Cara Menggunakan Lighroom Untuk Pemula 2021 Lengkap Beserta Keterangan Fitur Di Dalam Aplikasi

  • Whatsapp
Cara Menggunakan Lighroom Untuk Pemula 2021

Pada kesempatan kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara menggunakan lighroom untuk pemula agar anda bisa lebih memahami tentang fitur fitur dan apa saja yang bisa anda lakukan lewat aplikasi ini.

Lighroom merupakan aplikasi edit foto yang banyak digunakan oleh selegram. Aplikasi lighroom juga bisa membuat foto anda menjadi lebih indah dan keren. Sehingga aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer.

Bagi anda yang pemula dan ingin menggunakan aplikasi ini, anda bisa belajar rumus preset terlebih dahulu. Tetapi jika anda belum mengerti rumus preset, anda bisa melihat tutorial tutorial yang ada di youtobe.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi lighroom pastikan hp anda mendukung aplikasi tersebut. Biasanya jika anda mendownload aplikasi tersebut dan gagal berarti hp anda tidak mendukung untuk aplikasi ini.

Selain itu fitur fitur yang banyak akan membingungkan banyak pengguna khususnya bagi anda selaku pemula. Maka perlu kejelian dalam mengedit sebuah foto dengan menggunakan aplikasi ini.

Jika anda belum mengunduh aplikasi ini anda bisa mengunduhnya di google playstore dengan gratis. Setelah anda mendownload dan mengginstal aplikasi lighroom.

anda harus login dan daftarkan diri anda menggunakan email, facebook atau sebagainya. Dan lakukan proses sesuai dengan yang diperintah aplikasi tersebut.

Sebelum anda mengetahui cara menggunakan lighroom untuk pemula, anda juga harus mengetahui menu menu yang ada di aplikasi tersebut. Agar anda semakin paham bagaimana cara menggunakannya.

fungsi menu yang ada di beranda aplikasi lighroom

1. Library

Library merupakan menu yang digunakan untuk menampilkan berbagai foto yang ada di galeri hp anda ke dalam aplikasi lighroom.

2. Share

Menu tersebut digunakan untuk membagikan atau menyimpan foto yang sudah anda edit ke album anda secara online, sehingga orang lain bisa melihat hasil editan yang anda buat di album online tersebut.

3. Learn

Menu ini berguna bagi anda yang pemula, karena menu ini menyediakan berbagai tutorial gartis. Anda bisa mengedit foto anda seperti tutorial yang telah tersedia di aplikasi lighroom.

4. Discover

Menu discover ini adalah menu yang menampilkan foto foto hasil editan orang lain yang memposting foto tersebut di akun lighroom online. Menu ini juga hampir sama dengan menu feeds yang ada di aplikasi instagram.

Cara Menggunakan Lighroom Untuk Pemula

Berikut merupakan cara menggunakan lighroom untuk pemula yang dapat anda lakukan hanya dengan 3 langkah di bawah ini:

1. Buka Aplikasi Lighroom

Langkah pertama jika anda ingin mengedit di aplikasi ini yaitu buka aplikasi lighroom di hp anda. Kemudian jika sudah muncul tampilan beranda lighroom. Maka akan terdapat icon untuk menambah foto dan mengambil foto dibagian kanan bawah.

Jika anda ingin mengedit foto yang ada di hp anda, anda bisa langsung klik icon tambah foto. Pilih foto yang akan diedit, kemudian klik icon Add/Tambahkan. Setelah itu lighroom akan mengakses foto anda.

2. Pilih Kembali Foto Yang Sudah Diimport Ke Aplikasi Lighroom

Biasanya jika anda pengguna baru aplikasi lighroom, aplikasi tersebut juga menawarkan gulded tour yang bisa membantu anda mengenali fungsi fungsi fitur yang terdapat di aplikasi lighroom.

Kemudian tambahkan foto yang sudah di import ke lighroom dan anda bisa menggunakan tools tools seperti healing tool, crop tool, light tool dan sebagainya sesuai dengan preferensi yang anda inginkan.

3. Simpan Foto Ke Hp Anda

Jika foto sudah sesuai dengan yang anda inginkan dan ingin menyimpanya anda bisa menekan tombol share dibagian kanan atas, kemudian pilih save to device.

Pilih resolusi foto dan klik tombol ok, tunggu aplikasi lighroom memproses foto ke dalan galeri hp anda.

Ada juga beberapa fitur yang harus anda ketahui fungsinya. Seperti fitur pencahayaan, black dan white balance, mix colour atau yang disebut campuran warna, effect fitur, split tone, dan sharpening.

Yang akan membuat foto anda menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Fungsi fitur fitur tersebut bisa anda simak di bawah ini:

Fitur Fitur Aplikasi Lighroom

1. Pencahayaan Atau Lighroom

Fitur ini berfungsi untuk membuat foto anda menjadi lebih bercahaya atau menjadi gelap. Ya bisa dibilang setting pencahayaan pada foto anda yang akan membuat foto tersebut menjadi lebih menarik.

2. Black Dan White Balance

Fitur ini berfungsi untuk menyeimbangkan warna gelap dan terang pada foto yang akan anda edit. Anda bisa menggeser supaya bisa menemukan settingan yang anda inginkan.

3. Mix Colour Atau Campuran Warna

Jika anda ingin mengedit menggunakan fitur ini anda harus pandai mengatur perpaduan perpaduan warna yang ada di fitur tersebut. Setiap penyettingan warna juga berbeda beda.

Menggunakan fitur ini juga sangat sulit dan jika anda sebagai pemula anda bisa melihat tutorial di aplikasi youtobe.

4. Effect fitur

Fitur ini digunakan untuk mengatur halus atau kasar pada foto anda dengan menggunakan fitur clarity, bukan hanya itu saja di dalam fitur ini juga terdapat fitur dehaze dan vignette.
Fitur dehaze bisa digunakan untuk mengilangkan atau menambahkan kabut pada foto anda.

5. Split Tone

Fitur ini digunakan jika anda ingin mengubah warna highlight dan shadow dengan warna yang anda inginkan dan sesuaikan juga dengan foto yang akan anda edit.

6. Sharpening

Fitur ini digunakan jika anda ingin mempertajam foto anda agar foto nya terlihat hidup. Tetapi jika ingin menggunakan fitur ini maka jangan menggunakanya dengan berlebihan agar foto anda tidak terlalu mencolok dan terlihat lebih alami.

Penutup

Sekian penjelasan tentang cara menggunakan lighroom untuk pemula semoga bisa membantu dan bermanfaat ketika anda ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *