6 Penyebab Handphone Mati Sendiri Secara Tiba Tiba

  • Whatsapp
penyebab handphone mati sendiri secara tiba tiba

Penyebab handphone mati sendiri secara tiba tiba bisa sangat membingungkan ketika Anda ingi menggunakan telepon Anda dan tiba tiba handphone dimatikan tanpa alasan tertentu. Anda yakin baterai terisi dan tidak ada orang lain yang mematikannya.

Lalu apa penyebab handphone mati sendiri? Jika ponsel Anda terus mati secara tiba tiba, maka itu bisa menjadi masalah perangkat keras atau masalah perangkat lunak.

Namun, dari kebanyakan masalah, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya sendiri. Dalam posting ini, tim ssanepo akan menunjukkan kepada Anda beberapa penyebab handphone mati sendiri dan metode sederhana untuk memperbaiki ponsel Anda yang mati secara otomatis.

advertisement

1. pengaturan internal

Ya, hal pertama yang dapat membuat handphone Anda terus mati sendiri adalah pengaturan ulang internal. Sistem terkadang mati setelah lama digunakan untuk memuat ulang memorinya dan itu normal, karena tidak membahayakan telepon.

Adalah baik untuk sesekali me-restart perangkat Anda setelah menggunakan selama beberapa hari untuk mengatur ulang sistem dan menghapus cache aplikasi, yang juga membuat perangkat Anda berjalan dengan lancar juga.

2. baterai rusak

penyebab handphone mati sendiri ini merupakan masalah yang paling umum, yang kita semua tahu bahwa baterai adalah salah satu bagian terpenting dari handphone.

advertisement

hal pertama yang harus diperiksa apakah handphone Android Anda mati secara acak adalah baterai. Dalam situasi di mana arus baterai tidak mencukupi, ini dapat memicu perangkat untuk sering mati.

Salah satu solusi untuk itu adalah mengisi daya handphone Anda karena mungkin baterai Anda lemah. Cukup ambil kabel USB dan pengisi daya bata, colokkan bata ke soket dan biarkan perangkat terisi daya selama beberapa jam dan periksa apakah sekarang berfungsi dengan baik.

Jika handphone Anda masih tidak berfungsi dengan baik, itu berarti Anda memiliki masalah yang lebih besar di telapak tangan Anda.

advertisement

Baterai Anda mungkin rusak dan Anda perlu membawanya ke konter untuk diperiksa dan diganti. Jangan mencoba membongkar baterai bawaan sendiri karena dapat menyebabkan kehancuran seluruh perangkat

3. banyak aplikasi berjalan

CPU handphone Anda mampu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang. Namun, penggunaan arus tinggi jangka panjang oleh suatu aplikasi akan membutuhkan CPU untuk mengatur ulang dan membuat handphone Anda terus mati secara otomatis.

Jika Anda melihat ini setelah Anda baru saja menginstal aplikasi baru, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi dan memulai ulang perangkat Anda untuk memeriksa apakah itu penyebab masalahnya.

advertisement

Atau, Anda dapat mencoba dengan membekukan beberapa aplikasi Anda satu per satu dan memulai ulang handphone Anda untuk memeriksa apakah masalahnya hilang.

Anda dapat menonaktif aplikasi Anda yang sedang berjalan di latar belakang dengan cara memindahkannya ke dalam aplikasi freezer di layar beranda Anda di HiOS dan XOS.

4. pengaturan auto on/off

Pengaktifan & penonaktifan terjadwal adalah fitur praktis pada handphone Android yang membantu Anda mematikan handphone secara otomatis di malam hari dan menyalakannya di pagi hari berdasarkan preferensi Anda.

advertisement

Itu tidak hanya mematikan perangkat Anda di malam hari dan menyalakannya di pagi hari saja, itu juga bekerja berdasarkan waktu yang Anda tetapkan untuk itu. Misalnya, itu dapat mematikan handphone Anda tepat pukul 1 siang jika itu yang Anda atur.

Hal lain untuk memeriksa penyebab handphone mati sendiri secara tiba tiba adalah pengaturan daya hidup & mati yang dijadwalkan.

Anda mungkin telah menyalakannya secara tidak sengaja atau telah dinyalakan oleh orang lain dan Anda harus menonaktifkannya sekarang untuk menghindari shutdown otomatis lebih lanjut.

advertisement

Untuk melakukan hal ini, silakan buka pengaturan aplikasi dan scroll ke bawah temukan opsi sistem dan tekan Jadwal power on & off untuk memeriksa apakah pengaturan pada. Jika aktif, itulah penyebab handphone mati sendiri secara tiba tiba.

dan Anda harus mematikannya untuk memperbaiki handphone Anda mati dengan sendirinya, ini merupakan salah satu penyebab handphone mati sendiri dan cara mengatasinya.

5. tombol on/off tidak bekerja dengan semsestinya

Jika Anda telah mencoba salah satu dari perbaikan di atas dan telepon Anda terus mati dengan sendirinya, Anda harus melanjutkan untuk memeriksa tombol daya perangkat keras.

advertisement

Biasanya, sebagian besar handphone android dirancang untuk memulai ulang setelah 8-10 detik menahan tombol daya. Oleh karena itu, tombol daya yang tidak berfungsi dapat memicu perangkat Anda untuk sering restart atau mati secara otomatis.

Untuk menghilangkannya, pertama-tama lepaskan casing handphone untuk sementara waktu jika Anda memilikinya. Maka Anda perlu memeriksa apakah kasingnya menahan tombol daya.

Jika Anda menemukan tombol daya rusak, bawa saja ke bengkel seluler untuk diperiksa dan perbaiki agar perangkat Anda berfungsi kembali.

advertisement

6. hp ngebug

Terlepas dari malfungsi perangkat keras, gangguan perangkat lunak dan bug firmware juga dapat menyebabkan perangkat Anda mati secara otomatis.

Pabrikan perangkat Anda selalu bekerja untuk memperbaiki bug firmware apa pun yang dapat menyebabkan perangkat Anda berjalan lambat, menguras baterai, dan bahkan menyebabkan ketidakstabilan pada sistem.

Itulah mengapa Anda diminta untuk memperbarui perangkat Anda secara teratur ketika mereka muncul. Ini dapat membantu memperbaiki perangkat Anda agar tidak mati secara otomatis setelah pembaruan yang diinstal.

advertisement

Untuk memeriksa dan menginstal update pada perangkat Anda, silakan buka handphone Anda setting aplikasi dari peluncur aplikasi dan menavigasi ke sistem di bagian bawah halaman dan kemudian tekan sistem up tanggal untuk memeriksa pembaruan.

Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar Anda untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem jika ada pembaruan yang tertunda.

Anda mungkin perlu terhubung ke Wifi sebelum mengunduh untuk menyimpan data Anda. Pastikan juga Anda hanya memperbarui perangkat Anda dari aplikasi pembaruan Sistem seperti yang dijelaskan di atas, segala upaya untuk menginstal di tempat lain dapat merusak handphone Anda dan sebagai cara mengeluarkan Anda dari garansi.

advertisement

kesimpulan

Jika semua solusi yang disarankan di atas tidak berhasil untuk Anda, itu berarti masalah tidak dapat Anda tangani. Satu hal lagi penyebab handphone mati sendiri adalah kegagalan fungsi perangkat keras yang mungkin disebabkan oleh cairan dan ini hanya dapat diperbaiki dengan mengunjungi konter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *