Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Paling Mudah Hanya 6 Langkah

  • Whatsapp
Cara Mengaktifkan Webcam Laptop Paling Mudah Hanya 6 Langkah

pada kesempatan kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara mengaktifkan webcam laptop yang bisa kamu lakukan mengikuti panduan di bawah.

Webcam atau kamera laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kamu yang melakukan kegiatan dengan bantuan laptop.

Namun banyak pengguna yang mengeluh mengenai kamera laptop yang sulit dioperasikan atau sulit menemukan aksesnya.

advertisement

Ada beberapa laptop yang memiliki kamera bawaan yang jelek, sehingga kamu harus menggunakan webcam eksternal agar dapat melakukan kegiatan dengan gambar dan suara yang jelas.

Cara mengaktifkan webcam laptop juga sangat mudah kamu lakukan yaitu dengan menu Setting atau pengaturan yang sudah tersedia di berbagai laptop.

Ada beberapa jenis dan merk laptop yang sudah di lengkapi dengan kamera. Fitur tersebut, bisa kamu gunakan ketika ingin melakukan panggilan video di kamera laptop.

advertisement

Fitur kamera yang tersedia di laptop juga memiliki resolusi pixel yang berbeda beda dan dapat diukur dengan satuan mengapixel atau MP.

Jika resolusi pixel kamera laptop kamu semakin besar, maka akan semakin bagus juga kualitas gambar yang ditangkap oleh kamera laptop kamu.

Fitur kamera tersebut juga tidak selalu menyala. Kamera laptop akan aktif secara otomatis ketika kamu menggunakan aplikasi atau software di laptop yang akan mendukung akses kamera tersebut.

advertisement

Tapi jika kamera laptop kamu tidak aktif, maka kamu harus mengaktifkanya secara manual.

Kamu bisa mengaktifkan berbagai macam merk laptop kamu dengan menggunakan menu setting.

Cara Mengaktifkan Webcam Laptop

1). Buka menu star atau icon windows pada laptop yang kamu gunakan.

Bacaan Lainnya
advertisement

2). Pilih camera dari list aplikasi yang terlihat pada laptop kamu. Jika kamu tidak menemukanya, kamu bisa pilih icon roda gigi untuk membuka menu settings.

Kamu juga dapat membuka menu pengaturan dengan cara tekan tombol kombinasi antara Windows dan I.

3). Setelah itu, pilih menu Privacy, kamu bisa menemukan menu tersebut dengan mengetik Privac pada bagian kolom pencarian.

advertisement

4). Klik menu camera yang ada di bagian kiri layar laptop. Setelah kamu mengklik menu tersebut, maka akan muncul tampilan menu untuk mengatur kamera laptop.

5). Kemudian geser saklar “camera access for this device” yang berada di bagian atas untuk mengaktifkan kamera laptop yang kamu gunakan.

6). Kamu juga dapat mengatur akses kamera ke perangkat lunak atau software di bagian bawah. Tetapi, jika kamu tidak ingin mengaktifkanya, kamu bisa mematikan saklar tersebut.

advertisement

Jika kamu pengguna kamera webcam ekternal, kamu harus mematikan webcam tersebut secara manual agar webcam eksternal yang kamu gunakan tidak dapat diakses oleh hacker.

Cara Mematikan Webcam Eksternal

1). Tekan menu star atau icon windows yang ada di laptop kamu.

2). Kemudian ketik Device manager pada kolom pencarian, ketika kamu sudah menemukanya kamu tinggal menekan tombol Enter.

advertisement

3). Setelah itu, cari camera yang ada di bagian daftar perangkat. Jika kamu sudah menemukanya, kemudian pilih kamera Webcam yang sudah terinstal.

4). Pada bagian kamera webcam, klik kanan dan pilih Disable device.

Penutup

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengaktifkan webcam laptop yang bisa kamu coba lakukan dengan cara mudah yang kami sampaikan diatas.

advertisement

Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan dengan menggunakan fitur kamera di laptop.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *