Penyebab dan Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok

  • Whatsapp
Penyebab dan Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok
Penyebab dan Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok

Cara Mengatasi Shadow Banned TikTok – Saat menggunakan TikTok, mungkin Anda pernah mengalami jumlah penonton berkurang dan komentar pada akun lebih sedikit dari biasanya.

Mengapa ini bisa terjadi? Bisa jadi TikTok Anda sedang kena shadow banned. Lalu, apa saja yang menyebabkan masalah ini serta bagaimana cara mengatasinya? Simak cara mengatasi shadow banned TikTok dalam artikel ini!

Shadow Banned di TikTok

Terjadinya pembatasan sementara pada akun pribadi TikTok, hingga berujung pada berkurangnya aktivitas para pengikut seperti sepi penonton, sedikit komentar hingga jumlah like disebut dengan shadow ban.

advertisement

Meskipun tidak ada pemberitahuan khusus jika TikTok sedang terkena shadow banned, namun aktivitas mengunggah video tetap bisa dilakukan.

Hanya saja, TikTok tidak mempublish konten secara luas yang berakibat pada berkurangnya intensitas penonton video.

Tidak perlu khawatir dan mengira jika TikTok pribadi telah diblokir, ini hanya berlaku sementara.

advertisement

Kebijakan ini secara otomatis di proses algoritma TikTok sebagai bentuk perlindungan dari adanya spam, pelanggaran hak cipta, konten dewasa atau apapun yang mengganggu ketertiban.

Penyebab Shadow Banned TikTok

Permasalahan akun sosial media seperti Shadow Banned TikTok, ban Reddit, Instagram, Twitter hingga TikTok seringkali ditemukan. Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab dan alasan ini bisa terjadi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pelanggaran Hak Cipta

Setiap konten yang ada di TikTok tentu saja memiliki hak cipta masing-masing. Jenis pelanggaran hak cipta pada TikTok ini pun ada beberapa jenis seperti, menggunakan lagu original milik orang lain, mengunggah atau membagikan video tanpa izin pembuat konten dan sebagainya.

advertisement

2. Pelanggaran Konten

Sebuah sosial media dibuat pasti memiliki aturan masing-masing. Salah satunya TikTok, yang akan mengambil tindakan tegas apabila ada penggunanya yang mengunggah konten tidak pantas seperti, kekerasan, senjata, narkotika, penampilan vulgar atau unsur apapun yang berbau SARA.

3. Spam Video

Saat ini, banyak sekali yang berlomba ingin menunjukkan eksistensinya di TikTok demi mendapat pujian, spam like di TikTok, atau trending FYP dengan mengunggah bermacam konten video secara banyak yang dimanipulasi hanya untuk mengejar popularitas.

Biasanya, ini sering terjadi di sejumlah akun viral. Banyaknya konten video yang dibuat, justru akan mengundang rasa tidak suka hingga berujung pada laporan banyak pengguna lain sebagai spam.

Bacaan Lainnya
advertisement

4. Memiliki Dua Akun di Satu Perangkat

TikTok akan mampu mendeteksi jika ditemukan akun ganda atau lebih dari satu akun TikTok pada perangkat yang Anda gunakan. Tentu ini sudah diatur dalam persetujuan dan ketentuan layanan TikTok.

Terkadang, beberapa user memanfaatkan shadow ban detector untuk mengetahui apakah benar akun mereka terkena Shadow Banned TikTok. Mesin ini bertugas sebagai ban checker. Anda pun bisa menggunakannya jika sewaktu-waktu audiens Anda turun drastis dari biasanya.

Baca juga: Sebenarnya 1 Juta Koin Snack Video Berapa Rupiah? Ternyata Segini Hasilnya

advertisement

Cara Cek Shadow Banned TikTok

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mengecek adanya shadow banned di akun TikTok.

  1. Cek shadow ban menggunakan nama akun atau tagar yang biasa Anda gunakan
  2. Buka TikTok menggunakan akun yang lain
  3. Ketuk menu discover untuk masuk
  4. Ketik nama akun atau tagar pada pencarian
  5. Jika masih muncul pada halaman pencarian, tandanya tidak terjadi shadow ban atau aman

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang di Cashzine, Aplikasi Penghasil Cuan No Tipu!

Cara Mengatasi Jika Terkena Shadow Banned TikTok

Jika Anda sudah menyadari ada hal yang tidak normal pada akun TikTok Anda,  maka segera atasi dengan shadow ban remover. Ada beberapa cara untuk mengatasi Shadow Banned TikTok, yaitu:

advertisement
  1. Temukan video yang sekiranya melanggar konten, lalu hapus konten tersebut
  2. Hindari penggunaan tagar terlarang
  3. Hentikan aktivitas mengunggah video selama 3 sampai 7 hari
  4. Boleh mengunggah video, namun batasi sehari sekali dengan hastag dan caption yang sewajarnya
  5. Hapus dan bersihkan cache akun TikTok
  6. Rajin cek akun secara berkala karena durasi berakhirnya shadow ban berbeda-beda (3 hari – 2 minggu)
  7. Keluar dari akun (logout)
  8. Hapus TikTok, kemudian unduh dan install ulang
  9. Hindari membagikan ulang (repost) video tanpa izin content creator
  10. Kurangi aktifitas atau spam di Aplikasi TikTok
  11. Apabila dirasa aktifitas atau respon pengguna lain pada TikTok Anda sudah mulai normal kembali, tetap gunakan TikTok sewajarnya saja sampai akun TikTok kembali pulih dan terbebas dari shadow banned

Tentunya, selain mengetahui cara mengatasi Shadow Banned TikTok, Anda juga dapat menjadikan ini sebagai pelajaran agar kedepannya lebih bijak dalam menggunakan sosial media. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *