Cara mengetahui adanya virus di aplikasi yang kamu instal dengan Virustotal

  • Whatsapp

Menginstal aplikasi dalam format APK lebih berbahaya daripada mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memastikan bahwa file tersebut ‘bersih’ sebelum menjalankannya di Android Anda: VirusTotal memeriksa apakah file tersebut terinfeksi virus dan / atau malware. Kami tunjukkan cara kerjanya .

Android adalah sistem operasi untuk ponsel yang memiliki keunggulan penting, seperti keterbukaan dalam penginstalan aplikasi dan kebebasan untuk mengunduhnya dari mana saja, tidak hanya dari toko resmi Android. Tentu saja, unduhan ini membawa risiko tambahan karena sangat mudah untuk mengubah kode aplikasi sehingga mereka menginfeksi semua ponsel yang menginstalnya. Oleh karena itu, aturan pertama untuk menghindari infeksi adalah memastikan bahwa halaman asal download aplikasi dapat diandalkan; aturan kedua adalah memeriksa semua file dengan VirusTotal.

VirusTotal adalah situs web yang menganalisis aplikasi APK dari virus dan malware

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah bahwa VirusTotal bukanlah aplikasi yang menganalisis telepon untuk mencari ancaman : ini adalah situs web antivirus yang akan memeriksa semua file yang Anda unggah secara manual. Menganalisis aplikasi APK yang diunduh melibatkan proses yang bisa agak rumit, tetapi ini menghindari hampir 100% dari infeksi yang diderita di ponsel.

VirusTotal menganalisis APK yang diunggah ke web untuk mencari ancaman apa pun yang terkandung dalam kodenya. Jika setelah file dianalisis, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi, mereka dapat diinstal dengan percaya diri. Meskipun ya: meskipun aplikasi bersih dari virus dan malware yang tidak menyiratkan bahwa operasinya transparan, hanya file tersebut tidak dimodifikasi untuk mengubah kodenya dan mengubahnya menjadi aplikasi yang berbahaya .

VirusTotal dapat memberi tahu Anda bahwa suatu aplikasi tidak terinfeksi, tetapi itu tidak berarti bahwa aplikasi tersebut dapat dipercaya. Itu dapat menyalahgunakan izin, mengumpulkan terlalu banyak data pribadi

Karena ini adalah halaman web, dan tidak memiliki aplikasi resmi (ada aplikasi yang terkait dengan VirusTotal yang dapat menggunakan API-nya, tetapi tidak ada yang dikembangkan oleh perusahaan ), Anda harus memuat browser dan memeriksa setiap file APK satu per satu . Ini adalah proses sederhana yang menjadi sulit ketika jumlah aplikasi untuk dianalisis tinggi.

Cara Menggunakan Virustotal

  1. Pastikan aplikasi APK yang Anda unduh ada di ponsel Anda (atau akses VirusTotal dari komputer Anda dan kemudian pindahkan APK ke ponsel Anda).
  2. Buka browser seluler Anda dan akses situs web VirusTotal.
  3. Klik ‘Pilih file’ untuk memilih file APK untuk dianalisis.
  4. VirusTotal akan melakukan pemindaian penuh untuk virus dan malware. Jika aplikasinya sudah diunggah, prosesnya akan lebih cepat.
  5. Setelah analisis selesai, buka tab ‘Ringkasan’. Jika hasilnya ‘0’ aplikasi bersih. Jika ancaman terdeteksi, web akan memberi tahu Anda berapa banyak dan mana yang ditemukan (di tab ‘Deteksi’).
  6. Instal APK hanya jika VirusTotal memberi tahu Anda bahwa itu benar-benar bersih . Selalu pastikan bahwa aplikasi tersebut juga dapat diandalkan.

Rekomendasi kami adalah Anda tidak mengunduh aplikasi dalam APK kecuali Anda tahu betul apa yang dilakukan aplikasi tersebut dan bahwa halaman unduhan dapat diandalkan. Dan jika unduhan selalu memeriksa ancaman : VirusTotal adalah salah satu cara paling andal untuk menghindari infeksi malware.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *