5 Kerusakan iPhone yang Tidak Bisa Diperbaiki
5 Kerusakan iPhone yang Tidak Bisa Diperbaiki

SANEPO – Pemilik iPhone harus menyadari kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki untuk mengambil langkah pencegahan yang tepat.

Mengidentifikasi kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki bisa membantu Anda menghindari kerugian finansial dan kehilangan data penting.

Dengan mengetahui kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki, pengguna dapat lebih bijak dalam menggunakan dan merawat perangkat mereka.

iPhone adalah salah satu produk smartphone yang paling populer di dunia, karena memiliki desain, fitur, dan kualitas yang unggul. Namun, tidak ada barang yang sempurna, termasuk iPhone.

Meskipun iPhone dibuat dengan standar yang tinggi, tetap saja ada kemungkinan iPhone mengalami kerusakan, baik karena faktor internal maupun eksternal.

Jenis-Jenis Kerusakan iPhone

Kerusakan iPhone dapat dibedakan menjadi tiga tingkat, yaitu:

  • Kerusakan ringan: Kerusakan ini masih dapat diperbaiki dengan mudah, baik oleh pengguna sendiri maupun oleh teknisi. Contoh kerusakan ringan adalah iPhone tidak bisa di-charge, iPhone stuck di logo Apple, iPhone gagal update iOS, atau port charger iPhone rusak.
  • Kerusakan sedang: Kerusakan ini membutuhkan perbaikan yang lebih rumit, biasanya dengan mengganti komponen yang rusak. Contoh kerusakan sedang adalah LCD iPhone pecah, touchscreen iPhone tidak berfungsi, baterai iPhone bocor, atau muncul noda hitam atau pelangi di layar iPhone.
  • Kerusakan berat: Kerusakan ini adalah kerusakan yang tidak bisa diperbaiki, atau jika bisa, biayanya sangat mahal dan tidak sebanding dengan nilai iPhone itu sendiri. Contoh kerusakan berat adalah iPhone mati total karena mesin atau IC power rusak, iPhone terendam air dalam waktu lama, iPhone terbakar, iPhone terlindas atau terjatuh dari ketinggian hingga hancur.

Penyebab dan Solusi Kerusakan iPhone yang Tidak Bisa Diperbaiki

Berikut adalah beberapa kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki, beserta penyebab dan solusi yang dapat dilakukan:

1. Layar iPhone Terbelah

Layar iPhone terbelah adalah kondisi di mana layar iPhone terpisah dari bodi iPhone, sehingga terlihat jarak antara keduanya.

Hal ini biasanya disebabkan oleh benturan yang keras, misalnya iPhone terjatuh atau tertimpa benda berat.

Akibatnya, layar iPhone tidak hanya pecah, tetapi juga terputus dari kabel-kabel yang menghubungkannya dengan mesin iPhone.

Solusi: Sayangnya, layar iPhone yang terbelah tidak bisa diperbaiki dengan hanya mengganti LCD atau touchscreen. Anda harus mengganti seluruh unit layar iPhone, yang tentunya sangat mahal.

Jika Anda masih ingin memperbaiki iPhone Anda, Anda harus mencari layar iPhone yang sesuai dengan tipe dan warna iPhone Anda, dan membawanya ke service center resmi Apple atau tempat service iPhone yang terpercaya.

Namun, jika Anda merasa biayanya tidak sepadan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual iPhone Anda sebagai spare part, atau membeli iPhone baru.

2. Soket Fingerprint Rusak

Soket fingerprint adalah komponen yang menghubungkan sensor sidik jari atau Touch ID dengan mesin iPhone.

Soket fingerprint bisa rusak karena berbagai alasan, seperti terkena air, debu, atau panas berlebih, atau karena kesalahan saat membongkar atau memasang iPhone.

Akibatnya, sensor sidik jari iPhone tidak bisa berfungsi, dan Anda tidak bisa membuka kunci iPhone dengan sidik jari Anda.

Solusi: Soket fingerprint yang rusak tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun, karena soket fingerprint adalah komponen yang unik dan spesifik untuk setiap iPhone.

Jika Anda mengganti soket fingerprint dengan yang lain, iPhone Anda akan mengalami error, dan Anda tidak bisa mengaktifkan Touch ID.

Jika Anda masih ingin menggunakan Touch ID, Anda harus mengganti seluruh mesin iPhone, yang tentunya sangat mahal dan merepotkan.

Jika Anda tidak keberatan, Anda bisa menggunakan metode lain untuk membuka kunci iPhone, seperti kode sandi, Face ID, atau Apple Watch.

3. IC Power

IC power adalah komponen yang mengatur aliran listrik di dalam iPhone, dari baterai ke mesin, dan sebaliknya.

IC power bisa rusak karena berbagai alasan, seperti korsleting, tegangan yang tidak stabil, atau overheat. Akibatnya, iPhone tidak bisa menyala, atau mati total.

Solusi: IC power yang rusak tidak bisa diperbaiki dengan mudah, karena IC power adalah komponen yang sangat kecil dan rapat, dan membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk menggantinya.

Jika Anda ingin memperbaiki iPhone Anda, Anda harus membawanya ke service center resmi Apple atau tempat service iPhone yang terpercaya, dan bersedia membayar biaya yang cukup tinggi.

Namun, jika Anda merasa biayanya tidak sepadan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual iPhone Anda sebagai spare part, atau membeli iPhone baru.

4. Block IMEI

Block IMEI adalah kondisi di mana nomor IMEI iPhone Anda diblokir oleh operator seluler, sehingga iPhone Anda tidak bisa menggunakan layanan seluler, seperti panggilan, SMS, atau internet.

Block IMEI bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti iPhone Anda dicuri, iPhone Anda terdaftar sebagai barang ilegal, atau iPhone Anda tidak membayar tagihan seluler.

Solusi: Block IMEI tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun, karena block IMEI adalah masalah yang berkaitan dengan operator seluler, bukan dengan iPhone itu sendiri.

Jika Anda ingin mengatasi block IMEI, Anda harus menghubungi operator seluler yang bersangkutan, dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan block IMEI.

Namun, jika Anda tidak bisa atau tidak mau melakukannya, Anda bisa menggunakan iPhone Anda sebagai perangkat Wi-Fi saja, atau menjual iPhone Anda sebagai spare part, atau membeli iPhone baru.

5. IC Kamera iPhone Rusak

IC kamera iPhone adalah komponen yang menghubungkan kamera iPhone dengan mesin iPhone, dan mengolah data gambar yang diambil oleh kamera iPhone.

IC kamera iPhone bisa rusak karena berbagai alasan, seperti terkena air, debu, atau panas berlebih, atau karena kesalahan saat membongkar atau memasang iPhone.

Akibatnya, kamera iPhone tidak bisa berfungsi, atau menghasilkan gambar yang buruk.

Solusi: IC kamera iPhone yang rusak tidak bisa diperbaiki dengan mudah, karena IC kamera iPhone adalah komponen yang sangat kecil dan rapat, dan membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk menggantinya.

Jika Anda ingin memperbaiki iPhone Anda, Anda harus membawanya ke service center resmi Apple atau tempat service iPhone yang terpercaya, dan bersedia membayar biaya yang cukup tinggi.

Namun, jika Anda merasa biayanya tidak sepadan, Anda bisa menggunakan kamera eksternal untuk iPhone, atau menjual iPhone Anda sebagai spare part, atau membeli iPhone baru.

Kesimpulan

iPhone adalah smartphone yang berkualitas, namun tetap saja bisa mengalami kerusakan, baik ringan, sedang, maupun berat.

Beberapa kerusakan iPhone tidak bisa diperbaiki, atau jika bisa, biayanya sangat mahal dan tidak sebanding dengan nilai iPhone itu sendiri.

Beberapa contoh kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki adalah layar iPhone terbelah, soket fingerprint rusak, IC power, block IMEI, dan IC kamera iPhone rusak.

Jika Anda mengalami kerusakan iPhone yang tidak bisa diperbaiki, Anda harus mempertimbangkan untuk menjual iPhone Anda sebagai spare part, atau membeli iPhone baru.

***

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

CEO Sanepo

Kris

Kris, penggemar berat teknologi & otak di balik Sanepo.com, sumber info tech yang up-to-date.