Cara Menggunakan Preset Alight Motion XML + Edit Video di Alight Motion

Cara Menggunakan Preset Alight Motion XML

SANEPO.COM – pada postingan ini tim sanepo akan membagikan tutorial terkait cara menggunakan preset Alight Motion XML.

Tak sedikit orang yang hobinya sebagai editor video yang merupakan pemula yang sedang mencari tahu tentang bagaimana cara menggunakan Preset Alight Motion XML.

Sebab, jenis preset Alight Motion XML ini dinilai dapat memudahkan para penggunanya untuk mengedit sebuah video yang diinginkan.

Selebihnya lagi aplikasi yang satu ini tengah banyak digunakan untuk unggahan di berbagai macam media sosial seperti TikTok hingga Instagram.

Dilansir dari laman resminya, Alight Motion ini merupakan aplikasi desain profesional untuk membuat animasi, motion graphic, efek visual, edit video, dan juga komposisi video.

Aplikasi tersebut ini dapat kamu unduh dengan cara gratis, dengan melalui Google Play Store atau App Store yang ada di perangkat kamu.

Terdapat banyak berbagai fitur-fitur editing video dan juga lengkap dengan berbagai presetnya untuk menambah kesan visual yang lebih menarik dalam unggahan video kamu.

Salah satu jenis format yang dapat ditemukan dalam Align Motion inj, yaitu XML. Disadur dari buku Karir dan juga Dasar-dasar Pengembangan Web oleh Resmi Darni, dkk.

XML atau Extensible Markup Language ini merupakan suatu bahasa markup tekstual yang mempunyai aturan penulisannya telah ditetapkan oleh W3C.

Jenis bahasa ini lebih umum digunakan daripada HTML. Selain itu, XML kerap juga digunakan untuk menandai semua jenis data, termasuk pada preset Alight Motion.

Lantas, bagaimana cara untuk menggunakan preset Alight Motion XML ini, untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cara Untuk Menggunakan Preset Alight Motion XML

Menggunakan preset Align Motion dalam format XML ini sebenarnya sangat mudah. Penting bagi para pengguna untuk mengetahui tiap-tiap langkah yang harus dilakukannya.

  1. Buka aplikasi File Manager yang ada di hp android kamu.

Buka aplikasi ‘File Manager’ pada ponsel kamu. Lalu cari dan temukan berkas preset XML yang akan kamu digunakan.

  1. Ketuk menu Bagikan.

Ketuk opsi Bagikan yang ada pada berkas XML tersebut dan pilih aplikasi Alight Motion. Berkas preset XML tersebut akan secara otomatis akan terbuka.

  1. Membuat proyek baru atau yang sudah ada.

Buat proyek yang baru atau proyek yang sudah ada menggunakan preset XML. Untuk memulai proyek yang baru, maka kamu tekan tanda + yang ada pada tampilan aplikasi.

Cara Edit Video Di Alight Motion

Bagi editor pemula, cara edit video di Alight Motion menjadi metode yang banyak dicari. Dikutip dari laman Alight Creative, berikut ini beberapa Langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Alight Motion pada ponsel kamu.
  2. Lalu kamu ketuk tanda + untuk memulai proyek yang baru.
  3. Atur frame, nama proyek, frame rate, dan juga warna background. Lalu pilih kamu opsi Create Project.
  4. Masukkan foto atau video yang akan kamu edit. Lalu kamu bisa menambahkan satu berkas atau lebih untuk keduanya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bila ini perlu, kamu juga bisa dapat mengatur durasi setiap berkas foto atau video yang digunakan.

  1. Tambahkan efek yang tersedia pada aplikasi sesuai kebutuhan kamu.
  2. Untuk menyimpan berkas foto atau videonya, silahkan kamu menu tekan Save lalu tunggu proses menyimpan selesai dilakukan.
  3. Selesai, dan proses mengedit di Alight Motion sudah berhasil dilakukan.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Preset Alight Motion XML semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih