cara agar bisa COD di Shopee
cara agar bisa COD di Shopee

SANEPO.COM – Fitur COD memang menjadi fitur yang menarik untuk digunakan. Tapi kamu tahu tidak sih bagaimana cara agar bisa COD di Shopee

Ternyata cara agar bisa COD di Shopee sangat mudah sekali untuk diterapkan. Kamu bisa mencoba cara yang telah sanepo rangkum berikut ini. 

Sebelum masuk ke tutorial cara agar bisa COD di Shopee, alangkah baiknya kamu menyimak tentang sistem pembayaran COD yang ada di aplikasi Shopee. 

Sekilas Tentang Sistem COD Shopee 

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya COD. Metode pembayaran Cash on Delivery atau COD sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Saat ini kamu bisa menggunakan sistem pembayaran COD di aplikasi Shopee. Sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir saat berbelanja online. 

Karena nantinya kamu bisa membayar tagihan saat paket telah datang ke rumah. Hal ini tentu jadi lebih aman dan lebih nyaman untuk pemula. 

Lantas berapa minimal belanja untuk bisa COD Shopee? Berdasarkan informasi yang sanepo dapatkan, aturan menggunakan Shopee COD yakni harus berbelanja minimal pembelian Rp50.000. Sementara maksimal paket yang bisa bayar lewat COD yakni hingga Rp3.000.000. 

Untuk biaya ongkos kirim yang harus dibayar juga cukup murah, yakni 2% untuk Pembeli biasa dan 8% untuk Dropshipper. Aturan ini berlaku mulai 20 Maret 2020.

Kenapa Tidak Bisa COD di Shopee?

cara agar bisa COD di Shopee
cara agar bisa COD di Shopee

Belakangan beberapa pengguna Shopee mengalami kesulitan saat menggunakan fitur Shopee COD. 

Banyak yang bertanya-tanya kenapa Shopee tidak bisa COD 2022? Padahal pengguna tidak melakukan pelanggaran apapun. 

Penyebab pertama yakni karena sudah melebihi batas penggunaan COD. Biasanya hal ini akan memunculkan notifikasi seperti “Maaf kamu telah mencapai batas pesanan COD Shopee”.

Saat kamu mendapatkan notifikasi tersebut, maka sudah tidak bisa lagi menggunakan fitur COD. Kamu harus menunggu hari berikutnya untuk bisa memakai fitur tersebut.

Selain itu, penyebab selanjutnya yakni karena masalah teknis. Hal ini bisa berkaitan dengan sistem yang ada di Shopee. Ketika terjadi maintenance dan perbaikan server, maka akan membuat fitur yang ada di dalamnya bermasalah. 

Cara Agar Bisa COD di Shopee

Sebenarnya untuk bisa menggunakan fitur COD sangat mudah. Cara mengaktifkan fitur COD di Shopee untuk pembeli bisa kamu terapkan saat berbelanja. 

Jadi fitur ini akan secara otomatis aktif ketika kita berbelanja dan memilih metode pembayaran. Lantas bagaimana cara belanja di Shopee COD bagi pemula? Simak tutorial berikut ini. 

  • Pertama silahkan cari produk yang akan kamu beli. Kamu bisa mencarinya dengan ketik nama produk pada kolom pencarian. 
  • Agar kita tahu produk tersebut bisa COD atau tidak, silahkan aktifkan opsi COD untuk memfilter produk. 
  • Kemudian klik produk yang akan kamu beli, dan klik beli. 
  • Pada bagian pengiriman, kamu bisa pilih metode pembayaran COD. 
  • Terakhir, silahkan klik bayar dan konfirmasi. 
  • Dengan begitu maka produk akan dikirimkan ke alamat kamu dan kamu bisa bayar setelah paket data. 

Sekedar informasi, jika paket sudah sampai ke tangan kamu maka kamu wajib membayar total tagihan kepada kurir. 

Cara Mengaktifkan COD di Shopee 2022 untuk Seller 

Bagi kamu yang menjadi seller di Shopee, kamu bisa mengaktifkan fitur Shopee COD dengan mudah. Berikut sanepo telah merangkum caranya yakni. 

  • Pertama silahkan buka aplikasi Shopee kamu. 
  • Kemudian pilih tab Saya, lalu klik Toko Saya
  • Pada bagian Jasa Kirim Saya, silahkan centang ekspedisi yang mendukung sistem COD. 
  • Kemudian silahkan klik Aktifkan COD.
  • Terakhir klik simpan. 
  • Dengan begitu maka fitur COD berhasil diaktifkan. 

Penutup

Demikian tutorial cara agar bisa COD di Shopee. Sekarang kamu sudah bisa mengaktifkan fitur ini dengan mudah. Semoga apa yang sanepo bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Jafarull

Jafarull Afan

Jafarull, geek teknologi, selalu review & update terbaru. Hobinya? Ngulik gadget terkini!