Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Berfungsi

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Berfungsi 2021

voice note adalah cara mudah untuk menyampaikan informasi di WhatsApp. Jika Anda seorang pengirim pesan yang malas atau ada terlalu banyak teks untuk diketik, cukup kirim voice note whatsapp. Ini menghemat waktu dan seperti teks, voice note selalu dapat diakses dan dapat dikunjungi kembali kapan saja sampai dihapus oleh pengirim atau penerima.

Terlepas dari manfaat voice note, satu kelemahan utama adalah, tidak seperti teks, Anda tidak dapat mencari konten voice note.

Bacaan Lainnya
text-center">

Anda mungkin menemukan sejumlah situasi di mana voice note WhatsApp tidak berfungsi. Terkadang, pengguna tidak dapat merekam voice note. Di lain waktu, WhatsApp menolak untuk mengunduh atau memutar voice note. Ada juga contoh di mana memutar voice note tidak menghasilkan keluaran suara.

Jika voice note WhatsApp tidak berfungsi di perangkat Android atau iOS Anda, lihat solusi pemecahan masalah di bagian berikutnya. Sebelum Anda melanjutkan, pastikan perangkat Anda memiliki koneksi internet aktif; konektivitas jaringan yang buruk menunda pengiriman dan pengunduhan voice note.

Demikian juga, pastikan bagian atas layar ponsel Anda (tempat sensor jarak berada) tidak tertutup saat memutar voice note. Apakah voice note WhatsApp masih tidak berfungsi? Ada beberapa hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

10 Cara Mengatasi Voice Note Whatsapp Tidak ada Suaranya

1. Tingkatkan Volume Ponsel Anda

Jika Anda memutar voice note di WhatsApp tetapi tidak mendengar output audio, periksa apakah volume perangkat Anda tidak rendah atau dibisukan. Tingkatkan volume speaker ponsel Anda dan coba lagi. Jika Anda menggunakan headphone dengan tombol/slider bisu khusus, Anda juga harus mengonfirmasi bahwa Anda tidak mengaktifkan tombol secara tidak sengaja.

2. Tutup paksa WhatsApp

Saat WhatsApp tidak merespons atau beberapa fiturnya tiba-tiba berhenti berfungsi, penghentian paksa aplikasi dapat mengembalikannya ke normal. Untuk perangkat iOS, tutup WhatsApp (seperti yang Anda lakukan pada aplikasi lain) dan buka kembali.

10 Cara Mengatasi Voice Note Whatsapp Tidak ada  Suaranya

Untuk menghentikan paksa WhatApp di perangkat Android:

  • buka halaman info WhatsApp (tekan lama WhatsApp dan ketuk ikon info).
  • Klik paksa berhenti dan ketuk OK pada konfirmasi untuk melanjutkan.
  • Klik Buka untuk meluncurkan aplikasi lagi. Jika Anda masih tidak dapat memutar voice note WhatsApp, lanjutkan ke langkah pemecahan masalah berikutnya.

3. Bersihkan Cache whatsapp (untuk Android)

WhatsApp menyimpan informasi sementara dalam file cache di perangkat Anda. Meskipun file cache membantu meningkatkan kecepatan WhatsApp dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan, file tersebut juga dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi terutama jika file cache menjadi rusak.

Jika voice note WhatsApp tidak berfungsi, hapus cache aplikasi dan coba lagi. Pada halaman info WhatsApp, pilih Penyimpanan & cache dan ketuk ikon Hapus cache.

4. Periksa Izin WhatsApp

Selanjutnya, Anda juga harus mengonfirmasi bahwa WhatsApp memiliki izin yang diperlukan untuk mengirim voice note di perangkat Anda. Menolak beberapa izin dapat menyebabkan WhatsApp kehilangan fungsi tertentu. Jika voice note WhatsApp tidak berfungsi, itu mungkin karena aplikasi tidak memiliki akses ke penyimpanan atau mikrofon ponsel Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memberikan akses WhatsApp ke mikrofon dan penyimpanan ponsel Android Anda.

Di hp android

  1. Tekan lama ikon WhatsApp dan ketuk ikon info, Itu akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan WhatsApp. Rute alternatif adalah pergi ke Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Semua Aplikasi > WhatsApp . Langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan sistem operasi perangkat Android Anda.
  2. Pilih Izin.
  3. Klik Penyimpanan dan Mikrofon.
  4. Pastikan kedua izin disetel ke Izinkan.
10 Cara Mengatasi Voice Note Whatsapp Tidak ada  Suaranya

Periksa Izin WhatsApp di iOS

Untuk pengguna iPad dan iPhone, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memberi WhatsApp izin yang diperlukan (yaitu akses Mikrofon) yang diperlukan untuk voice note.

  • Buka menu Pengaturan iOS, gulir ke bagian bawah halaman, dan pilih WhatsApp .
  • Pastikan akses Mikrofon diaktifkan.
  • Kembali ke WhatsApp dan periksa apakah Anda sekarang dapat memutar dan mengirim voice note.

5. Periksa Penyimpanan yang Tersedia

voice note yang Anda terima di WhatsApp secara otomatis diunduh dan disimpan ke perangkat Anda. Pastikan ada ruang penyimpanan yang cukup untuk menampung voice note dan file media lainnya di WhatsApp.

Jika ponsel Anda kekurangan ruang penyimpanan, WhatsApp mungkin gagal memuat atau memutar voice note. Untuk memperbaikinya, hapus file sampah sementara di perangkat Anda, kurangi penggunaan penyimpanan WhatsApp , atau gunakan aplikasi pembersih pihak ketiga untuk mengosongkan ruang yang ditempati oleh file dan aplikasi yang tidak digunakan.

6. Tutup Aplikasi Lain

Jika Anda tidak dapat merekam voice note, itu mungkin karena mikrofon perangkat Anda sedang digunakan oleh aplikasi lain. Tutup aplikasi yang mungkin menggunakan mikrofon ponsel Anda dan coba rekam voice note lagi. Aplikasi yang harus Anda perhatikan termasuk aplikasi perekaman suara, aplikasi konferensi video, aplikasi perekaman layar, dll.

7. Periksa Server WhatsApp

Server WhatsApp memiliki riwayat tidak berfungsi saat Anda tidak mengharapkannya. Hal ini menyebabkan beberapa fitur layanan pesan instan tidak berfungsi. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang berbunyi “unduh gagal” saat Anda memutar voice note, ada kemungkinan server WhatsApp sedang down.

Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti DownDetector untuk memeriksa status server WhatsApp. Jika ada masalah dengan server WhatsApp, Anda harus menunggu hingga WhatsApp menyelesaikan masalah; masalah terkait server biasanya diperbaiki dalam beberapa menit atau jam.

8. Nyalakan Ulang Ponsel Anda

Jika server WhatsApp aktif dan berjalan dan masalah berlanjut, coba mulai ulang perangkat Anda. Itu bisa memperbaiki semua kesalahan terkait perangkat yang mencegah Anda merekam atau memutar voice note di WhatsApp.

9. Perbarui WhatsApp

10 Cara Mengatasi Voice Note Whatsapp Tidak ada  Suaranya

Anda harus selalu memastikan bahwa Anda telah menginstal WhatsApp versi terbaru di ponsel Anda. WhatsApp melengkapi pembaruan ini dengan perbaikan tambalan yang menghilangkan bug yang menyebabkan voice note dan fitur lainnya tidak berfungsi. Luncurkan toko aplikasi ponsel Anda dan instal pembaruan WhatsApp yang tersedia.

10. Instal ulang WhatsApp

Jika WhatsApp terbaru tetapi Anda masih tidak dapat memutar, mengirim, atau mengunduh voice note, hapus aplikasi dari perangkat Anda dan instal dari awal. Sebelum melakukannya, pastikan Anda mencadangkan WhatsApp ke Google Drive agar tidak kehilangan percakapan dan file media.

kesimpulan

Kami memahami bahwa voice note whatsapp adalah milik Anda, dan itu membuat frustrasi ketika Anda terpaksa mengetik paragraf panjang karena fitur voice note WhatsApp tidak berfungsi.

Kami yakin bahwa setidaknya salah satu solusi yang disebutkan di atas akan menyelesaikan masalah dan Anda akan kembali mengirim dan menerima voice note whatsapp dalam waktu singkat. Beri tahu kami solusi mana yang memperbaiki masalah atau jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.
text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *