8 Cara Menambah Kecepatan Wifi Di Router Semua Tipe Paling Mudah

  • Whatsapp
8 Cara Menambah Kecepatan Wifi Di Router Semua Tipe Paling Mudah
8 Cara Menambah Kecepatan Wifi Di Router Semua Tipe Paling Mudah

kali ini tim sanepo akan membahas tentang cara menambah kecepatan wifi di router agar internet yang kamu gunakan tidak lemot lagi.

sangan menjengkelkan untuk menjalankan tes kecepatan dan menemukan bahwa kamu hanya mendapatkan setengah dari kecepatan internet yang diiklankan oleh penyedia paket wifi kamu.

Untungnya, ada beberapa cara menambah kecepatan wifi di router yang bisa kamu lakukan dengan membaca artikel ini.

advertisement

Yang diperlukan hanyalah pemahaman dasar tentang bagaimana jaringan kamu beroperasi. Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat meningkatkan kecepatan wifi di router secara signifikan dengan sedikit atau tanpa uang tambahan.

Di sini, tim sanepo akan menjelaskan bagaimana jaringan WiFi kamu beroperasi dan membahas beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan kecepatan internet kamu.

Cara Menambah Kecepatan Wifi Di Router

1. Reboot Otomatis

Sebagian besar router yang lebih baru tidak perlu di-boot ulang secara teratur. Namun, jika kamu pernah mengalami koneksi internet lambat atau bahkan mati, sering kali hanya perlu me-reboot router untuk membuat kamu kembali aktif dan berjalan.

advertisement

Atur untuk mem-boot ulang sekali sehari saat kamu tidur, dan kamu bahkan tidak akan pernah melihat waktu henti saat router mati dan mulai kembali.

2. Ganti Antena Router

Antena pada sebagian besar router tingkat konsumen sangat buruk. Antena aftermarket yang diperkuat adalah perbaikan yang bagus.

dan cara menambah kecepatan wifi di router sederhana (dan dengan demikian meningkatkan kecepatan) tanpa memerlukan router wifi baru.

advertisement

Opsi aftermarket bertenaga dan diperkuat mulai dar hargai sekitar Rp.100.000 sampai dengan Rp 1 jutaan.

Cara menambah kecepatan wifi di router
Beli di lazada : Rp. 125.000

Extender jangkauan plug-in sedikit lebih mahal, tetapi mereka bertindak sebagai antena bertenaga dan repeater nirkabel dalam satu.

Mereka dapat menawarkan peningkatan yang signifikan untuk rumah dengan zona mati atau degradasi sinyal, tetapi jarak tempuh mungkin berbeda.

Bacaan Lainnya
advertisement

3. Nonaktifkan Protokol Nirkabel Lama

Bagaimana kamu mengoptimalkan pengaturan router untuk kecepatan? Salah satu hal pertama yang dapat kamu pertimbangkan adalah mematikan protokol nirkabel lama.

Router yang lebih baru pada protokol 802.11ac menawarkan kemampuan yang jauh melebihi penawaran layanan banyak ISP.

Meskipun router mungkin cepat, banyak perangkat kamu mungkin menggunakan protokol lama seperti 802.11g yang memperlambat seluruh jaringan segera setelah perangkat ini terhubung.

advertisement

Idealnya, kamu harus menghapus perangkat apa pun yang kamu lihat menggunakan protokol b atau g.

Protokol tercepat, dalam urutan tercepat ke paling lambat, adalah ac > n > g > b.

kamu bisa menanyakan tentang hal ini kepada penyedia layanan wifi yang sedang kamu gunakan.

advertisement

4. Perbarui Router

Salah satu cara menambah kecepatan wifi di router yangs sering di lupakan adalah memastikan router kamu selalu menjalankan perangkat lunak dan firmware terbaru dari pabrikan.

Tentu, pembaruan biasanya merupakan perbaikan keamanan, tetapi mereka tidak akan tiba-tiba membuat router kamu sangat cepat.

Namun, setiap keuntungan tambahan dapat membantu. Jika kamu tidak memperbarui dalam beberapa saat, kamu mungkin melihat lebih banyak dorongan daripada yang kamu harapkan.

advertisement

5. Percobaan Dengan Lokasi Router

Ini bukan hanya tentang menemukan pengaturan router terbaik untuk internet cepat. kamu juga perlu mempertimbangkan di mana kamu menempatkan router kamu di rumah kamu.

cara menambah kecepatan wifi di router

Karena router bersaing dengan setiap perangkat 2,4GHz dan/atau 5GHz lainnya di wilayah kamu, gerakan halus sering kali membuat perbedaan besar.

Selain itu, bahan bangunan rumah kamu dapat mengganggu sinyal nirkabel. Dinding beton padat terkenal sulit untuk dilewati koneksi Wi-Fi.

advertisement

6. Optimalkan Pengaturan Saluran Router kamu

Sudahkah kamu mempertimbangkan untuk mengubah saluran router? Ada banyak alat gratis yang akan memindai gelombang udara lokal untuk saluran dengan gangguan paling sedikit. Mereka kemudian akan menyarankan saluran mana yang harus kamu alihkan.

kamu perlu mengubah saluran dari dalam pengaturan router. Sekali lagi, kamu akan mengetahui cara melakukannya dengan membaca artikel tentang cara mengubah pengaturan router dari penyedia layanan wifi kamu.

7. Ubah Nama Jaringan dan Kata Sandi kamu

Banyak orang yang paham teknologi masih menggunakan nama pengguna dan kata sandi default di router mereka. Bahkan hacker biasa mampu meretas jaringan yang relatif aman dengan kata sandi non-default.

advertisement

Menggunakan kata sandi Wi-Fi yang kuat juga sama pentingnya. Meskipun kamu mungkin melakukan pekerjaan yang baik dengan membagi perangkat kamu menjadi band yang terpisah.

memperbarui firmware kamu, dan berpindah saluran selama periode lalu lintas tinggi, itu semua sia-sia jika tetangga kamu juga menggunakan Wi-Fi kamu dan menggunakannya untuk internetan.

8. Instal Firmware Baru

Banyak router menjaga pengaturan relatif dummy-proof sehingga kamu tidak menyebabkan masalah apa pun.

advertisement

Meskipun ini bagus untuk sebagian besar pengguna, terkadang kamu hanya ingin sedikit mengotak atik pengaturan sampai kamu menjalankan router yang jauh melebihi label harganya.

Penutup

Ingatlah bahwa jika kamu tetap menggunakan perangkat keras ISP kamu, menginstal firmware baru bukanlah suatu pilihan. Itulah salah satu alasan ide yang baik untuk mengganti router ISP kamu dengan yang dibeli di toko.

demikian sedikit informasi yang dapat tim sanepo sampaikan mengenai cara menambah kecepatan wifi di router, semoga bisa membantu.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *