6 Cara mengatasi kamera hp error tidak bisa di buka di realme oppo vivo dll

  • Whatsapp
6 Cara mengatasi kamera hp error tidak bisa di buka di realme oppo vivo dll 2021

Cara Mengatasi Kamera hp error dan tidak bisa di buka pada semua hp, termasuk hp realme. Siapa yang tidak kenal dengan hp Realme? Ya, hp yang bisa dikatakan laris manis di Indonesia ini menjadi salah satu hp favorit para pengguna smartphone di Indonesia. Baik tua maupun muda, bahkan orang tua. Sampai-sampai banyak iklan yang tersebar di TV dan YouTube untuk mempresentasikan produk terbaru mereka. Realme merupakan pesaing tangguh bagi produsen smartphone di Indonesia. Salah satu ciri khas hp realme ini adalah “Dare to Leap” sebagai brand spirit baru di Indonesia. Ya intinya smartphone realme berani menampilkan inovasi terbaru dari produk smartphone demi bersaing merebut perhatian pengguna gadget di Indonesia.

Salah satu keunggulan produk realme adalah hasil kamera yang menarik, indah dan tajam. Banyak pengguna realme menggunakan kamera untuk mengambil snapshot dari hal-hal seperti pemandangan dan foto makanan untuk menggunakan kamera realme sebagai kamera fotografi tentunya. Hasil foto juga terlihat sangat mirip dengan foto dari kamera flagship saat ini.

Namun terkadang terjadi beberapa masalah pada kamera ini yaitu saat membuka kamera terjadi kerusakan kamera atau pesan error dari kamera sehingga menyebabkan kamera tidak bisa digunakan untuk mengambil gambar objek. Untuk hal seperti ini resminya mau berbagi tips cara mengatasi kamera gagal di hp realme, jadi jika anda pengguna realme mobile tidak perlu khawatir tentunya karena anda bisa mencoba caranya. seperti yang dijelaskan dalam informasi kali ini.

advertisement

Cara mengatasi kamera hp error tidak bisa di buka

Nah, mungkin saat ingin membuka kamera dan muncul pesan error, namun sebelumnya perlu diketahui bahwa ada banyak faktor penyebab error kamera realme seperti data aplikasi kamera mungkin rusak, serangan virus, software yang tidak diperbaiki atau tidak berfungsi dengan optimal, atau bisa menjadi satu kesatuan. Kamera bermasalah dan cara sederhana bisa dicoba sebagai berikut.

1. Tutup kamera dan buka kembali

Pertama, silakan coba hal dasar ini yaitu buka dan tutup aplikasi kamera realme. Caranya adalah saat membuka aplikasi kamera realme, coba paksa untuk menutupnya saat muncul pesan error di kamera. Kemudian silahkan buka kembali aplikasi kamera.

2. Bersihkan Cache Kamera

Langkah kedua adalah menghapus cache di aplikasi kamera realme. Tujuan clear cache ini adalah untuk membersihkan cache memori internal dan RAM realme karena biasanya penumpukan cache ini dapat menyebabkan aplikasi kamera realme tidak bekerja secara maksimal.

advertisement

Anda dapat menggunakan pengelola telepon untuk membersihkan file cache sementara android di hp realme.

  • Buka aplikasi Pengaturan >> Kelola aplikasi >> pilih Kamera >> Penggunaan memori >> dan ketuk Hapus Cache.
  • Buka aplikasi pengelola telepon dari hp Realme Anda, dan pilih Hapus memori yang kemudian akan menampilkan beberapa opsi.
  • Setelah itu silahkan pilih “Finish all” untuk membersihkan semua file sampah serta centang semua aplikasi yang terlihat dan klik “Delete”
  • Silahkan tunggu sampai proses selesai.

3. Periksa Penyimpanan Realme

Biasanya ketika mengambil foto di hp asli Anda adalah hal yang biasa, terkadang Anda perlu memeriksa ruang penyimpanan. Ini bisa menjadi penyebab aplikasi kamera tidak bekerja secara maksimal dan bahkan menyebabkan kesalahan kamera sama sekali.

Untuk mengecek ruang penyimpanan bisa melalui setting atau file manager. Jika file terlihat banyak, coba pindahkan ke kartu memori eksternal. Jika ada yang terlihat tidak normal seperti full storage padahal filenya tidak banyak mungkin ada di database salah satunya WhatsApp, dan biasanya WhatsApp otomatis menyimpan foto, video, dokumen atau file lain yang langsung tersimpan di memori internal realme. Karena memori internal yang habis, hal ini dapat menyebabkan aplikasi kamera sulit untuk dibuka tentunya, karena umumnya setiap kali kamera dibuka, sistem kamera biasanya terlebih dahulu memeriksa kapasitas ruang penyimpanan apakah cukup ruang atau tidak, jika sudah penuh, Biasanya kamera susah dibuka atau muncul pesan error.

advertisement

4. Hapus data aplikasi kamera

Jika masih error, langkah selanjutnya bisa dilakukan dengan menghapus data aplikasi kamera. Cara ini sering dilakukan jika ada masalah pada suatu aplikasi, salah satunya adalah aplikasi kamera realme.

Tujuan menghapus data aplikasi kamera adalah untuk mengembalikan pengaturan kamera ke posisi defaultnya. untuk caranya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan >> Kelola Aplikasi >> Pilih Kamera >> Penggunaan Memori >> dan ketuk Hapus Data.

5. Nyalakan ulang hp realme

Jika cara sebelumnya tidak menyelesaikan masalah pada kamera hp realme, coba mulai ulang hp realme Anda dengan menekan tombol daya lalu mulai ulang. atau pilih reboot (muat ulang)

advertisement

6. Reset pabrik Realme

Jika Anda masih menghadapi kegagalan kamera pada hp realme, langkah selanjutnya adalah reset pabrik pada realme. Tujuan dari reset pabrik kamera realme adalah untuk menormalkan kembali mode kamera seperti kamera normal lainnya. Nantinya factory reset sama saja dengan restore factory setting, terutama pada kamera yang gagal.

Sebelum melakukan factory reset di realme, harap backup data penting di hp Anda. Karena factory reset akan menghapus semua data di smartphone kamu. Untuk melakukan factory reset di realme, berikut caranya:

  • Buka Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Cadangkan & Atur Ulang >> Atur Ulang ke Data Pabrik >> dan pilih opsi atur ulang sesuka Anda tetapi lebih baik memilih Atur ulang pengaturan sistem.

Mungkin Anda bisa mencoba dari langkah-langkah di atas, ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menyiasati kamera yang error tidak bisa di buka. Terkadang kesalahan kamera pada hp dapat terjadi karena masalah dengan modul kamera. Masalah kamera realme biasanya harus segera diperiksa oleh pusat layanan. Di sana Anda dapat memberikan informasi tentang masalah yang terjadi pada kamera. Tentunya jika masih dalam masa garansi silahkan klaim garansi perbaikan pada kamera dan jika masa garansi sudah habis sebaiknya siapkan biaya perbaikan pada kamera realme anda.

advertisement

Itulah tadi informasi tentang cara mengatasi kamera hp error tidak bisa di buka di realme oppo vivo samsung ataupun hp android dengan merek lain. Masalah seperti kesalahan kamera memang bisa terjadi pada siapa saja. Jadi rawatlah smartphone Anda dengan baik agar selalu digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan bagikan informasi ini atau bagikan ke media sosial Anda, agar informasi ini bermanfaat kembali. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *