Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10 2021

Apakah anda bertanya tanya tentang cara mengatasi laptop freeze windows 10 atau komputer atau sistem yang lambat? Berikut informasi lengkap mengapa laptop atau komputer freeze dan cara memperbaikinya.

Laptop freeze adalah masalah yang sangat menjengkelkan, Anda mungkin mengalami freezing acak pada Windows 10 tanpa pesan kesalahan atau kesalahan layar biru.

Komputer Windows 10 yang tidak responsif atau freeze adalah masalah umum akhir-akhir ini karena kami tidak mengikuti tugas pemeliharaan PC dasar pada sistem operasi kami.

Nah, ini tidak memerlukan buku komputer, pengguna biasa dapat melakukan tugas pemeliharaan PC hanya dalam beberapa menit.

Jadi, di sini, di artikel ini, periksa informasi lengkap mengapa komputer freeze secara acak Windows 10 dan cara memperbaiki masalah freezing Windows 10 .

Mengapa laptop Windows 10 Saya freeze Secara Acak

Yah ada berbagai alasan yang menyebabkan sistem freeze, macet, hang atau bekerja lamban dan menyebutkan setiap alasan itu tidak mungkin.

Inilah beberapa alasan umum untuk masalah freezing komputer acak:

  • Karena driver sistem yang sudah ketinggalan zaman
  • Infeksi virus atau malware
  • Kurangnya ruang memori
  • Sistem terlalu panas
  • Perangkat lunak usang
  • Masalah hard drive
  • Menjalankan program yang tidak perlu
  • Tidak menginstal pembaruan Windows terbaru

Jadi, diatas adalah beberapa alasan umum yang menyebabkan sistem Windows 10 mulai freeze / mogok atau lambat. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop freeze windows 10?

6 cara cara mengatasi laptop freeze windows 10

1. Kosongkan Lebih Banyak Ruang Disk

Salah satu alasan yang mungkin adalah bahwa Windows 10 berjalan pada ruang disk yang rendah. Jika ini masalahnya, Anda memiliki banyak pilihan untuk mengatasinya.

  • Bersihkan File Sementara
  • Jalankan Pembersihan Disk Windows 10
  • Perpanjang Partisi Sistem

Anda juga dapat mencoba memperluas partisi sistem. Dengan lebih banyak ruang kosong ditambahkan, masalah freezing Windows 10 dapat dihapus. Anda bisa mendapatkan manajer partisi terbaik MiniTool Partition Wizard Pro untuk melakukan pekerjaan ini.

Ini berfungsi dengan baik dalam ekstensi partisi sistem tidak peduli ada ruang yang tidak terisi pada drive yang sama atau tidak. Selama partisi pada drive yang sama memiliki ruang kosong, MiniTool Partition Wizard sangat membantu.

2. Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem

Jika beberapa file sistem rusak atau hilang, Windows 10 akan freeze secara acak. Hal baiknya adalah Microsoft memudahkan Anda untuk mendapatkan kembali file sistem asli dengan Pemeriksa Sistem File bawaan.

Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Pada menu Start Windows 10, jalankan Command Prompt sebagai administrator. Kemudian izinkan untuk membuat perubahan pada PC ini.
  2. Di jendela Command Prompt, ketik ” sfc /scannow ” tanpa tanda kutip dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda.
  3. Windows akan memindai sistem Anda untuk mencari file yang rusak dan mencoba untuk memperbaikinya. Anda akan melihat hasil akhir ketika proses mencapai 100%. Jadi harap bersabar.

Jika tidak ada masalah yang ditemukan atau perbaikan ini tidak membantu, lanjutkan dengan cara mengatasi laptop freeze windows 10 ketiga.

3. Perbarui Semua Driver Perangkat

Memperbarui driver ke yang terbaru selalu menjadi salah satu pilihan ketika sistem operasi berjalan tidak normal. Di sini Anda dapat melakukan hal-hal sederhana berikut:

  1. Klik menu Start Windows 10, klik ” Run “, ketik ” devmgmt.msc ” dan tekan ” OK “.
  2. Perluas kategori untuk menemukan nama perangkat Anda. Kemudian klik kanan padanya dan pilih ” Perbarui Perangkat Lunak Driver… “
  3. Di jendela pop-up, pilih ” Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui “. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang aktif.
  4. Ulangi untuk menyelesaikan pembaruan driver lainnya.

4. Jalankan Pemeriksaan Memori

Jalankan ” mdsched.exe ” dan tekan ” OK “.
Klik ” Mulai ulang sekarang dan periksa masalah (disarankan) ” untuk segera memeriksa masalah.

Jika Anda ingin memeriksanya nanti, klik ” Periksa masalah saat berikutnya saya memulai komputer saya “.
Windows kemudian akan restart, dan Anda akan melihat halaman ini menunjukkan kemajuan pemeriksaan dan jumlah lintasan yang akan dijalankan di memori.

Jika Anda tidak melihat kesalahan apa pun di sini, kartu memori Anda mungkin bukan masalahnya, dan Anda harus mencoba cara mengatasi laptop freeze windows 10. Yang lain

5. Sesuaikan Memori Virtual

Memori virtual adalah kombinasi dari RAM Anda dan sebagian dari hard drive Anda. Hal ini terutama digunakan untuk memperpanjang memori fisik komputer Anda.

Ketika komputer Anda kehabisan RAM, Windows menggunakan memori virtual untuk penyimpanan file sementara. Jika RAM tidak mencukupi menyebabkan Windows 10 freeze secara acak, Anda dapat menyesuaikan memori virtual.

  1. Klik kanan ” PC ini ” dan pilih ” Properti “. Kemudian pilih ” Pengaturan sistem lanjutan ” dari panel kiri.
  2. Buka tab ” Lanjutan ” dan klik ” Pengaturan “.
  3. Buka tab ” Lanjutan ” lagi dan pilih ” Ubah… ” di bawah bagian Memori virtual.
  4. Pastikan ” Secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk semua drive ” TIDAK dicentang. Kemudian pilih partisi yang telah diinstal Windows (biasanya C 🙂 dan masukkan Ukuran awal dan Ukuran maksimum untuk memori virtual Anda:
  5. Setelah Anda mengonfigurasi nilai memori virtual Anda, klik ” Set ” dan kemudian ” OK ” untuk melanjutkan.

6. Matikan Manajemen Daya Status Tautan

Link State Power Management adalah mekanisme penghematan daya. Dikatakan bahwa menonaktifkan Link State Power Management efektif dalam perbaikan freezing Windows 10 terutama di mana Kartu Grafis NVIDIA/AMD digunakan.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  1. Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run.
  2. Ketik ” powercfg.cpl ” lalu tekan ” OK “.
  3. Temukan rencana daya Anda dan kemudian klik ” Ubah pengaturan rencana “.
  4. Pilih ” Ubah pengaturan daya lanjutan “.
  5. Cari kategori ” PCI Express ” dan kemudian perluas, ubah pengaturan ” Link State Power Management ” menjadi ” Off “.
  6. Klik ” OK ” dan kemudian ” Terapkan “.

kesimpulan

Freezing di laptop atau komputer dengan windows 10 memang sudah biasa terjadi, apalagi jika laptop yang di gunakan sudah lama di pakai. Tetapi jan kwatir tentang itu.

Metode untuk cara mengatasi laptop freeze windows 10 di atas mungkin akan berhasil untuk mengatasi masalah windows freeze. Kunjungi terus sanepo.com untuk mengetahui berbagai informasi yang akan berguna.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *