Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root Dengan Adb, Work Di Semua Tipe Hp Android

  • Whatsapp
Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root Dengan Adb

Pada kesempatan ini tim sanepo akan membagikan tutorial mengenai cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dengan adb yang dapat anda lakukan dengan mengikuti panduan dari kami secara merinci.

Setiap perangkat Android dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pra-instal. Ini adalah aplikasi yang Google atau produsen hp android cerdas Anda ingin Anda gunakan.

Anda mungkin menganggap beberapa di antaranya penting, tetapi bagaimana dengan aplikasi pra-instal yang tidak pernah Anda gunakan?

Aplikasi Android yang tidak diinginkan ini disebut “bloatware” karena sebagian besar tidak dapat dihapus melalui proses penghapusan instalasi tradisional.

Di sini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dengan adb, Tapi pertama-tama, coba nonaktifkan aplikasi default melalui manajemen aplikasi di pengaturan.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Beberapa produsen hp android cerdas mengizinkan Anda untuk menonaktifkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Ini tidak akan menghapus aplikasi dari hp android cerdas Anda, tetapi aplikasi akan berhenti berjalan di latar belakang dan tidak akan muncul lagi di laci aplikasi.

Untuk menonaktifkan aplikasi di perangkat Android Anda, buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi. Sekarang pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan ketuk tombol Nonaktifkan. Metode ini dapat bervariasi tergantung pada perangkat Android yang Anda gunakan.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root Dengan Adb

Mencopot pemasangan beberapa aplikasi sistem dapat berbahaya dan dapat mengakibatkan penutupan paksa atau bahkan perangkat menjadi rusak.

Sebuah aplikasi mungkin bergantung pada aplikasi lain untuk bekerja, jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda copot pemasangannya dan konsekuensi yang mungkin ditimbulkannya.

Sebaiknya jangan main-main dengan beberapa aplikasi inti seperti dialer, pesan, kamera, dll dan hanya hapus instalasi aplikasi yang Anda anggap sebagai bloatware.

1. Mengaktifkan Usb Debugging Di Hp Android Anda

  • Buka aplikasi Pengaturan di hp android Anda dan gulir ke bawah ke Tentang hp android.
  • Ketuk Build Number tujuh kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.
  • Kembali ke menu Settings dan pergi ke System > Developer Options dan aktifkan USB Debugging.

2. Menghubungkan Hp Android Anda Dengan Adb

  • Colokkan hp android Anda ke komputer dan ubah pengaturan USB dari mode Hanya isi daya ke mode Transfer file (MTP).
  • Pastikan Anda telah menginstal ADB di komputer Anda.
  • Di komputer Anda, jelajahi direktori tempat ADB diinstal. Tahan tombol Shift dan klik kanan pada nama direktori dan pilih Open command/PowerShell window here.
  • Jika Anda menggunakan Mac, luncurkan jendela Terminal dan navigasikan ke direktori ADB menggunakan cd (tanpa tanda kurung siku).
  • Sekarang, ketik perangkat adb dan tekan enter.
  • Anda akan melihat sistem memulai daemon ADB. Jika ini pertama kalinya Anda menjalankan ADB, Anda akan melihat perintah di hp android yang meminta Anda untuk mengotorisasi koneksi dengan komputer. Berikan itu.
  • Sekarang, jika Anda menjalankan kembali perintah adb devices, terminal akan mencetak nomor seri perangkat Anda. Jika Anda melihat serangkaian angka, Anda siap untuk melanjutkan.

3. Menemukan nama paket yang akan di-uninstall

  • Di jendela command prompt/terminal, masukkan adb shell dan tekan enter.
  • Kemudian, gunakan perintah berikut:
  • pm daftar paket | grep ”
  • Ini akan mencantumkan semua aplikasi OEM dan operator yang diinstal pada perangkat Anda.

Atau, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bernama App Inspector dari Play Store untuk mengetahui nama paket semua aplikasi yang diinstal di hp android Anda. Instal aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan nama paket akan tercantum di sana. Catat nama paket semua aplikasi yang ingin Anda hapus.

4. Menghapus Instalasi Bloatware

Ini adalah perintah yang perlu Anda gunakan untuk menghapus instalasi aplikasi sistem:
pm uninstall – k — user 0 < name of package >

Perhatikan bahwa Anda harus menjalankan perintah untuk setiap aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya.

kesimpulan

Cara ini memungkinkan Anda untuk menghapus semua aplikasi default di perangkat Android Anda, termasuk aplikasi sistem. Jika Anda berencana untuk menghapus aplikasi sistem, periksa apakah ketidakhadirannya tidak akan mengganggu fungsi perangkat atau aplikasi lain.

Itulah cara hapus aplikasi bawaan tanpa root dengan adb yang bisa tim sanepo sampaikan pada artikel ini, semoga bisa membantu anda untuk menghapus aplikasi bawaan hp android yang tidak akan anda gunakan.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *