4 Cara Melindungi Channel Youtube Dari Komentar Spam

channel youtube kamu dimaksudkan sebagai tempat yang aman bagi pelanggan kamu untuk menemukan komunitas serta hiburan. Namun, beberapa pengguna menargetkan YouTube dengan spam, yang dapat membahayakan kamu dan pemirsa kamu. Dengan mempelajari cara mengidentifikasi praktik berbahaya ini, kamu dapat melindungi channel youtube dan komunitas kamu dari komentar spam.

Inilah yang perlu kamu ketahui tentang spam.

Saat kebanyakan orang memikirkan spam, pikiran mereka cenderung beralih ke komentar dari pengguna anonim. Namun, YouTube memperlakukan video sebagai bentuk lain dari potensi spam. Metadata video dapat dianggap sebagai spam serta kontennya. Ini termasuk judul, deskripsi, dan tag video.

Definisi YouTube tentang spam ada dua. Pertama, apa pun yang berulang, tidak bertarget, atau diposting secara berlebihan dapat dianggap sebagai spam. Contohnya adalah komentar identik yang muncul di bawah video yang sama oleh pengguna yang sama.

Selain itu, YouTube menganggap apa pun yang menyesatkan pengguna sehingga mengikuti tautan dari platform sebagai spam. Contohnya adalah video yang disajikan sebagai film fitur dalam judulnya, tetapi menampilkan link kepada penonton untuk menonton film tersebut di platform yang berbeda. Taktik yang sama dapat digunakan dalam komentar spam yang menyesatkan pengguna tentang tautan yang mereka bagikan.

4 Cara Melindungi channel Youtube Dari komentar Spam

1. Blokir atau Sembunyikan Pengguna

Cara pertama dan instan untuk menyingkirkan pelaku spam di channel YouTube adalah dengan mengidentifikasi dan memblokir pengguna semacam itu untuk mengomentari video kamu. Namun, metode ini tidak terlalu efektif dan terkadang ada banyak pengirim spam atau banyak komentar yang tidak dapat kamu lacak dengan mudah. Untuk menyembunyikan komentar dari spammer:

  • Temukan komentar spam di video YouTube kamu.
  • Di samping komentar, pilih tiga titik,
  • lalu klik Sembunyikan pengguna dari channel.

2. Laporkan Komentar sebagai Spam

Pilihan berikutnya yang dapat kamu coba adalah melaporkan komentar seperti itu sebagai spam. Selain itu, setiap pengguna dapat menkamui komentar sebagai spam. Untuk pembuat konten, bagian komentar dari video atau channel seperti di atas, biarkan mereka melakukannya.

  • Temukan komentar yang menurut kamu merupakan spam.
  • Pilih tiga titik di sebelahnya dan kemudian pilih Laporkan.
  • Pilih konten komersial yang tidak diinginkan atau spam dari pop-up dan kemudian klik Laporkan.

Selain itu, kamu juga dapat melaporkan komentar sebagai spam sambil meninjaunya di youtube.com/comments. Setelah ini, kamu dapat meninjau komentar yang ditkamui sebagai spam. Untuk meninjau komentar yang dilaporkan:

  • Buka YouTube Studio dan masuk ke channel youtube kamu.
  • Dari menu sebelah kiri, pilih Komentar.
  • Di sini, dari tab Menunggu peninjauan, kamu dapat memilih siapa saja dari berikut ini:
  • Setujui komentar.
  • Hapus komentar.
  • Laporkan komentar untuk spam atau penyalahgunaan.
  • Sembunyikan pengguna dari channel kamu.

kamu dapat memilih dari opsi 3 atau 4 untuk melaporkan komentar semacam itu dan memblokir pengguna.

3. Tahan komentar Spam untuk Diperiksa

YouTube juga menawarkan opsi lain untuk memfilter komentar spam di channel kamu. kamu memiliki akses untuk menahan komentar spam untuk ditinjau. Inilah cara kamu dapat mengaktifkan ini:

  • Buka https://studio.youtube.com/ dan masuk ke channel kamu.
  • Pilih Pengaturan dari menu samping.
  • Pilih Komunitas dan kemudian klik pada tab Default .
  • Di sini, di bawah bagian “Komentar di video baru kamu”, pilih “Tahan komentar yang berpotensi tidak pantas untuk ditinjau” dari menu tarik-turun.

Atau kamu juga dapat memilih “Tahan semua komentar untuk ditinjau” dan kemudian menyetujuinya dari bagian Komentar di YouTube studio.

4. Setel Filter Otomatis

Ada pilihan lain untuk menyingkirkan spam di video channel YouTube kamu. kamu dapat mengatur filter otomatis untuk menyetujui, menyembunyikan, dan memblokir pengguna serta memblokir tautan. Inilah cara kamu dapat mengaktifkan filter ini:

  • Buka YouTube Creator Studio kamu.
  • Klik Pengaturan dan pilih Komunitas lalu Filter Otomatis.
  • Di sana, kamu dapat memilih untuk:
  1. Setujui Pengguna – kamu dapat menambahkan pengguna tepercaya yang dapat mengomentari video kamu.
  2. Pengguna Tersembunyi – kamu dapat menyembunyikan beberapa pengguna yang tidak dapat berkomentar di video kamu.
  3. Kata – kata yang Diblokir – kamu dapat menambahkan kata-kata dan komentar yang mengandung kata-kata itu akan diblokir secara otomatis.
  4. Blokir Tautan – kamu dapat mengaktifkan pengaturan ini untuk memblokir komentar yang memiliki jenis tautan apa pun. Pengaturan ini tidak akan ‘berlaku untuk kamu, moderator, dan pengguna yang disetujui.

Komentar spam yang tidak dapat kamu singkirkan

YouTube secara otomatis mendeteksi spam untuk membantu menjaga lingkungan yang sehat di komentar channel YouTube. Namun, ada beberapa komentar yang tidak dapat kamu blokir dari metode yang disebutkan di atas, kecuali untuk memblokir setiap komentator tersebut secara terpisah.

Saat ini, kami melihat komentar seperti itu di channel kami, seperti yang kamu lihat di tweet di atas. Jenis komentar ini memiliki beberapa tautan spam di samping stempel waktu video. Komentar ini tidak difilter oleh sistem Youtube. Kami menunggu tanggapan dari Youtube tentang cara memblokir dan memfilter komentar semacam itu.

Jadi ini adalah beberapa Cara Melindungi channel YouTube Dari komentar Spam yang sangat mengganggu. Jika kamu juga menghadapi masalah seperti itu, cobalah metode ini dan nantikan pembaruan kami berikutnya pada masalah terakhir.

Jangan lupa juga untuk ikuti artikel terbaru dari Sanepo agar nggak ketinggalan berita menarik lainnya dengan cara mengikuti Google Berita Sanepo, Telegram @sanepo_com dan Facebook Sanepo kami.

text-center">

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *