Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Checkout M02, Ternyata Tidak Sulit!
Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Checkout M02, Ternyata Tidak Sulit!

SANEPO – Berikut adalah cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout M02 D02 dengan mudah dan benar.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout M02 mari kita cek apa penyebabnya.

M02/D02 adalah salah satu error yang sering dialami oleh pengguna Shopee saat melakukan checkout atau pembayaran menggunakan voucher promo.

Saat pesanan gagal dengan error M02/D02, pengguna akan menerima pesan bahwa voucher promo yang digunakan sudah pernah digunakan sebelumnya dan diharuskan menggunakan voucher lain.

Lalu, apa yang menyebabkan error M02/D02 pada Shopee? Dan bagaimana cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout M02? Berikut beberapa penjelasan dan solusi untuk mengatasi error M02/D02 pada Shopee.

Penyebab Shopee Error Tidak Bisa Checkout M02/D02

Hal pertama sebelum cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout M02 yang harus dipahami adalah penyebab error M02/D02 pada Shopee.

Error ini dapat terjadi karena beberapa alasan, di antaranya adalah:

  • Voucher promo yang digunakan sudah pernah dipakai sebelumnya. Pengguna tidak dapat menggunakan voucher yang sama untuk transaksi lainnya.
  • Cache atau cookies masih tersimpan di dalam perangkat, terutama bagi pengguna yang login dengan dua akun dalam satu handphone. Hal ini dapat membuat sistem menganggap bahwa pengguna sudah menggunakan voucher promo sebelumnya.
  • Terdapat kendala pada sistem Shopee, terutama saat terjadi peningkatan aktivitas pengguna atau perawatan sistem.

Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Checkout M02

error M02/D02 pada Shopee
error M02/D02 pada Shopee

Setelah mengetahui penyebab error M02/D02 pada Shopee, berikut beberapa solusi untuk cara mengatasi Shopee tidak bisa checkout M02.

1. Gunakan Voucher Lain

Jika pengguna mengalami error M02/D02 saat menggunakan voucher promo tertentu, salah satu solusinya adalah menggunakan voucher promo lainnya.

Shopee sering memberikan beberapa voucher pada saat masa promo, jadi pengguna bisa mencoba voucher lainnya.

2. Clear Cache dan Update Aplikasi

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan clear cache atau membersihkan cache pada aplikasi Shopee.

Biasanya hal ini terjadi ketika pengguna login menggunakan dua akun dalam satu handphone.

Untuk membersihkannya, pengguna bisa masuk ke menu Pengaturan Akun dalam aplikasi Shopee, kemudian pilih Informasi dan Bersihkan Cache.

Selain itu, pengguna juga bisa mengupdate aplikasi Shopee ke versi terbaru. Pastikan aplikasi Shopee yang diunduh sudah versi terbaru dan terpasang dengan baik.

3. Coba Berbelanja di Toko Lain

Jika pengguna mendapatkan error M02/D02 saat mencoba menggunakan voucher promo pada sebuah toko, ada kemungkinan toko tersebut sudah dicurigai karena melakukan pelanggaran.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk berbelanja di toko lain.

4. Hubungi Customer Service Shopee

Jika pengguna sudah mencoba solusi di atas namun tetap mengalami error M02/D02 pada Shopee, sebaiknya menghubungi Customer Service Shopee.

Pengguna bisa menghubungi lewat live chat, hotline telepon, atau media sosial.

Dalam menghubungi customer service Shopee, pastikan menjelaskan kronologi error, sertakan screenshot dan username, dan tunggu sebentar agar CS melakukan pengecekan.

Pengguna juga harus mengikuti arahan yang diberikan oleh CS untuk mengatasi masalah ini.

Apakah Jenis HP Mempengaruhi Error M02/D02 Shopee?

Masalah error M02/D02 pada aplikasi Shopee biasanya terkait dengan masalah teknis yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis HP yang digunakan.

Berikut adalah analisis mendetail mengenai bagaimana jenis HP bisa mempengaruhi terjadinya error M02/D02 di aplikasi Shopee:

  1. Kesesuaian Sistem Operasi: Dilansir dari Shopee.co.id, aplikasi Shopee mendukung sistem operasi Android dan iOS dengan versi tertentu. Jika HP yang digunakan memiliki versi sistem operasi yang tidak didukung atau sudah sangat lama, hal ini dapat memicu munculnya error M02/D02.
  2. Performa Hardware: Dilansir dari situs resmi Android, HP dengan spesifikasi hardware yang lebih rendah mungkin mengalami kesulitan menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya lebih besar. Shopee sebagai aplikasi e-commerce seringkali memperbarui fiturnya, yang mungkin tidak optimal di perangkat dengan RAM atau prosesor yang kurang kuat.
  3. Kapasitas Penyimpanan: Menurut Apple Support, kapasitas penyimpanan yang hampir penuh dapat mempengaruhi kinerja aplikasi. Jika HP memiliki penyimpanan yang terbatas dan banyak digunakan untuk menyimpan data lain, hal ini bisa mempengaruhi kinerja aplikasi Shopee dan memicu error.
  4. Kompabilitas Aplikasi: Dilansir dari beberapa forum teknologi, terkadang aplikasi dibuat dengan optimalisasi lebih untuk jenis HP tertentu. Misalnya, beberapa aplikasi mungkin bekerja lebih baik pada HP Android merek tertentu atau iPhone terbaru karena adanya kerjasama atau fokus pengembangan yang lebih pada platform tersebut.
  5. Update Aplikasi: Dari FAQ Shopee, sangat disarankan untuk selalu memperbarui aplikasi ke versi terbaru. HP yang jarang diperbarui mungkin tidak kompatibel dengan versi aplikasi yang lebih baru, yang bisa berisi perbaikan bug atau peningkatan keamanan yang penting.

Kesimpulannya, jenis HP bisa mempengaruhi terjadinya error M02/D02 pada aplikasi Shopee melalui beberapa aspek seperti kompatibilitas sistem operasi, performa hardware, kapasitas penyimpanan, serta dukungan dan update aplikasi.

Jika mengalami masalah ini, disarankan untuk memeriksa dan memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi Shopee telah diperbarui, dan pertimbangkan untuk membersihkan memori jika diperlukan.

Penutup

Error M02/D02 pada Shopee bisa terjadi karena pengguna telah menggunakan voucher promo tersebut pada transaksi sebelumnya, cache atau cookies masih tersimpan di dalam perangkat, atau adanya kendala pada sistem.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa mencoba solusi di atas atau menghubungi customer service Shopee.

Jangan lupa untuk selalu membaca syarat dan ketentuan dari voucher promo yang akan digunakan, dan hindari menggunakan dua akun dalam satu handphone.

***

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Aisha Aileen Nathania

Aisha, tech enthusiast sejak 2014, suka bagi saran dan rekomendasi soal gadget dan tips.