Aplikasi Tidak Bisa Update di Android 10? Ini 5 Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Pengguna Android 10 biasanya mungkin mengalami masalah umum di mana aplikasi tidak dapat diunduh atau diperbarui di ponsel. Ini bisa sangat mengganggu, terutama jika masalah berlanjut lebih lama dari biasanya.

Jika kamu menghadapi masalah seperti itu, jangan khawatir – kami telah melalui semua kemungkinan langkah yang akan membantu kamu memecahkan masalah dan memperbaiki masalah.

Di bawah ini adalah bagaimana kamu dapat memperbaiki masalah aplikasi yang tidak memperbarui pada ponsel kamu yang menjalankan Android 10.

Cara Memperbaiki Masalah Aplikasi Tidak bisa update di Android 10

Pembaruan aplikasi yang tertunda atau macet adalah masalah umum di Android 10. Mereka biasanya terjadi ketika kamu baru saja memperbarui ke versi tersebut.

Jika kamu mengalami masalah dalam memperbarui aplikasi Android kamu, ikuti langkah-langkah pemecahan masalah yang diberikan di bawah ini.

1. Periksa Koneksi Internet

Langkah paling pertama adalah memeriksa apakah kamu memiliki koneksi internet aktif. Jika kecepatan terlalu rendah atau ada masalah dengan konektivitas, Play Store tidak akan mengunduh atau memperbarui aplikasi di ponsel kamu.

Coba sambungkan ke jaringan Wifi berkualitas baik. Jika menggunakan perangkat lunak VPN, coba nonaktifkan untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

2. Periksa Penyimpanan Ponsel kamu

Opsi lainnya adalah memeriksa apakah ada cukup penyimpanan di ponsel Android kamu. Jika ponsel tidak memiliki cukup banyak penyimpanan gratis, kamu tidak akan dapat mengunduh aplikasi baru atau memperbarui aplikasi yang ada di Google Play Store.

Untuk memeriksa penyimpanan, buka Pengaturan> Penyimpanan. Di sini, kamu akan melihat distribusi penyimpanan mendetail, termasuk jumlah penyimpanan gratis dan yang ditempati. Biasanya, kamu harus memiliki sekitar 10% penyimpanan gratis di ponsel agar berfungsi dengan baik.

3. Paksa Berhenti Google Play Store; Hapus Cache & Data

Menghentikan paksa Google Play Store dan membersihkan cache dan datanya dapat menyelesaikan sebagian besar masalah yang terkait dengan unduhan dan pembaruan aplikasi di Android 10 atau versi lainnya. Untuk melakukannya:

  • Buka Pengaturan di ponsel.
  • Buka bagian semua aplikasi.
  • Di sini, cari Google Play Store dan klik.
  • Pada layar Info Aplikasi, ketuk Paksa Berhenti.
  • Kemudian, klik Penyimpanan dan Hapus Cache dan Hapus Data.
  • Sekarang, buka kembali Play Store dan coba perbarui aplikasi lagi.

4. Hapus Layanan Google Play & Data Layanan Lainnya

Google Play Store mengkamulkan layanan lain untuk berfungsi dengan baik. Ini termasuk Layanan Google Play, Manajer Unduhan, dan Kerangka Layanan Google.

Jadi, jika kamu menghadapi masalah saat memperbarui aplikasi di Android 10, kamu dapat mencoba membersihkan cache dan data untuk layanan Google Play, Kerangka Layanan Google, dan Pengelola Unduhan dengan cara yang sama.

Juga, periksa apakah Download Manager tidak dinonaktifkan di ponsel kamu.

5. Hapus Instalasi & Instal Ulang Pembaruan Play Store

Pembaruan Play Store baru-baru ini bisa menjadi penyebab sebenarnya di balik masalah pembaruan aplikasi, bukan pembaruan Android 10 itu sendiri.

Jadi, jika kamu masih tidak dapat memperbarui aplikasi di ponsel kamu, hapus instalan dan instal ulang pembaruan Play Store yang baru saja diinstal.

  • Buka Pengaturan ponsel.
  • Buka bagian Semua Aplikasi.
  • Di sini, cari google playstore dan buka.
  • Klik tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk Uninstall Updates.
  • Ketuk Oke untuk mengonfirmasi.

Play Store kamu akan kembali ke versi pabrik, menghapus bug atau masalah apa pun dengan pembaruan yang diinstal sebelumnya. Ini akan diperbarui nanti secara otomatis. kamu juga dapat menginstal ulang update secara manual dengan memuat APK dari APKPure secara gratis. Buka disini

Saya harap Anda sekarang dapat memperbaiki masalah aplikasi yang tidak memperbarui di Android 10. Menghapus Play Store dan layanan data serta cache lainnya adalah yang berhasil untuk saya. Namun, Anda dapat mencoba langkah lain jika tidak menyelesaikan masalah. Jika ada keraguan atau pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi melalui komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *