Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Windows 10 Dengan Mudah

  • Whatsapp

cara mengurangi kecerahan laptop atau komputer dengan operasi windows 10 akan kami bahas di artikel ini, jika Anda kesulitan menyesuaikan kecerahan atau kontras layar laptop Anda, perlu diingat bahwa setiap model laptop (dan setiap sistem operasi ) sedikit berbeda.

Kecerahan monitor komputer Anda mungkin bukan sesuatu yang Anda pertimbangkan. Tapi itu sangat penting untuk kesehatan mata Anda.

Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyesuaikan kecerahan layar pada Windows 10 dengan kontrol yang tersedia.

Menyesuaikan pengaturan tampilan pada komputer baru adalah tugas dasar. Jika Anda mengalami ketegangan mata atau sakit kepala, kecerahan layar bisa menjadi penyebabnya.

Sangat mudah untuk menyesuaikan level secara manual atau otomatis berdasarkan masa pakai baterai, rencana daya, atau cahaya di sekitarnya.

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Operasi Windows 10

1. Ubah Kecerahan Secara Manual Di Windows 10

Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Sistem > Tampilan. Di bawah Kecerahan dan warna, gunakan mouse untuk menggeser Ubah kecerahan. Ke kiri akan lebih redup, ke kanan lebih terang.

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Jika penggeser tidak tersedia, itu salah satu dari dua hal. Jika Anda menggunakan monitor eksternal, gunakan tombol itu untuk mengubah kecerahan. Jika tidak, Anda perlu memperbarui driver tampilan.

Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + X dan klik Pengelola Perangkat. Perluas Display adapters dan kemudian klik kanan kartu grafis Anda. Klik Perbarui driver dan ikuti wizard.

Gunakan Pusat Mobilitas Windows

Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan secara manual menggunakan Windows Mobility Center. Untuk mengakses ini, tekan tombol Windows + X dan klik Pusat Mobilitas .

Di sini Anda dapat menggunakan penggeser Kecerahan tampilan untuk menyesuaikan kecerahan layar.

2. Secara Otomatis Menyesuaikan Kecerahan Untuk Masa Pakai Baterai

Menurunkan kecerahan Anda dapat membantu mendapatkan lebih banyak daya dari baterai perangkat portabel Anda.

Windows 10 memiliki fitur penghemat baterai yang dapat secara otomatis menurunkan kecerahan Anda saat diaktifkan.

Untuk mengaktifkan ini, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Sistem > Baterai dan gulir ke bawah ke Pengaturan penghemat baterai.

Centang Hidupkan penghemat baterai secara otomatis jika baterai saya jatuh di bawah dan gunakan penggeser untuk menyesuaikan persentase tingkat baterai yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur itu sendiri.

Terakhir, centang Turunkan kecerahan layar saat menggunakan penghemat baterai. Tidak mungkin untuk mengatur tingkat kecerahan yang digunakan, tetapi mudah-mudahan, Microsoft akan menambahkannya di pembaruan Windows 10 mendatang.

3. Secara Otomatis Mengubah Kecerahan Untuk Penghemat Baterai

Anda dapat memiliki kecerahan yang berbeda tergantung pada apakah komputer Anda sedang mengisi daya atau kehabisan baterai. Untuk menghemat baterai, setel tingkat kecerahan peredup saat tidak dicolokkan.

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Untuk melakukan ini, tekan tombol Windows + R untuk membuka Run, input control panel, dan klik OK. Buka Perangkat Keras dan Suara > Opsi Daya dan klik Ubah pengaturan paket di sebelah paket yang Anda pilih.

Gunakan penggeser Sesuaikan kecerahan paket untuk mengatur baterai Aktif dan level Terpasang. Setelah selesai, klik Simpan perubahan.

Jika Anda menginginkan saran penghematan daya lainnya, lihat panduan kami tentang cara mengoptimalkan baterai Windows 10

4. Gunakan Kecerahan Adaptif di Windows 10

Idealnya, kecerahan monitor Anda harus sesuai dengan cahaya di sekitar Anda. Salah satu cara untuk membantunya adalah dengan mengubah kecerahan secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar Anda.

Fitur ini hanya diaktifkan jika perangkat Anda memiliki sensor kecerahan. Untuk mengaktifkannya, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Sistem > Tampilan. Jika Anda dapat melihat Ubah kecerahan secara otomatis saat pencahayaan berubah, alihkan ke Aktif. Jika Anda tidak dapat melihat ini, Anda tidak memiliki sensor.

Cara yang lebih baik untuk menyesuaikan ini adalah melalui Panel Kontrol karena Anda dapat mengaturnya tergantung pada rencana daya Anda. Tekan tombol Windows + R, masukan panel kontrol dan klik OK.

Setelah berada di Control Panel, buka Hardware and Sound > Power Options > Change plan settings > Change advanced power settings.

Perluas Tampilan > Aktifkan kecerahan adaptif dan gunakan dropdown untuk mengaturnya ke On battery dan Plugged in.

5. Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Menggunakan Keyboard

Keyboard komputer Anda mungkin memiliki pintasan untuk pertanyaan anda tentang cara menurunkan kecerahan laptop. Lihat tombol fungsi kecerahan biasanya di tandai oleh ikon matahari.

Kombinasi tombol yang tepat akan tergantung pada model keyboard Anda. Anda mungkin perlu menahan atau mengaktifkan tombol Fn lalu menekan tombol fungsi yang sesuai secara bersamaan.

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Cara mengurangi kecerahan laptop di atas, saya kebanyakan menonaktifkan tombol Fn dan menekan F1 untuk menurunkan kecerahan dan F2 untuk meningkatkan kecerahan (mengaktifkan tombol Fn akan mengaktifkan fungsi F1/F2 sebagai gantinya.)

kesimpulan

Semoga, Anda telah mempelajari sesuatu yang baru di sini tentang cara mengontrol pengaturan kecerahan di Windows 10.

Dengan kecerahan yang diurutkan, Anda mungkin ingin memeriksa suhu warna monitor Anda. Cahaya dari layar tampaknya menyebabkan masalah tidur sehingga Anda dapat menggunakan program seperti f.lux atau fitur Night Light Windows 10 untuk membantu mengatasinya.

Itulah lima cara Mengurangi Kecerahan Laptop Windows 10 yang bisa anda coba untuk mengatur dan mengatasi masalah laptop atau komputer windows 10 terlalu cerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *