Apple Patenkan Controller Multi-Touch Surface
Apple Patenkan Controller Multi-Touch Surface ( gizchina )

SANEPO.COM – Ada kabar gembira nih dari Apple! Baru-baru ini, mereka berhasil mengamankan paten desain yang bertajuk “Controller with Multi-Touch Surface“. Ini diumumkan langsung oleh US Trademark and Patent Office.

Kabar ini berpotensi besar untuk membawa perubahan keren pada iPhone dan iPad di masa depan dengan kapabilitas multi-sentuh yang lebih canggih.

Tapi, tunggu dulu, apa sih artinya ini semua? Jadi gini, dalam sebuah komputer, ada berbagai cara untuk mengontrol, seperti pakai mouse, trackball, touchpad, joystick, atau layar sentuh.

Nah, dengan paten ini, Apple menawarkan cara baru yang bikin kamu bisa berinteraksi dengan layar lebih nyaman.

Controller Multi-Touch Surface
Gambaran Controller Multi-Touch Surface ( Gizchina )

Menurut rilis paten tersebut, “paten ini mengungkapkan sebuah pengontrol permukaan multi-sentuh. Pengontrol ini dilengkapi dengan sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk menggerakkan sirkuit output dari sensor multi-sentuh kapasitif dan sirkuit input untuk membaca sensor.”

Paten ini juga membahas teknik penekanan noise dan peningkatan jangkauan dinamis yang memungkinkan pengontrol digunakan dengan berbagai sensor dalam berbagai kondisi tanpa perlu mengubah perangkat keras.

Artinya, pengontrol yang dibahas dalam paten ini akan memiliki permukaan yang sensitif terhadap sentuhan, dengan teknologi terintegrasi seperti sirkuit yang membantu mendeteksi sentuhan dan membaca sinyal sentuhan.

Paten ini juga menyebutkan metode berbeda untuk mengurangi sinyal yang tidak diinginkan dan meningkatkan sensitivitas sentuhan.

Ini membantu pengontrol bekerja dengan baik dengan berbagai jenis sensor dalam berbagai situasi tanpa perlu mengubah perangkat keras.

Tapi sebenarnya, kita sudah terbiasa berinteraksi dengan layar dengan cara yang kurang lebih sama. Lalu, apa yang bikin paten baru Apple ini bermanfaat buat pengguna?

Apple menjelaskan dalam pengajuan paten bahwa ketika kita menambahkan teknologi multi-sentuh ke layar, ini membantu layar melakukan dua hal sekaligus.

Pertama, layar mengumpulkan sinyal dari beberapa sentuhan yang terjadi secara bersamaan.

Kedua, layar menentukan arti dari setiap sentuhan tersebut. Ini memungkinkan perangkat untuk menganalisis dan merespons dengan benar.

Dengan ini, layar bisa mengerti ketika semua lima jari menyentuh atau mengklik secara bersamaan.

Saat ini, banyak layar sentuh hanya bisa mengenali satu titik pada satu waktu, meskipun ada beberapa sentuhan di layar.

Ini berarti layar tidak bisa melacak beberapa sentuhan yang terjadi secara bersamaan.

Contoh yang mungkin agak kasar dari teknologi multi-sentuh adalah trackpad pada MacBook Apple yang memungkinkan gestur multi-sentuh seperti sapuan tiga jari, atau cubitan lima jari.

Bayangkan itu di layar iPhone atau iPad kamu, tapi dengan performa yang lebih mantap.

***

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

CEO Sanepo

Kris

Kris, penggemar berat teknologi & otak di balik Sanepo.com, sumber info tech yang up-to-date.