Cara Memperbaiki Ponsel Android Sering Restart/Mati Sendiri 100% Work

  • Whatsapp
Memperbaiki Ponsel Android Sering Restart
Advertisement
Advertisement

Android merupakan salah satu sistem operasi perangkat mobile yang populer saat ini. Di bandingkan dengan iOS , Android lebih sedikit populer. Sebab sudah kita ketahui di Indonesia sendiri pengguna ponsel android lebih banyak di bandingkan pengguna iPhone. Selain open source , android juga memiliki banyak aplikasi yang tersedia secara gratis. Sehingga tidak heran bila banyak sekali pengguna ponsel android.

Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan dengan ponsel android. Dari mulai membuka media sosial, browsingan di internet, chattingan via aplikasi chatting, melihat email masuk, menonton video, mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi.

Advertisements

Sebagai alat atau device yang sering kita gunakan setiap harinya. Tak jarang kadang sebuah ponsel android yang biasa kita gunakan tersebut mengalami permasalahan baik masalah software maupun hardware.

Advertisements

Seperti salah satu permasalahan yang sering terjadi pada ponsel android ialah sering restart atau mati dengan sendirinya. Pernahkah Anda mengalami permasalahan seperti ini pada ponsel android Anda ?

Jika Anda pernah mengalaminya, pastinya Anda merasa kesel dengan permasalahan ini. Macem mana tidak bisa kesel , Lagi asiknya main ponsel eh tiba – tiba ponsel nya ter-restart atau mati sendiri.

Kita ketahui semua permasalahan pasti memiliki sebab. Untuk permasalahan ponsel android sering restart atau mati sendiri ini pun ada penyebab. Berikut ini kami berikan beberapa penyebab ponsel android sering restart atau mati sendiri.

Bacaan Lainnya

Advertisements

Penyebab Ponsel Android Restart/Mati Sendiri

  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan atau terbuka di latar belakang. Hal ini dapat memakan jumlah RAM yang berlebihan. Tidak hanya itu, juga dapat menghambat kinerja processor. Sehingga kinerja processor ponsel android semakin lambat. Maka tak heran bila sering di dahului terjadi lelet atau lemot sebelum ponsel android ter-restart secara sendirinya.
  2. Ponsel android terlalu panas sehingga sistem memaksa untuk mematikan ponsel android secara otomatis meski dalam keadaan hidup.
  3. Penggunaan yang berlebihan pada CPU, Memory RAM dan GPU, ponsel android. Sehingga menyebabkan ponsel android sering restart atau mati sendiri.
  4. Usia ponsel sudah tua sehingga tidak heran bila banyak sekali terjadi permasalahan pada ponsel android. Salah satunya permasalahan ponsel android sering ter-restart sendiri.
  5. Ponsel android tersebut terjaring virus. Biasanya virus yang masuk ke ponsel android bisa saat browsingan di internet atau berbagi data dengan bluetooth atau masih banyak lagi. Coba cek dan hapus virus yang ada pada ponsel android, bisa dengan menggunakan aplikasi antivirus. Banyak kok aplikasi antivirus yang ada di google play store.
  6. Terlalu banyak sampah file yang ada pada ponsel android. Hal ini sebenarnya dapat menghambat kinerja ponsel android. Dampak buruknya bisa memperlambat kinerja ponsel android dan seperti permasalahan ini dapat juga membuat ponsel android sering restart atau mati sendiri.
  7. Mungkin ada komponen dalam/hardware pada ponsel android yang rusak. Sehingga dapat menyebabkan ponsel android sering restart atau mati sendiri.
  8. Konektor penghubung baterai ponsel android longgar. Sehingga dapat menyebabkan ponsel android sering mati sendiri. Biasanya hal ini terjadi karena Andakeseringan membuka pasang baterai ponsel android.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan ponsel android sering restart/mati dengan sendirinya. Perlu di ketahui juga, sebenarnya masih banyak lagi penyebabnya lainnya. Sebelum dapat memperbaikinya , pastikan Anda sudah tahu penyebabnya. Setelah sudah tahu penyebabnya , maka Anda dapat dengan mudah memperbaikinya. Bukannya begitu Anda ?

Oke seperti pada postingan kali ini , sebenarnya disini kami akan membagikan Cara Memperbaiki Android Sering Restart/Mati Sendiri 100% Work. Bagi Anda yang memiliki ponsel android sering restart atau mati dengan sendirinya.

Maka beberapa cara yang kami bagikan di bawah ini mungkin dapat bermanfaat buat Anda. Langsung saja simak cara – caranya.

Advertisements
Advertisements

Cara Memperbaiki Android Sering Restart/Mati Sendiri 100% Work

Cek Apakah Android Kita Terkena Virus

Virus merupakan salah satu penjahat yang mematikan baik itu pada komputer maupun android. Jangan hanya beranggapan komputer saja yang dapat di serang virus, ponsel android juga dapat terkena virus.

Ponsel android yang terkena virus bisa di sebabkan karena ada aplikasi yang  terinstall di android Anda dan aplikasi tersebut mengandung virus di dalamnya. Dan masih banyak lagi penyebab masuknya virus pada android.

Intinya bila ponsel android sudah terkena virus maka akan menyebabkan android tersebut lelet atau lemot, dan bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat ponsel android sering restart atau mati dengan sendirinya.

Advertisements

Pastinya Anda tidak mau kan bila ponsel android Anda sering restart atau mati secara otomatis. Bayangkan , saat Anda lagi asik main ponsel, eh tiba2 ponsel restart dengan sendirinya. Oleh sebab itu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Anda dapat menghilangkan virus pada ponsel android Anda. Salah satu aplikasi yang berguna untuk mengusir virus pada android ialah aplikasi AVG Antivirus. Anda dapat mendownload aplikasi ini di google play store.

Memperbaiki Ponsel Android Sering Restart

Advertisements

Kontrol Terus Ruang Penyimpanan (Pastinya Ruang Penyimpanan Tidak Penuh)

Kontrol terus ruang penyimpanan pada android Anda , baik itu penyimpanan internal maupun eksternal. Tapi yang paling penting ialah internal. Anda dapat menghemat penyimpanan internal dengan tidak banyak menginstall aplikasi pada android.

Anda juga dapat memindahkan aplikasi yang tadinya terletak di internal menjadi eksternal. Sehingga penyimpanan internal pada android Anda sedikit lapang. Karena biasanya salah satu penyebab ponsel android sering restart atau mati sendiri ialah penuhnya ruang penyimpanan pada android salah satunya pada memori internal.

Stop atau Hentikan Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Latar Belakang

Sudah kita ketahui semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem android, Maka akan memperlambat atau membuat lelet ponsel android tersebut sebab akan memakan banyak ram. Sebenarnya tak hanya membuat lelet ponsel android, masih banyak lagi masalah lainnya.

Advertisements
Advertisements

Dan salah satu permasalahan lainnya ialah terjadinya permasalahan ponsel android ter-restart atau mati dengan sendirinya. Jika Anda pernah mengalami ponsel android restart atau mati dengan sendirinya. Maka salah satu penyebabnya ialah hal ini.

Yakni banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang android. Sehingga untuk memperbaikinya Anda dapat Stop atau Hentikan Aplikasi Yang Sedang Berjalan di Latar Belakang Sistem Android Tersebut. Anda dapat menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut lewat pengaturan > aplikasi yang sedang berjalan > hentikan/force close.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi cleanmaster untuk menghentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang aplikasi android. Kelebihan aplikasi ini ialah Anda dapat menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Sehingga dapat mempercepat proses pemberentian aplikasi.

Advertisements

UnInstall Aplikasi Tak Berguna

Jika ponsel android Anda sudah banyak terinstall aplikasi , Maka Anda dapat mengun-install aplikasi yang tak berguna terlebih dahulu. Sebab semakin banyak aplikasi yang terinstall dan ruang penyimpanan hampir penuh pada android.

Maka akan membuat android tersebut lelet atau lemot. Tak hanya membuat lelet atau lemot bahkan lebih parahnya lagi dapat mengalami restart atau mati dengan sendirinya pada ponsel android milik Anda. Jadi Anda dapat uninstall aplikasi yang jarang Anda gunakan atau kalau perlu uninstall aplikasi bawaan yang jarang Anda gunakan. Karena aplikasi bawaan tidak dapat di uninstall , Anda dapat melihat Cara Un-Install Aplikasi Bawaan Pada Android

Matikan Auto-Sync

Fitur Auto-Sync memang sangat berguna sekali bagi kita pengguna android. Tapi sekedar pemberitahuan bahwa fitur Auto-Sync dapat membuat ponsel android lelet atau lambat. Jika ponsel android sudah lambat dan lemot , Maka tidak heran biasanya ponsel android sering terjadi restart secara sendirinya.

Advertisements
Advertisements

Oleh sebab itu untuk mengatasi ponsel android agar tidak restart secara sendirinya maka Anda dapat mematikan fitur Auto-Sync. Anda dapat mematikan fitur Auto-Sync lewat pengaturan > akun > silahkan matikan fitur Auto-Sync.

Bersihkan Data Cache

Silahkan Anda hapus data cache setiap aplikasi android lewat pengaturan > aplikasi > hapus data cache. Atau Anda juga dapat hapus data cache lewat aplikasi cleanmaster.

Kelebihan cara menghapus data cache melalui cleanmaster ialah Anda tidak perlu menghapus data cache satu persatu aplikasi , sebab dengan aplikasi cleanmaster Anda dapat menghapus seluruh data cache aplikasi yang ada pada android.

Advertisements
Advertisements

Bersihkan Cache Partition

Cache partition berfungsi untuk menyimpan proses-proses yang di jalankan oleh sistem operasi, Tujuannya ialah dapat mempercepat android Anda untuk digunakan setelah sudah mati daya atau melakukan restart perangkat. Namun lama – kelamaan cache partition akan menumpuk dan semakin banyak , Sehingga dapat menyebabkan android lelet atau lemot.

Maka tak heran jika ponsel android yang sudah lelet atau lemot tadi sering mengalami restart secara sendirinya. Oleh sebab itu Anda dapat sesekali atau 1 bulan sekali untuk menghapus cache partition lewat menu recovery mode android. Jangan lupa pilih Wipe Cache Partition

Melakukan Factory Reset

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi ponsel android agar tidak lelet sekaligus tidak ter-restart atau mati dengan sendirinya. Akan tetapi ponsel android masih saja tetap lelet dan sering mengalami restart atau mati secara sendirinya.

Advertisements

Maka Anda dapat melakukan factory data reset atau setel ulang ke bawaan pabrik. Fungsinya ialah Anda akan merestart seluruh operasi sistem android tersebut. Sehingga android tersebut akan tampak seperti baru di beli. Jangan kaget bila banyak aplikasi yang hilang.

Sebab seperti sudah kami sebutkan sistem operasi akan di restart seperti semula bawaan pabrik ponsel android tersebut. Untuk setel ulang ponsel android dapat Anda lakukan lewat Pengaturan > Setel Ulang. Anda juga dapat setel ulang atau factory reset lewat fitur Recovery Mode android.

Melakukan Flashing

Anda dapat melakukan flashing untuk mengatasi ponsel android yang sering mengalami restart atau mati secara sendirinya. Setiap type android berbeda – beda cara flashingnya , bagi Anda yang ingin melakukan flashing ponsel android Anda. Maka Anda dapat mencari cara untuk flashing sesuai type android Anda di google.

Advertisements

Silahkan cari di google dengan kata kunci : “Cara Flashing/Install Ulang (jenis android Anda) 100% Work

Demikian lah postingan Admin Sanepo yang sederhana ini mengenai “Cara Memperbaiki Ponsel Android Sering Restart/Mati Sendiri 100% Work”. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pengguna smartphone android.

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *