Apa Arti Kata Poyo dalam Bahasa Gaul dan Contoh Penggunaannya

apa arti kata poyo dalam bahasa gaul
apa arti kata poyo dalam bahasa gaul

Belakangan ini sering muncul istilah baru di media sosial. Istilah tersebut diantaranya adalah Poyo. Tahukah kamu, apa arti kata poyo dalam bahasa gaul? Simak artikel ini hingga selesai ya. 

Karena sanepo akan membahasnya secara lengkap untuk kamu semua. Sanepo juga akan memberikan contoh relevan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Mengenal Bahasa Gaul

apa arti kata poyo
Mengenal bahasa gaul

Bahasa gaul merupakan sebuah bahasa yang digunakan oleh kalangan tertentu untuk berkomunikasi. Bahasa gaul hanya dimengerti oleh kelompok orang saja. 

Karena sifatnya yang merupakan bukan bahasa resmi dalam komunikasi. Bahasa gaul sering digunakan untuk memberikan kode atau isyarat pada orang lain. 

Jadi misalkan di suatu tongkrongan ada bahasa yang disepakati bersama, maka bahasa tersebut bisa menjadi kode tertentu untuk orang lain. 

Bahasa gaul umumnya berasal dari bahasa daerah, singkatan, atau bahkan plesetan. Salah satu bahasa gaul yang tengah viral dan berasal dari suatu daerah adalah kata Poyo. 

Kata ini banyak digunakan oleh pengguna media sosial. Mereka menggunakan kata tersebut di kolom komentar. Sehingga banyak juga yang bingung Poyo apa artinya.  

Payo Bahasa Apa dan Apa Artinya?

apa arti kata poyo
apa arti kata poyo dan asalnya

Berdasarkan penelusuran sanepo, poyo merupakan sebuah kata atau bahasa yang berasal dari daerah menanjung Malaya (Malaysia).

Kata tersebut digunakan untuk mengungkapkan sifat negatif seseorang. Jadi ketika ada orang lain yang berperilaku buruk, maka ia akan dianggap poyo. 

Umumnya kata tersebut untuk menggambarkan orang lain (yang masih asing) namun tingkahnya kurang sopan. Dengan memakai kata tersebut, maka orang itu tidak akan tersinggung. 

Perilaku negatif yang umumnya disebut dengan umpatan Poyo adalah tidak sopan dengan orang lain, suka meremehkan orang lain, merendahkan orang lain, dan lain sebagainya. 

fyp sanepo

Kata poyo ini kian berkembang pesat sehingga kini menjadi bahasa gaul. Namun apakah dalam bahasa gaul artinya memang demikian? Simak penjelasan sanepo berikut. 

Apa Arti Kata Poyo dalam Bahasa Gaul? 

apa arti kata poyo
apa arti kata poyo dalam bahasa gaul

Setelah sanepo telusuri lebih dalam, poyo tidak masuk dalam daftar kata Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kata tersebut juga tidak ditemukan dalam Kamus Dewan (KBBI nya Malaysia). 

Oleh karena itu, arti dari kata Poyo tidak bisa disepakati secara general. Karena bisa saja orang Sumatra dengan orang Batak memiliki tafsiran sendiri mengenai kata tersebut.  

Namun yang jelas, dalam bahasa gaul Ponyo artinya ungkapan untuk menggambarkan sifat, sikap, dan perilaku seseorang yang menyalahi norma. 

Karena makanya demikian, sehingga kata Poyo dianggap memiliki makna buruk atau kurang baik. 

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kata tersebut digunakan untuk memiliki kesetaraan makna dengan bang$*t dan umpatan lain. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pembahasan berikut. 

Contoh Penggunaan Kata Poyo dalam Komunikasi Sehari-hari

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering mengumpat. Oleh karena itu sanepo akan mencoba memberikan contoh penggunaan dari kata poyo. 

Jadi misalnya di lingkungan kamu ada teman yang jahil, maka kamu bisa berkata “poyo kau ah!”, “Dasar poyo“, atau bahkan “poyo sekali kamu! Didikan siapa?”, dan lain sebagainya. 

Kalau dipikir-pikir, penggunaan kata tersebut memang lebih cocok untuk umpatan. Hal ini karena makanya yang jarang diketahui oleh orang lain. 

Sehingga orang yang mendengar kata tersebut tidak akan tersinggung sama sekali. Meskipun ia dikata-katai “Poyo Poyo kamu!”. 

Penutup

Demikianlah artikel yang dapat sanepo bagikan. Sekarang sudah tahu apa arti kata poyo kan? Kamu juga tahu bagaimana cara penggunaannya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat ya.

video" id="sanep-1291696309">