3 Cara Mengaktifkan Gyroscope di HP yang Tidak Support

cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support
cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support

Mungkin sebagian besar dari kita pernah bertanya, apakah ada cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support? Karena tidak semua hp memiliki sensor gyroscope. Sehingga banyak yang menginginkan menggunakan sensor ini untuk kelancaran bermain game. 

Tapi kamu tahu tidak sih apa itu sensor gyroscope? Sensor gyroscope adalah sebuah sensor di smartphone yang akan mengukur tingkat orientasi ponsel dengan cara mempertahankan momentum sudut. 

Sensor ini sangat dibutuhkan saat bermain game. Karena bisa meningkatkan skill seorang player saat bermain game. Saat kita menggerakan hp, maka karakter di dalam game serta sudut penglihatan juga akan berubah. Jadi kita bisa menyesuaikan sendiri tingkat kenyamanan saat memainkan game. 

Sebelum kamu tahu cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support, lebih baik simak terlebih dahulu cara mengecek sensor gyroscope di semua hp android. 

Cara Cek Gyroscope Di Hp Android

3 Cara Mengaktifkan Gyroscope di HP yang Tidak Support 2022
cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support

Sebenarnya untuk mengetahui hp kita memiliki sensor gyroscope atau tidak itu sangat mudah. Kita bisa melihat spesifikasi lengkap dari hp tersebut melalui website. Tetapi jika ingin mengeceknya sendiri, kamu memerlukan bantuan aplikasi. Berikut langkah-langkah untuk cek sensor gyroscope. 

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi sensor box for android di play store.
  • Kemudian buka aplikasi tersebut. 
  • Di halaman awal, kamu akan disuguhkan dengan berbagai sensor yang ada di hp kamu. Misalnya saja seperti sensor accelerometer, cahaya, proximity, temperatur, gyroscope, dan lain sebagainya. 
  • Perhatikan baik-baik, jika ada tanda lingkaran yang dicoret, berarti tandanya hp kita tidak memiliki sensor tersebut. 
  • Tetapi jika tidak ada tanda tersebut maka hp kita memiliki sensor gyroscope. 
  • Kamu hanya perlu mengklik atau menekan sensor gyroscope tersebut. 
  • Kemudian mencobanya dengan menggerakkan atau memiringkan hp.
  • Nantinya kotak yang berwarna ungu biru kemerahan tersebut akan ikut berputar mengikuti gerakan tangan atau layar hp.

Perlu diketahui, jika terdapat tanda lingkaran yang dicoret, maka menu sensor tersebut tidak dapat dibuka. 

Cara Mengaktifkan Gyroscope Di Hp Yang Tidak Support

Sensor gyroscope merupakan bagian dari hardware smartphone. Oleh karena itu, jika hp kamu tidak memiliki sensor ini, maka tidak akan bisa ditambahkan sensor gyroscope. 

Meskipun kamu dapat mengaktifkan virtual gyroscope dengan cara mendownload aplikasi, tetapi pengaruhnya tidak akan semaksimal seperti gyroscope hardware. Bahkan ada youtubers yang mengatakan menginstal virtual gyroscope sangat sia-sia karena tidak akan berpengaruh apapun. 

Tapi ada juga yang berpendapat bahwa virtual sensor gyroscope sangat berpengaruh dan dapat bekerja dengan baik di semua hp yang tidak support. Walaupun dirasa masih kurang, tetapi dirasa mending dan membantu saat bermain game. 

Seperti apa sih cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support? Mari simak penjelasan dari sanepo berikut ini. 

Download Gyroscope Sensor For Android

Apabila hp kamu tidak memiliki sensor gyroscope, jangan khawatir. Karena kamu bisa mengaktifkan virtual gyroscope hanya dengan menjalankan sebuah aplikasi. Tutorial sanepo kali ini juga bekerja untuk Cara agar hp support gyroscope pubg. Kira-kira seperti apa sih caranya? 

3 Cara Mengaktifkan Gyroscope di HP yang Tidak Support 2022
hyper gyro
  • Pertama, kamu buka play store dan cari aplikasi hyper gyro
  • Buka aplikasi tersebut kemudian ikuti pengaturannya sesuai di aplikasi
  • Setelah itu, jangan dikeluarkan. Kamu hanya perlu menekan tombol home agar aplikasi tetap bekerja di latar belakang smartphone. 
  • Kemudian, kamu bisa langsung memainkan game seperti PUBG, CODM, dan lainnya. 
  • Maka sensasi gyroscope dari aplikasi tersebut akan bekerja secara efektif saat kamu memainkan game. 
  • Aplikasi ini bisa kamu coba dan unduh secara gratis. Apalagi aplikasi tersebut sangat legal dan bisa digunakan oleh siapapun. 

Penutup 

Demikian penjelasan sanepo terkait cara mengaktifkan gyroscope di hp yang tidak support. Sudah jelas bukan kalau gyroscope yang tertempel pada smartphone merupakan bagian dari hardware. Meski begitu kamu bisa mengunduh aplikasi di atas agar bisa membuat sensasi gyroscope terasa.