tutorial Membuat Bunga dari Kertas, Berikut dengan 9 Tujuannya yang Menarik, Wajib Tahu!

Membuat bunga kertas adalah proyek kerajinan yang menyenangkan dan bisa menjadi hiasan yang cantik. Berikut adalah contoh cara membuat bunga kertas sederhana yang bisa Anda ikuti, bahkan bisa dibuat bersama dengan buah hati, antara lain:

Bahan yang Anda Butuhkan:

  1. Kertas warna atau kertas lipat (biasanya digunakan untuk origami).
  2. Gunting.
  3. Lem.
  4. Pulpen atau pensil (opsional).

Langkah-langkah:

1. Persiapkan Bahan:

  • Pilih kertas berwarna yang Anda sukai.
  • Potong kertas menjadi beberapa lembar persegi dengan ukuran yang sama. Anda dapat mengkreasikan ukuran bunga sesuai keinginan, tetapi ukuran sekitar 10×10 cm adalah ukuran yang umum digunakan.

2. Bentuk Bunga:

  • Lipat setiap lembar kertas menjadi bentuk segitiga. Pastikan sudut-sudutnya pas dan rapi.
  • Gunakan gunting untuk memotong ujung segitiga yang melengkung (pada bagian yang tidak berlipat) sehingga Anda memiliki bentuk seperti hati.

3. Bentuk Mahkota Bunga:

  • Mulai dari sisi yang lebar, potong dengan hati-hati garis-garis melengkung yang mirip dengan tanda petik (“). Ini akan membentuk mahkota bunga.

4. Buka Kertas:

  • Buka lipatan kertas dengan lembut dan hati-hati hingga Anda memiliki bentuk bunga yang lebih besar dengan banyak lapisan.

5. Rekatkan dan Bentuk Bunga:

  • Ambil satu lapisan kertas pada saat ini dan lipat menjadi bentuk melingkar yang lebih kecil, seperti dalam contoh bunga asli.
  • Rekatkan tepi kertas ini untuk menjaga bentuknya. Anda dapat menggunakan lem atau pita perekat.

6. Tambahkan Tangkai (Opsional):

  • Jika Anda ingin menambahkan tangkai pada bunga Anda, Anda bisa menggunakan stik atau kawat yang dilapisi dengan pita hijau atau kertas hijau. Rekatkan tangkai ini pada bagian bawah bunga.

7. Hias Bunga Anda (Opsional):

  • Anda dapat menambahkan sentuhan kreatif dengan menggambar atau menambahkan hiasan seperti manik-manik, glitter, atau apa pun yang Anda suka pada bunga Anda.

8. Biarkan Kering:

  • Jika Anda menggunakan lem, biarkan bunga Anda kering sepenuhnya sebelum Anda menggunakannya atau menampilkannya.

Itulah tutorial membuat bunga dari kertas, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini dengan warna-warna berbeda dan ukuran yang berbeda untuk membuat berbagai jenis bunga kertas yang indah. Selamat mencoba!

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media

Vita Suwarno

Vita, pebisnis dan tech enthusiast, suka share insight tentang cara bener berinternet.