6 Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan Saat Pandemi

  • Whatsapp
Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan Saat Pandemi
ilustrasi gambar: penerimaan paket barang dari pengantar atau kurir

Sanepo media – memang sangat penting sekali untuk mengetahui beberapa Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan, agar kamu tetap terjaga dari terjangkitnya virus berbahaya ini.

Sebelum munculnya pandemi virus corona, banyak masyarakat Indonesia yang sudah menggunakan metode belanja online.

Belanja online dinilai dapat menghemat waktu dan memberikan kemudahan dalam mencari barang dagangan.

advertisement

Sejak pecahnya epidemi, metode belanja online menjadi semakin populer. Bagaimana tidak, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Artinya, aktivitas belanja di pasar dan mal harus dikurangi. Meski belanja online relatif aman, karena tidak perlu berada di keramaian atau bepergian ke luar rumah, risiko penularan COVID-19 tetap ada.

Risiko penularan dapat terjadi saat kamu menerima paket belanja online, karena kuman seperti bakteri dan virus dapat menempel pada paket tersebut dan kemudian mencemari tangan kamu.

advertisement

Kuman di tangan kamu dapat menginfeksi tubuh kamu, bahkan bisa membuat kamu sakit.

selain itu, Virus Corona mudah menular melalui udara. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa virus ini juga dapat ditularkan melalui droplet atau aerosol dan melalui penularan melalui permukaan, saat menyentuh permukaan tempat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Lantas, bagaimana cara menerima paket dari kurir sesuai protokol kesehatan. Tentu saja, bakteri atau virus dapat menempel pada kemasan dan kemudian mencemari tangan kamu.

advertisement

Apakah Paket Bisa Menularkan Virus Covid19?

Kepala Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Dr. Ian William mengatakan belum ada penelitian yang membuktikan bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan. COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan menyebar dari orang ke orang.

“Bahkan jika virus itu ada dalam makanan, sistem pencernaan kamu akan membunuhnya,” kata William seperti dikutip CNN.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS juga menulis hal yang sama di situsnya. Ia menjelaskan, belum ada laporan bahwa COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan.

Bacaan Lainnya
advertisement

Dikutip dari laman SehatQ, peluang virus corona muncul di permukaan barang, seperti plastik dan kemasan makanan, sangat tipis.

Oleh karena itu, potensi risiko penyebaran virus corona dari produk makanan yang dikemas secara online atau dikemas juga rendah.

untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa cara menerima paket dari kurir sesuai protokol kesehatan ini.

advertisement

dan berikut cara menerima paket dari kurir sesuai protokol kesehatan yang bisa kamu lakukan agar tidak terjangkit virus corona ini.

6 Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan

1. Tidak Menerima Barang Secara Langsung

Jika tidak memungkinkan dan harus diterima secara langsung, tetap ikuti protokol kesehatan saat bertemu dengan kurir.

Kenakan masker gkamu, jaga jarak darinya, dan sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan pengirim barang yang kamu pesan.

advertisement

Interaksi langsung menjadi salah satu faktor utama penularan virus corona. Melalui interaksi langsung seseorang dapat tertular virus melalui droplet (batuk cair, bersin, air liur) yang menempel pada anggota tubuh dan pakaiannya.

Oleh karena itu, dengan tidak berinteraksi secara langsung, risiko penularan MERS-CoV dapat ditekan secara optimal.

Sarankan kurir atau kurir untuk meletakkan paket di depan pintu kamu. Dengan cara menerima paket dari kurir sesuai protokol kesehatan ini, interaksi langsung dengan orang lain akan dihindari.

advertisement

Sediakan tempat atau wadah khusus di dekat pagar rumah atau balkon agar tidak langsung diterima dari kurir.

Mintalah perusahaan pengiriman untuk menempatkan paket kamu di tempat yang disediakan.

2. Tetap gunakan masker

Jadi bagaimana jika kamu sudah menerima paket yang dikirim? Tentunya protokol kesehatan yang ketat harus diikuti dengan menggunakan masker dan menjaga jarak aman.

advertisement

Pakailah masker yang sudah terstkamurisasi dan teruji untuk menghindari menetes. Selain itu, jarak aman juga sangat penting untuk menghindarkan kamu dari berbagai kemungkinan terpapar Covid-19 akibat interaksi ini.

Jarak minimal 1,5 meter jelas merupakan hal terbaik yang harus dilakukan untuk menghindari paparan virus dan agar 3M tetap berjalan.

3. Bersihkan kemasan dan kenakan sarung tangan

Setelah menerima paket yang sudah sampai, pastikan kamu menerima paket dengan selamat. kamu dapat membuka kemasan luar dengan membuangnya ke tempat sampah luar bersama-sama.

advertisement

Kemudian kamu bisa menyemprot kemasan yang sudah dibuka dengan disinfektan untuk mengurangi risiko terpapar virus corona.

Bagi yang mengirimkan makanan, kemaslah barang yang akan dikirim serapi dan seaman mungkin dan semprot bagian luar kemasan dengan disinfektan agar kemasan tetap dalam kondisi steril.

Kenakan sarung tangan saat menyentuh paket. kamu bisa menggunakan sarung tangan atau sarung tangan kain sekali pakai.

advertisement

Jika kamu menggunakan sarung tangan sekali pakai, segera buang setelah kemasan dibuka. Namun jika kamu menggunakan sarung tangan yang terbuat dari kain, kamu haru segera segera mencuci tangan setelah menyentuh paket yang diterima.

cara menerima paket dari kurir sesuai protokol kesehatan ini bisa kamu terapkan agar kamu tidak terkena virus covid 19 saat menerima paket.

4. Semprotkan paket yang diterima dengan disinfektan

Saat menerima paket, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menyemprotnya dengan disinfektan atau sterilisasi.

advertisement

Hal ini tentunya agar virus dan kuman yang ditularkannya akan segera mati dan mengurangi kejadian penularan virus dengan cepat.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa virus berinteraksi dengan cairan kimia yang menyebabkan virus mudah dimusnahkan.

Oleh karena itu, sebaiknya semprotkan di tempat yang jauh dari jangkauan anggota keluarga sebelum membuka kemasan.

advertisement

5. Buka paket dengan gunting atau gunting khusus

kamu juga dapat membuka paket dengan gunting atau pemotong khusus. Jadi kamu tidak akan langsung membuka paket dengan tangan kosong.

Gunting atau pembuka bungkusan ini tidak boleh digunakan untuk keperluan lain, sehingga dimaksudkan untuk membuka bungkusan. Jangan lupa untuk mencuci gunting atau cutter setelah digunakan.

Kemudian keringkan dengan kain atau tisu agar tidak mudah berkarat dan menimbulkan masalah baru saat digunakan setelahnya.

advertisement

6. Cuci tangan kamu setelah membuka paket

Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan yang terakhir yang bisa kamu lakukan agar tetap aman saat membuka paket belanja online adalah mencuci tangan setelah membuka paket.

Meski kemasan sudah disterilkan sebelumnya, tidak ada salahnya untuk tetap mencuci tangan setelah berhasil membuka kemasan.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk membersihkan kuman yang masih menempel di tangan.

advertisement

Penutup

kita patut waspada terhadap virus covid 19 karena sudah banyak yang terkena virus mematikan ini.

Terlebih lagi jika kamu suka berbelanja online, tips dan trik Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan di atas bisa kamu terapkan.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menerima Paket dari Kurir Sesuai Protokol Kesehatan. Semoga bisa membantu.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *