Cara Format Flashdisk Lewat CMD Paling Mudah Dilakukan Hanya 5 Langkah

  • Whatsapp
Cara Format Flashdisk Lewat CMD
Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Pada kesematan kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara format flashdisk lewat CMD yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti panduan di bawah.

Kamu menggunakan flashdisk setiap hari untuk berbagai keperluan yang mencakup penggunaan profesional dan pribadi.

kamu dapat menggunakan flashdisk untuk mentransfer file antar komputer, Hp android yang didukung OTG, membuat perangkat yang dapat di-boot untuk pengaturan Windows, dll. dan banyak lagi.

advertisement

Terkadang orang menghadapi masalah saat memformat flashdisk sehingga mereka mulai panik sebelum mendapatkan solusi.

Jika kamu juga menghadapi masalah yang sama, maka kamu bisa menggunakan cara format flashdisk lewat CMD.

Tidak perlu dijelaskan, apa itu Flashdisk USB? USB flashdisk digunakan untuk mentransfer data penting dari satu PC ke PC lainnya maupun ke perangkat android.

advertisement

ketika kamu menghubungkan flashdisk di satu PC ke PC lain maka virus komputer dapat masuk melalui USB dari flashdisk di komputer kamu. Dalam hal ini, kamu perlu memformat USB .

Bagaimana Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Ada beberapa cara di mana kamu dapat memformat USB flashdisk tetapi terkadang metode yang mudah tidak selalu berhasil dan kamu dapat menghadapi masalah terkait dengan memformat flashdisk.

Mengapa Kamu Perlu Memformat Flashdisk?

Ketika USB terhubung dari satu PC ke PC lain, mungkin ada virus dan dapat mentransfer melalui Flashdisk ke yang lain dan PC kamu.

advertisement

Itulah alasan mengapa kamu perlu memformat drive USB kamu dan membersihkannya dari virus.

Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Cara paling dasar dan efektif untuk memformat flashdisk adalah dengan cara format flashdisk lewat CMD.

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara format flashdisk lewat CMD, Sangat mudah jika kamu bisa mengikuti panduan berikut ini:

Bacaan Lainnya
advertisement

Harap sambungkan flashdisk ke komputer dan buka jendela command prompt (CMD) dari kotak RUN. Tekan ” Windows + R ” untuk membuka jendela RUN, ketik “cmd” dan tekan “Enter”. Ini akan membuka jendela prompt perintah.

Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Sekarang kamu perlu mengetikkan ” diskpart ” di jendela CMD dan tekan tombol “Enter”. Kemudian, kamu perlu mengetikkan ” list disk ” dan tekan tombol “Enter”. Kemudian kamu akan mendapatkan daftar drive dari komputer kamu. kamu harus yakin disk mana yang merupakan flashdisk kamu dari sini.

Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Misalkan flashdisk kamu adalah Disk 2, jadi kamu perlu mengetikkan “select disk 2” dan tekan tombol “Enter”. Selanjutnya, kamu perlu mengetikkan ” clean ” dan tunggu beberapa saat hingga flashdisk kamu diformat.

advertisement
Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Kemudian kamu perlu mengetikkan ” buat partisi primer ” dan kemudian tekan tombol “Enter”. Terakhir, ketika partisi dibuat, kamu perlu mengetikkan ” format fs=ntfs ” dan tekan lagi tombol “Enter”. kamu dapat mengubah perintah “ntfs” ke format sistem file yang kamu inginkan seperti fat32, exfat, dll. jika kamu mau.

Cara Format Flashdisk Lewat CMD

Kemudian kamu cukup mengetik ” assign ” untuk menetapkan huruf drive ke flashdisk.

Perlu kamu pahami bahwa, setelah kamu memformat flashdisk menggunakan CMD, semua data akan hilang. Jika kamu ingin melakukan pemulihan flashdisk menggunakan CMD, kamu akan gagal. kamu harus mencoba perangkat lunak berkualitas baik untuk melakukannya.

advertisement

Penutup

diatas merupakan langkah langakh yang bisa kamu ikuti untuk memformat flashdisk yang kamu punya menggunakan cmd.

Semoga postingan tutorial tentang cara format flashdisk lewat CMD ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu.

advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *