11 Cara Main OpenSea Untuk Jual Beli NFT, Begini Panduan Lengkapnya!

Cara Main OpenSea Untuk Jual Beli NFT, Begini Panduan Lengkapnya!
Cara Main OpenSea Untuk Jual Beli NFT, Begini Panduan Lengkapnya!

Mungkin beberapa dari kamu masih bingung dengan cara main opensea untuk menjual ataupun membeli NFT disana, tenang saja dengan membaca artikel ini sudah bisa dipastikan kamu akan memahami cara kerja dan alur dari sistem jual beli NFT di OpenSea.

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya beberapa waktu lalu terdengar kabar viral terkait dengan orang bernama Gozhali menjual foto selfienya seharga milyaran rupiah.

Hal tersebut jelas menimbulkan banyak pertanyaan bagaimana ia bisa menjual fotonya sendiri dengan harga yang fantastis? Ternyata jawabannya adalah dengan menjual NFT dalam bentuk foto selfienya sendiri.

Lalu bagaimana cara main opensea untuk menjual dan membeli NFT? Simak ulasan lengkap yang akan tim sanepo sampaikan berikut ini agar kamu bisa memahaminya dengan benar.

Tentang NFT dan OpenSea

Cara Main OpenSea
LOGO NFT ETHEREUM

NFT sendiri sebenarnya merupakan sebuah kepanjangan dari Non-Fungible Token yang dari namanya kita sudah bisa memahami artinya yaitu sebuah token yang tidak memiliki fungsi khusus.

Otomatis disana tidak ada standard bagus dan jelas, mahal dan murah namun sesuai dengan selera para pembeli, jika dirasanya NFT tersebut bagus maka dia bisa membelinya sesuai dengan harga yang sudah ditentukan.

NFT yang bagus menurutmu belum tentu bagus menurut orang lain, maka dari itu tidak ada batasan standard disana. Yang ada hanya perspektif masing-masing setiap pengguna.

Jadi kamu bisa menjual gambar apa saja disana, yang terpenting adalah gambar yang kamu jual adalah hasil karyamu sendiri dan tidak terikat oleh hak cipta.

NFT sebenarnya bukan hanya foto selfie saja, kamu bisa menjual gambar karakter seperti kartun, animasi dan apapun yang mana hal tersebut adalah unik dan merupakan sebuah karakter yang baru.

Kebanyakan pengguna OpenSea memperjualkan aset digital yang nantinya akan memiliki nilai jual yang tinggi sehingga pengguna bisa mendapatkan untung dari asset nya tersebut.

Jadi jika kamu rasa ingin memiliki asset tapi tidak memiliki bakat menggambar, kamu bisa membeli asset yang dijual disana dengan harga murah, kemudian tawarkan lagi dengan harga yang relatif lebih tinggi.

Otomatis, tidak hanya orang yang memiliki kreatifitas tinggi saja yang bisa main di opensea ini, melainkan kamu yang mau dan memiliki semangat untuk berbisnis didunia NFT tersebut.

Didalam OpenSea tidak menggunakan Dollar atau bahkan IDR (Indonesia Rupiah) dalam menilai sebuah harga. Akan tetapi menggunakan Ethereum yang nilainya bisa naik turun sesuai harga koin crypto tersebut.

Otomatis sebelum kamu membuat akun di OpenSea, ada baiknya kamu harus membuat terlebih dahulu Ethereum wallet seperti MetaMask, WalletConnect, Coinbase Wallet, Fortmatic dan lain sebagainya untuk menjadi dompet kamu di OpenSea.

fyp sanepo

Cara Main OpenSea

Cara Main OpenSea NFT
OpenSea

Nah, cara main opensea ini terbagi menjadi dua, yaitu cara main opensea untuk Menjual NFT dan cara main opensea untuk Membeli NFT, kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup terlihat.

Jika kamu adalah orang yang kreatif dalam membuat gambar digital entah itu menggunakan tools apapun, sebaiknya kamu lebih berfokus meningkatkan skill kamu dalam membuat karakter dan belajar “menjual” karya kamu di OpenSea sebagai NFT.

Tim sanepo akan memberikan kedua tutorialnya tentang membeli dan menjual NFT, kamu bisa membaca salah satu bahkan semua tutorial dibawah ini menyesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri.

Cara Main OpenSea untuk Menjual NFT

Cara Main OpenSea untuk Menjual NFT

Nah, jika kamu sudah memiliki setidaknya 1 karya digital kamu sudah bisa menjual nya di OpenSea dan menjadikan karya kamu sebagai NFT pertama kamu yang bakalan kamu upload di OpenSea.

Berikut adalah cara main opensea untuk menjual NFT yang dapat kamu pelajari:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki E-Wallet seperti MetaMask, Trust Wallet dll, jika belum kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
  2. Jika sudah memiliki kita lanjut step berikutnya.
  3. Buka situs resmi OpenSea di https://opensea.io/ untuk membuat akun.
  4. Kemudian ketuk garis 3 di pojok kanan dan ketuk Connect Wallet.
  5. Lalu masuk menggunakan e-wallet yang sudah kamu buat tadi, bisa menggunakan MetaMask, Trust Wallet dan lain sebagainya.
  6. Setelah itu masuk ke menu Profile.
  7. Jika sudah pilih tombol Sell untuk menjual NFT pertama kamu;
  8. Upload NFT dan isikan listing harga NFT kamu sesuai dengan harga yang kamu inginkan.
  9. Jika kamu memiliki banyak NFT kamu bisa menjadikanya dalam 1 bundle dan menjualnya dalam bentuk bundle dengan memilih Sell as a bundle.
  10. Kamu juga bisa menjualnya secara lelang yang mana memiliki batas terakhir kamu melelangnya, bisa 1 minggu, 1 bulan dan sebagainya.
  11. Selesai.

Dengan begitu kamu sudah bisa menjual NFT di OpenSea yang berarti sama dengan kamu sudah tau cara main opensea untuk menjual karya kamu disana.

Perlu diketahui bahwasanya saat kamu mengupload produkmu terdapat Gas Fee atau pajak yang akan kamu tanggung, dari pajak upload, pajak penjualan dan penarikan uang nantinya bernilai beda setiap harinya.

Cara Main OpenSea untuk Membeli NFT

Cara Main OpenSea untuk Membeli NFT

Nah, jika kamu adalah seorang yang kurang berbakat dalam membuat NFT, kamu bisa membeli NFT yang murah sebagai asset kamu dan kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan untung, besar kecilnya keuntungan juga tergantung dari setiap pengguna dalam memilih NFT dan menilai potensi harga dimasa mendatang.

Berikut adalah cara main opensea untuk membeli NFT yang dapat kamu pelajari:

  1. Pertama pastikan kamu sudah memiliki etherum wallet seperti MetaMask dan lain seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Kemudian masuk ke situs OpenSea di https://opensea.io/ dan buat akun.
  3. Untuk membuat akun cukup masuk ke menu profile dan kaitkan dengan Ethereum wallet kamu.
  4. Jika sudah kamu bisa masuk ke menu Explore;
  5. Disana kamu akan menemukan banyak sekali NFT.
  6. Jika sudah menemukan NFT yang ingin kamu beli, ketuk saja NFT nya.
  7. Setiap penjualan kadang memiliki tipe yang berbeda salah satunya adalah sistem lelang.
  8. Jika lelang kamu bisa mengetuk tombol Place bid lalu tentukan harga minimal atau diatasnya.
  9. Setelah itu kamu tinggal bayar dan menunggu masa lelang habis dan pastikan juga kamu adalah pemenang lelang.
  10. Jika penjualan secara langsung maka tombol Place bid akan di ganti dengan tulisan Buy Now;
  11. Ketuk saja tombol tersebut lalu lakukan checkout menggunakan Ethereum wallet kamu;
  12. Selesai.

Cukup mudah bukan untuk membeli NFT di OpenSea? Hal tersebut memang untuk membuat pasar NFT semakin ramai dengan salah satu caranya membuat semua serba lebih mudah.

Penutup

Itulah tadi beberapa informasi tentang bagaimana cara main opensea untuk jual dan beli NFT di platform tersebut, semoga penjelasan diatas bisa memberikan manfaat untuk semua yang membaca di situs sanepo.com ini.

Baca juga artikel menarik lain yang sudah tim sanepo rangkum disetiap kategori. Ada banyak sekali hal-hal baru tentang sosial media, teknologi, entertainment dan masih banyak lagi, Buka laman awal Sanepo.com untuk mengetahui semuanya.

video" id="sanep-959374564">