Aplikasi Instal Sendiri? Ini Cara Menonaktifkan App Cloud Samsung

Cara menonaktifkan app cloud samsung
Cara menonaktifkan app cloud samsung

Pada kesempatan kali ini, sanepo akan membahas mengenai cara menonaktifkan app cloud samsung dengan mudah. Banyak user Samsung yang terganggu dengan aplikasi ini karena sering mendownload aplikasi secara otomatis tanpa bisa dihentikan. 

Sebelumnya, kamu tahu tidak App cloud samsung itu apa? App Samsung cloud adalah sebuah aplikasi bawaan dari Samsung yang didesain untuk memberikan kemudahan dalam update aplikasi. Sehingga pengguna selalu mendapatkan versi aplikasi yang terbaru. 

Banyak pengguna hp Samsung yang menyangka bahwa app cloud Samsung dengan cloud Samsung itu sama. Padahal dari segi fungsi, keduanya sangat berbeda. Walaupun sama-sama menyandang nama Samsung cloud dan keduanya memiliki aplikasi. Keduanya tetaplah berbeda, untuk mengetahui lebih lanjut simak perbedaannya berikut ini.

Beda Samsung Cloud dengan App Samsung Cloud

App cloud merupakan aplikasi yang dapat mengunduh aplikasi lain yang direkomendasikan oleh sistem berdasarkan kebutuhan pengguna, jadi nantinya app cloud akan mengunduh banyak aplikasi atau melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis tanpa memerlukan izin dari pengguna. 

Lantas Apa fungsi app cloud Samsung? Fungsi app cloud Samsung yakni untuk memberikan kenyamanan terhadap pengguna dengan menginstal aplikasi dan memperbaharuinya secara otomatis. Jadi pengguna tidak akan repot-repot mencari-cari aplikasi di play store atau melakukan update manual melalui play store. 

Sementara Samsung Cloud merupakan sistem penyimpanan awan milik Samsung yang dapat digunakan untuk mengatur konten, menyimpan file pribadi, mencadangkan data, dan lain sebagainya. Untuk mengakses Samsung cloud, kamu perlu login atau buat akun terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa menikmati fitur ini dari Hp yang kamu miliki. 

Cara Menonaktifkan App Cloud Samsung

Cara menonaktifkan app cloud samsung
Cara menonaktifkan app cloud samsung

Meski bisa memperbarui aplikasi secara otomatis, tapi pengguna hp Samsung juga mendapati App cloud samsung download sendiri. Dan ini sangat meresahkan karena bisa membuat penyimpanan internal cepat sesak serta membuat paket data cepat terkuras.

Oleh karena itu, banyak yang mencari cara menonaktifkan app cloud Samsung agar tidak mengunduh aplikasi sendiri. Namun banyak yang bingung mengenai letak app cloud samsung. Karena di home page tidak ada dan kita tidak bisa menemukannya. 

Tapi tenang, karena kamu bisa mengikuti langkah-langkah sanepo berikut ini, agar aplikasi yang sangat mengganggu itu tidak muncul di hp kamu lagi. 

  • Pertama, buka pengaturan yang ada di hp Samsung milikmu. 
  • Scroll ke bawah, cari pengaturan aplikasi
  • Kemudian, kamu akan mendapati berbagai aplikasi yang terinstal di hp. 
  • Kamu hanya perlu mencari “AppCloud” 
  • Setelah ketemu, tekan / buka aplikasi tersebut. 
  • Kemudian kamu tinggal tekan “uninstall” 
  • Maka dengan sendirinya, AppCloud akan hilang dari hp dan kamu terbebas dari mendownload aplikasi secara otomatis.

Oh iya, jika tidak ada pilihan uninstall, kamu bisa menonaktifkan atau disable. Karena di beberapa hp Samsung memang tidak bisa menghapus aplikasi bawaan ini. Tapi setelah kamu disable aplikasi tersebut, kamu juga tidak akan menemukan pembaruan atau download aplikasi secara otomatis lagi.  

Penutup 

Demikian cara menonaktifkan app cloud Samsung yang dapat sanepo sajikan. Cara di atas cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk semua tipe hp Samsung. 

Dengan menonaktifkan AppCloud, kamu bisa lebih lega karena kuota tidak cepat boncos dan memori internal juga tidak sesak. Jadi performa hp akan tetap terjaga. Sekian ulasan sanepo kali ini, semoga apa yang sanepo sajikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok!