Tips Kurangi Radiasi HP
Tips Kurangi Radiasi HP

SANEPO.COM – Berikut adalah tips kurangi radiasi HP yang ternyata bisa kita lakukan dengan memulai kebiasaan baru.

Handphone sudah jadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita.

Mulai dari chatting, browsing, hingga bekerja, semua bisa dilakukan lewat ponsel pintar yang hampir selalu ada di genggaman kita.

Namun, tahukah kamu bahwa ponsel memancarkan radiasi Radio Frequency (RF) yang keluar saat digunakan atau saat aktif mencari sinyal?

Sebenarnya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang jelas bahwa radiasi HP berbahaya bagi kesehatan kita. Hal ini ditegaskan oleh National Cancer Institute.

“Saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-ionisasi meningkatkan risiko kanker pada manusia. Satu-satunya efek biologis yang diakui secara konsisten dari radiasi frekuensi radio pada manusia adalah pemanasan,” demikian pernyataan dari lembaga tersebut.

Tips Kurangi Radiasi HP

Dilansir Sanepo.com dari FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat pada Kamis (20/6/2024), para dokter, ilmuwan, dan insinyur di FDA juga menguatkan pernyataan ini.

Mereka telah melakukan analisis berbagai penelitian dan publikasi ilmiah untuk mencari hubungan antara radiasi HP dan risiko kesehatan, dan hasilnya menunjukkan bahwa belum ada bukti kuat yang mengarah ke sana.

Meski demikian, banyak orang tetap khawatir dengan potensi paparan radiasi HP.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengurangi risiko tersebut.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengurangi paparan radiasi dari ponselmu:

  1. Batasi Waktu Penggunaan
    Semakin lama kamu menggunakan ponsel, semakin banyak radiasi yang bisa kamu terima. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi waktu penggunaan ponsel jika tidak benar-benar diperlukan.
  2. Gunakan Mode Speaker atau Earbud
    Menggunakan mode speaker atau earbud saat menelepon dapat membantu menjaga jarak antara ponsel dan kepalamu, sehingga mengurangi paparan radiasi.
  3. Hindari Panggilan Saat Sinyal Lemah
    Ketika sinyal lemah, ponsel akan meningkatkan daya transmisi frekuensi radio untuk mencari sinyal yang lebih baik. Ini bisa meningkatkan paparan radiasi, jadi sebaiknya hindari menelepon saat sinyal tidak stabil.
  4. Lebih Sering Kirim Pesan Teks
    Jika memungkinkan, lebih baik kirim pesan teks daripada menelepon. Namun, pastikan kamu tidak mengetik pesan saat sedang mengemudi.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa lebih tenang menggunakan ponsel tanpa perlu terlalu khawatir tentang radiasi.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan ponsel secara bijak dan bertanggung jawab.

***

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Clara Lexa Viviana

Clara, lulusan komputer yang rajin update tentang dunia internet dan teknologi.