Teknologi AI Baru dari Google DeepMind Bisa Bikin Musik dan Efek Suara untuk Video Tanpa Suara
Teknologi AI Baru dari Google DeepMind Bisa Bikin Musik dan Efek Suara untuk Video Tanpa Suara

SANEPO.COM – Google DeepMind kembali membuat gebrakan dengan teknologi AI terbarunya yang mampu menciptakan musik latar dan efek suara untuk video tanpa suara.

Sistem “video-to-audio” ini dirancang untuk memudahkan proses editing video, khususnya bagi para konten kreator.

Bagaimana Cara Kerja Google DeepMind

Cara Kerja Google DeepMind
Cara Kerja Google DeepMind (iThome)

Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan, tetapi sudah menawarkan berbagai fungsi menarik. Berikut adalah cara kerjanya:

Input dari Pengguna

Kreator cukup mengunggah video tanpa suara mereka dan memberikan kata kunci atau frasa untuk membantu AI dalam menciptakan suasana suara yang diinginkan.

Misalnya, video tanpa suara tentang seseorang yang berjalan di kegelapan bisa dipasangkan dengan kata-kata seperti “film horor, ketegangan, musik, langkah kaki di beton” untuk membantu AI memahami suasana dan setting.

AI Mulai Bekerja

Model AI dari DeepMind pertama-tama akan menganalisis visual dari video yang diunggah.

Data visual ini kemudian digabungkan dengan teks yang diberikan oleh pengguna.

Menggunakan model difusi, AI akan memproses informasi ini secara iteratif, hingga menghasilkan suara latar yang sesuai dengan konten video.

Menyesuaikan Suasana

Model ini dapat menciptakan berbagai opsi audio untuk satu video, memungkinkan kreator memilih yang paling sesuai untuk proyek mereka.

Sistem DeepMind ini juga bisa mempertimbangkan nada emosional dari kata kunci yang diberikan.

Misalnya, kata-kata yang menekankan “ketegangan” bisa menghasilkan musik latar yang menegangkan, sementara kata-kata seperti “perayaan gembira” dapat menghasilkan suara yang lebih ceria.

Dilansir Sanepo.com dari iThome, pada Rabu, 19/06/2024, teknologi ini terus disempurnakan.

Pengembangan di masa depan termasuk memungkinkan AI untuk secara otomatis menghasilkan suara hanya berdasarkan konten video, tanpa perlu petunjuk dari pengguna.

Selain itu, mereka juga berupaya meningkatkan kemampuan sistem untuk menyinkronkan dialog yang dihasilkan dengan gerakan bibir karakter dalam video.

Teknologi “video-to-audio” ini memiliki potensi besar untuk merevolusi proses editing video, terutama bagi kreator yang tidak memiliki akses ke alat audio profesional atau keahlian di bidang tersebut.

Kelebihan dan Potensi Masa Depan

Selain memudahkan proses editing, teknologi ini juga bisa menjadi alat yang sangat berguna bagi para kreator konten yang ingin memberikan sentuhan profesional pada video mereka tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Dengan kemampuan AI yang terus berkembang, bukan tidak mungkin di masa depan teknologi ini bisa digunakan untuk berbagai aplikasi lain, seperti pembuatan film, iklan, dan bahkan produksi konten edukatif.

Dengan semua kelebihan ini, tidak heran jika teknologi AI dari DeepMind ini menjadi sorotan.

Bagi para kreator yang ingin meningkatkan kualitas konten mereka, teknologi ini bisa menjadi solusi yang sangat efisien dan efektif.

Terus pantau perkembangan teknologi ini, karena siapa tahu, mungkin di masa depan kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari musik latar atau efek suara yang tepat untuk video kamu.

Semua bisa dihasilkan secara otomatis dengan bantuan AI canggih dari DeepMind.

Jadi, siap-siap untuk menyambut era baru editing video yang lebih mudah dan praktis dengan teknologi AI dari Google DeepMind!

***

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
CEO Sanepo

Kris

Kris, penggemar berat teknologi & otak di balik Sanepo.com, sumber info tech yang up-to-date.