6 Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android, Ampuh!

  • Whatsapp
6 Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android, Ampuh!
6 Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android, Ampuh!
Advertisement
Advertisement

Mungkin beberapa dari Anda sedang mencari cara mengatasi lag PUBG Mobile di android atau mungkin Anda menggunakan iOS sebenarnya hampir sama.

PUBG Mobile merupakan game yang saat ini banyak dimainkan para gamers dan streamers, game ini sudah hampir 2 tahun atau bahkan lebih mengisi dunia mobile game.

Advertisements

Selain FF, Mobile Legends dan CODM, game ini juga tak kalah populernya dengan game game tersebut, justru pertama kali game battle royale yang muncul setelah FF adalah PUBG Mobile (di smartphone).

Advertisements

PUBG sebenarnya sudah ada lama dalam versi PC, akan tetapi baru hadir di mobile beberapa tahun ini. Akan tetapi banyak yang mengalami lag atau ngefreeze saat main PUBG, atasi masalah itu dengan cara berikut ini.

Penyebab dari Lag (Ngefreeze) di PUBG Mobile

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan game PUBG mengalami lag, jadi Anda harus benar benar bisa menganalisa dan memecahkan masalah tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Anda analisa untuk mengetahui apa penyebab dari masalah yang Anda alami saat ini yaitu lag pubg mobile di Android.

Bacaan Lainnya

Advertisements

Oleh karena itu akan sanepo.com sampaikan satu persatu “kemungkinan” masalah yang ada pada game atau Android Anda saat ini, karena masalah bisa timbul karena settingan yang salah, dari HP ataupun bisa dari data gamenya.

Baca juga: You Duo Duo Mall APK Penghasil Uang, Apakah Penipuan?

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android

Bagi Anda yang kebingungan dan penasaran bagaimana cara mengatasi lag PUBG Mobile di android, Anda bisa ikuti langkah langkah analisa serta cara mengatasi lag PUBG Mobile di android berikut ini.

Advertisements
Advertisements

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android Koneksi

Jangan dulu menyalahkan HP atau yang lainnya, jika Anda mengalami lag bisa saja koneksi dari Android Anda tidak stabil, terkadang PING loncat loncat.

Kadang hijau kadang kuning membuat permainan menjadi Lag, jadi pastikan koneksi internet Anda benar benar stabil, untuk menganalisanya coba gunakan koneksi lain seperti WiFi atau ganti kartu data.

Untuk menganalisanya jangan hanya berpindah satu koneksi, usahakan Anda menggunakan 4-5 koneksi untuk memastikannya. Jika pada koneksi internet lain tidak mengalami lag berarti memang pusat masalah ada pada koneksi internet.

Advertisements

2. Perhatikan Spesifikasi HP Anda

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android Spesifikasi

Pada poin kedua yaitu periksa lagi spesifikasi HP Anda, apalagi bagi Anda yang tidak terlalu faham dengan spesifikasi HP. Anda perlu menganalisa spesifikasi HP Anda dengan minimum requirement yang di anjurkan pada game PUBG Mobile ini.

Spesifikasi terendah untuk HP yang bisa memainkan PUBG mobile adalah sebagai berikut.

  • Chipset atau Prosesor (CPU) sudah Quad Core
  • Versi Android minimal 5.1.1 (Lolipop)
  • Memori internal minimal free 1GB.
  • RAM 2GB

Sebenarnya hanya itu saja syarat wajib yang harus di miliki HP Anda untuk bisa bermain PUBG Mobile, jika spesifikasi HP Anda dirasa sudah mampu, lanjut pada poin selanjutnya.

Advertisements

Baca juga: Vive Le Football APK + OBB Mudah dan Terbaru

3. Pastikan Android Anda tidak Panas

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android Panas

Android yang panas akan mengalami penurunan performa demi menjaga keamanan HP, system seperti itu memang sudah disetting dari developers Android karena juga performa tidak di turunkan akan bahaya.

Jika performa CPU tidak diturunkan saat Android mengalami overheat maka kemungkin terburuk Android akan meledak, jadi hal ini memang perlu dilakukan.

Advertisements
Advertisements

Maka dari itu jika HP Anda sudah panas berhentilah sejenak dalam bermain game dan diamkan Android Anda dalam beberapa saat, setelah itu Anda bisa bermain lagi dan untuk menjaga suhu Android, Anda bisa bermain dalam ruangan ber-AC, atau sediakan kipas di belakang HP.

4. Matikan Aplikasi Background

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android Background

Tahukah Anda bahwasanya terdapat beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang karena membutuhkan data realtime dari HP Anda. Aplikasi tersebut seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Maka dari itu Anda bisa paksa berhenti semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Karena jelas itu akan memakan kinerja dari CPU sehingga mengurangi optimasi untuk bermain game karena kinerja dari CPU dibagi.

Advertisements
Advertisements

Anda bisa menuju ke pengaturan – aplikasi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau Anda juga bisa memanfaatkan fitur pembersih yang ada pada Android Anda.

5. Pastikan RAM Lega

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android RAM

Poin ke 5 ini ada sangkut pautnya dengan poin ke tiga, jika ada banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang tidak hanya memakan atau membagi kinerja CPU, akan tetapi juga akan memakan space RAM.

Apalagi RAM Anda dirasa kecil, hal ini sangat mempengaruhi performa Android saat bermain game, jadi pastikan RAM Anda lega setidaknya tersisa minimal 50% dari space RAM yang dipakai.

Advertisements

Untuk memeriksa space RAM Anda bisa pergi ke Pengaturan – Penyimpanan, atau Pengaturan – Aplikasi. Anda bisa mencarinya sendiri sesuai dengan tipe HP Anda masing masing.

Baca juga: Begini Cara Daftar Prakerja Agar di Terima

6. Setting Ulang Grafik

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android Grafik

Poin terakhir setelah Anda melakukan langkah langkah diatas adalah mengatur ulang grafik. Kadang grafik yang berlebihan membuat game PUBG Mobile menjadi lag.

Advertisements
Advertisements

Itu karena CPU tidak terlalu mampu untuk merender serta memproses grafik yang Anda lock. Jadi wajar saja terdapat delay sehingga Android Anda mengalami lag.

Anda bisa menurunkan setting grafik yang ada dalam game PUBG Mobile dan memulai ulang game tersebut, atau Anda bisa install ulang game tersebut untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itulah tadi ulasan serta beberapa saran mengenai cara mengatasi lag PUBG Mobile di android yang dapat sanepo.com sampaikan, semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi lag di game PUBG Mobile ya.

Advertisements
Advertisements
Advertisement

Pos terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *