5 Cara Mengubah Refresh Rate Android, Agar Hp Android Jadi Makin Ngebut

  • Whatsapp
5 Cara Mengubah Refresh Rate Android, Agar Hp Android Jadi Makin Ngebut

pada kesempatan kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara mengubah refresh rate android, agar hp android lebih yaman saat menggunakannya atau saat bermain game.

Keaneka ragaman hp kini samakin membuat banyak orang bingung dalam memilihnya. Karena pada dasarnya emang kebutuhan seseorang berbeda beda.

Ada yang mementingkan ram yang digunakan untuk multitasking, ada juga yang mementingkan kamera untuk digunakan berfoto, dan ada juga yang mementingkan refresh rate yang berfungsi untuk kenyamanan mata.

advertisement

Refresh rate merupakan salah satu jumlah frame atau gambar yang dapat diambil dari setiap detiknya.

Semakin tinggi refresh rate tersebut, maka semakin halus juga tampilan tersebut.

Mungkin kamu juga sering mengalami hp ngelag dan terasa kasar dalam segi transisi atau saat scroll.

advertisement

Gejala tersebut disebabkan karena refresh rate hp kamu rendah yang akan menyebabkan tampilan layar yang terasa kurang nyaman saat dipandang.

Di zaman yang sudah canggih ini hp dengan kelas menengah keatas juga juga sudah tersedia rentan refresh rate antara 60Hz-120Hz. Yang mana refresh rate tersebut sudah sangat halus sekali.

Perkembangan zaman yang semakin pesat, juga membuat teknologi yang semakin mudah untuk dikenal.

advertisement

Tetapi sebelum kamu mengubah refresh rate di hp kamu, pastikan terlebih dahulu apakah hadware hp kamu mendukung layar 90Hz atau belum.

Karena pada dasarnya hp yang mendukung rate lebih dari 60Hz tersebut hanya hp keluaran terbaru.

Untuk dapat mengeceknya kamu bisa website sesuai spesifikasi hp kamu. Kamu bisa melihat tutorial pengecekanya di youtobe dan cari video yang mereview hp yang sama dengan yang kamu punya.

Bacaan Lainnya
advertisement

Cara mengeceknya bisa menggunakan aplikasi Screen Info yang sudah tersedia di google playstore. Kamu hanya perlu mendownloadnya dan kemudian instal.

Tetapi, jika kamu menyetting frame rate tersebut menjadi angka 90Hz tentunya akan membuat hp kamu banyak memakan batrai. Jadi kamu harus bijak dalam menggunakan frame rate 90Hz tersebut.

Dan berikut ini adalah cara mengubah refresh rate android yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

advertisement

Cara Mengubah Refresh Rate Android

  1. Langkah pertama yaitu masuk ke menu settings atau pengaturan pada hp kamu. Kemudian pilih dan tekan Logo Gear.
  2. Kemudian cari dan klik menu display.
  3. Setelah itu, cari dan klik menu motion smoothness.
  4. Jika sudah muncul dua opsi, kamu tinggal pilih high refresh rate (120Hz) atau bisa pilih standard refresh rate (60Hz).
  5. Kemudian langkah terakhir yaitu tekan tombol Apply.

Jika hp kamu masih dalam keadaan setting default atau masih bawaan dari pabriknya. Maka biasanya settingan tersebut masih berada pada settingan otomatis.

Settingan otomatis tersebut bisa menentukan seberapa kuat aplikasi dan game yang kamu jalankan berjalan di frame rate yang terbaik.

Penutup

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengubah refresh rate android. Kamu bisa mencoba sendiri langkah langkahnya.

advertisement

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu pengguna hp android yang ingin mengubah refresh rate, supaya hp kamu tidak mengalami lag.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *