4 Cara Menyambungkan Router Ke Router Wifi Agar Jangkauan Internet Makin Jauh Paling Mudah

  • Whatsapp
4 Cara Menyambungkan Router Ke Router Wifi Agar Jangkauan Internet Makin Jauh Paling Mudah

Kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara menyambungkan router ke router wifi agar jangkauan internet di rumah kamu semakin jauh.

Di rumah biasanya, satu router lebih dari cukup. Tentu, mungkin ada beberapa titik mati di sana-sini, tetapi Wi-Fi secara keseluruhan kuat dan stabil. Namun, ada beberapa situasi di mana router kedua mungkin diperlukan.

kamu mungkin ingin membuat subnetwork terpisah di rumah kamu pada perangkat tertentu, tetapi tidak ingin memperlambat internet wifi di perangkat lain.

advertisement

Juga, ruang komersial mungkin membutuhkan lebih dari satu router, tergantung pada ukurannya.

Apakah kamu memerlukan router kedua dan tidak yakin bagaimana cara menyambungkan router ke router? Tidak masalah, tim sanepo akan memberikan panduannya secara merinci.

Bisakah Dua Router Disetup di Jaringan yang Sama?

Bagaimana cara menyambungkan router ke router? Bisakah dua ruter di setting di jaringan yang sama?

advertisement

Dua, atau bahkan lebih jika kamu mau, router benar-benar dapat diatur di jaringan wifi rumah yang sama.

Router kedua dapat diatur untuk bertindak sebagai range extender, atau dapat dikonfigurasi untuk berbagi SSID yang sama dengan router utama.

yang berarti perangkat di jaringan kamu akan terhubung ke router mana pun yang memberikan sinyal lebih kuat.

advertisement

Apa Manfaat Memiliki Dua Router di Jaringan yang Sama?

sebelum kamu mengetahui cara menyambungkan router ke router, kamu bisa membaca terlebih dahulu tentang beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika memiliki dua router pada jaringan yang sama.

Cara Menyambungkan Router Ke Router

1. Lebih banyak konektivitas untuk perangkat berkabel

Sepertinya router utama kamu hanya memiliki sejumlah port LAN yang tersedia untuk menghubungkan perangkat berkabel ke sana hingga 5 router.

Menambahkan router kedua segera menyediakan port Ethernet tambahan yang menyediakan lebih banyak perangkat dengan konektivitas kabel tanpa memerlukan sakelar jaringan.

Bacaan Lainnya
advertisement

2. Dukungan yang lebih baik untuk pengaturan kabel/nirkabel campuran

Memiliki router kedua berguna jika kamu memiliki jaringan wifi rumah berkabel tetapi juga ingin menghubungkan beberapa perangkat berkemampuan Wi-Fi.

Router dapat dipisahkan dalam arti bahwa perangkat kabel akan terus terhubung ke router utama, sedangkan semua perangkat nirkabel akan terhubung ke sekunder.

Ini sangat membantu jika perangkat berkabel diposisikan di ujung ruangan rumah ke perangkat nirkabel.

advertisement

3. Isolasi untuk perangkat tertentu

Jika perangkat tertentu di rumah kamu sangat menggunakan koneksi jaringan wifi, router ganda dapat diatur untuk mengisolasi perangkat tertentu dan mencegah sejumlah besar lalu lintas jaringan memengaruhi perangkat lain.

Sebagai contoh, kamu mungkin ingin mengisolasi PC tertentu yang sering mentransfer file besar atau memainkan banyak game online dari smart TV yang sedang streaming video.

4. Cakupan nirkabel yang jauh

Router kedua dapat dengan mudah digunakan untuk memperluas koneksi Wi-Fi yang ada, sangat meningkatkan jangkauan di rumah kamu dan bahkan menyediakan perangkat yang jauh dengan koneksi nirkabel yang stabil.

advertisement

5. Perangkat cadangan

Tidak ada salahnya memiliki router cadangan yang berfungsi untuk menjaga jaga jiga router utama sudah rusak atau mengalami kendala.

Cara Menyambungkan Router Ke Router

Cara Menyambungkan Router Ke Router

1. Posisikan Router Kedua

Saat kamu mengatur router baru, letakkan di dekat PC Windows atau komputer lain yang dapat digunakan untuk konfigurasi awal.

Baik rute berkabel maupun nirkabel paling baik dikonfigurasi dari komputer yang terhubung ke rute dengan kabel jaringan Ethernet. kamu dapat memindahkan router ke lokasi permanennya nanti.

advertisement

2. Hubungkan Router Berkabel Kedua

Router kedua yang tidak memiliki kemampuan nirkabel harus terhubung ke router pertama dengan kabel Ethernet.

Colokkan salah satu ujung kabel ke port uplink router baru (terkadang diberi label WAN atau Internet). Colokkan ujung lainnya ke port bebas apa pun di router pertama selain port uplinknya.

3. Hubungkan Router Nirkabel Kedua

Router nirkabel rumah dapat dihubungkan menggunakan kabel Ethernet dengan cara menyambungkan router ke router ini sama seperti menghubungkan router kabel.

advertisement

Menghubungkan dua router rumah melalui nirkabel juga dimungkinkan, tetapi di sebagian besar konfigurasi, router kedua hanya dapat berfungsi sebagai titik akses nirkabel, bukan router.

Router kedua harus diatur dalam mode klien untuk memanfaatkan fungsionalitas perutean penuhnya, mode yang tidak didukung oleh banyak router rumahan.

4. Pengaturan Saluran Wi-Fi untuk Router Rumah Nirkabel

Jika router utama dan kedua adalah nirkabel, sinyal Wi-Fi mereka dapat saling mengganggu, menyebabkan koneksi terputus dan pelambatan jaringan yang tidak dapat diprediksi.

advertisement

Setiap perute nirkabel menggunakan rentang frekuensi Wi-Fi tertentu yang disebut saluran, dan gangguan sinyal terjadi ketika dua perute nirkabel di rumah yang sama menggunakan saluran yang sama atau tumpang tindih.

Router nirkabel menggunakan saluran Wi-Fi yang berbeda secara default tergantung pada modelnya, tetapi pengaturan ini dapat diubah di konsol router.

Untuk menghindari gangguan sinyal antara dua router di rumah, atur router pertama menggunakan saluran 1 atau 6 dan yang kedua menggunakan saluran 11.

advertisement

Penutup

Demikian informasi tutorial mengenai cara menyambungkan router ke router wifi di rumah agar jangkauan jaringan internet dari wifi yang kamu gunakan lebih jauh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *