Ini Dia Perbedaan VPS, Shared Hosting, dan Dedicated Server

Ini Dia Perbedaan VPS, Shared Hosting, dan Dedicated Server
Ini Dia Perbedaan VPS, Shared Hosting, dan Dedicated Server
4.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/REC-html40/loose.dtd">

Perbedaan VPS, Shared Hosting, dan Dedicated Server – Website dalam dunia bisnis cukup penting untuk meraih jumlah pelanggan yang lebih banyak. Melalui website, Anda bisa menyampaikan informasi terkait produk barang dan atau jasa yang dihasilkan. Ketika website dibuat Anda akan disuruh memilih paket hosting salah satunya adalah VPS. Pilih VPS murah tetapi terpercaya. Lalu apakah perbedaan VPS dan Dedicated Server?

Ya, tahukah Anda apa saja jenis-jenis web hosting? Web hosting ada beraneka macam mulai dari VPS, Shared Hosting, hingga Dedicated Hosting. Perbedaan VPS dan Dedicated Server serta shared hosting bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu VPS?

server VPS
VPS

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui pengertian dari VPS terlebih dahulu. VPS merupakan kependekan dari  Virtual Private Server yang fungsinya ialah menyimpan file dan data pada website Anda. Umumnya, website dengan kapasitas besar memakai VPS sebagai web hosting.

Sifat dari VPS yaitu virtual dan private, sehingga website Anda jauh lebih aman karena tidak perlu berbagi sumber daya dengan user lainnya. Ibaratnya, Anda tinggal di suatu gedung apartemen yang mempunyai banyak kamar.

Namun, fasilitas kamar dinikmati masing-masing tanpa mengganggu fasilitas milik kamar orang lain.  Jenis web hosting satu ini cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan kapasitas sumber daya besar tetapi dengan harga terjangkau.

Keunggulan VPS juga beragam misalnya seperti memilih sistem operasi sesuai kebutuhan website, pengaturan hosting yang digunakan bebas diubah, memperoleh kapasitas penyimpanan dan bandwith yang lebih besar, dan lain sejenisnya.

Terdapat beberapa fungsi VPS yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1.     Game Server

Sesuai dengan namanya, server pribadi ini memungkinkan Anda bermain game online dengan bebas seperti mendapatkan akses root, menginstall game, menghindari lag saat bermain dengan koneksi khusus, privasi bermain lebih aman tanpa keterlibatan pihak ketiga.

2.     Backup Data

Data memang rentang hilang karena berbagai faktor seperti terhapus, dibajak, file rusak, dan lain-lain. Nah, untuk menghindari kejadian tersebut VPS memiliki fungsi backup data server secara up-to-date.Jika Anda menjumpai masalah berupa hilangnya data server, maka bisa merestore backup server.

3.     Web Hosting

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, VPS merupakan salah satu jenis web hosting yang kegunaannya ialah menyimpan file dan data pada website. Jika website Anda memiliki traffic tinggi, maka bisa menggunakan Virtual Private Server.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server ialah porsi sumber dayanya. Anda bisa menggunakan VPS jika kebutuhan website tidak terlalu besar hingga harus memakai Dedicated Server dan tidak terlalu kecil hingga memakai shared hosting.

Setelah mengetahui fungsi VPS, sekarang giliran Anda mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mulai menggunakannya. VPS bisa dipakai jika Anda ingin memegang kendali penuh terhadap website, penyimpanan file yang dibutuhkan banyak, menginginkan server lebih aman, dan lain sebagainya.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared Hosting
Shared Hosting

Sebutkan perbedaan dari ds VPS shared hosting! Mungkin Anda pernah bertanya-tanya soal perbedaan antara jenis web hosting yang ada. Kali ini pembahasannya mengenai pengertian shared hosting yang termasuk salah satu web hosting seperti VPS.

Sesuai dengan namanya, shared hosting merupakan server yang digunakan oleh banyak pengguna website lain. Web hosting ini cocok bagi Anda yang memiliki website dengan skala kecil sehingga tidak memerlukan sumber daya yang besar.

Resource yang diberikan dan digunakan bersama pengguna lain pada satu server yaitu seperti memori, CPU, atau disk space. Umumnya biaya langganan shared hosting jauh lebih terjangkau daripada tipe web hosting lainnya.

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan saat memakai shared hosting, antara lain:

fyp" style="margin-left: auto; margin-right: auto; text-align: center; " id="sanep-80925898">fyp sanepo

  • Cocok digunakan pengguna awam atau pemula
  • Biaya murah dan terjangkau
  • Setup sederhana

Bagi Anda yang mempunyai blog pribadi atau website sederhana bisa memakai tipe hosting satu ini. Performa website akan tetap bagus selama trafik website tidak terlalu tinggi.

Karena jika trafik website makin ramai loading situs akan melambat. Saat itu terjadi, Anda bisa beralih ke tipe hosting lain yang menyediakan kapasitas penyimpanan besar seperti VPS.

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated Server
Dedicated Server

Setelah mengetahui sekilas gambaran VPS dan shared hosting, selanjutnya adalah Dedicated Server. Dedicated adalah sebuah server yang diperlukan oleh website dengan trafik tinggi. Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan berukuran besar dan dapat digunakan untuk menyimpan data-data penting.

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan Dedicated Server, antara lain:

  • Bisa dipakai untuk membuat website atau tempat penyimpanan data
  • Kapasitas penyimpanan yang lebih banyak atau lebih besar
  • Tidak perlu berbagi memori dengan pengguna lain
  • Memegang kontrol penuh terkait data yang disimpan

Nantinya Anda juga mendapatkan alamat IP khusus serta kecepatan website bisa stabil meski trafiknya sedang ramai. Namun, Anda memerlukan seseorang yang memiliki pengetahuan cukup dalam mengelola server.

Cara Menentukan Kebutuhan untuk Sebuah Website

Sebelum membuat website, Anda perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membangun website. Ada beberapa komponen yang dinilai penting ada di dalam website. Berikut penjelasan lebih detailnya.

1.     Hosting

Hosting merupakan komponen penting dalam membuat website. Terdapat hosting gratis seperti blogger.com atau wordpress.com. Namun, Anda juga bisa membelinya melalui penyedia jasa layanan hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website.

Contoh dari hosting itu nantinya seperti VPS, shared hosting, dan lain-lain. Dari banyaknya tipe hosting yang tersedia, pelajari terlebih dahulu masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Baru memutuskan tipe yang cocok digunakan pada website Anda.

2.     Domain

Domain bertugas sebagai identitas website Anda ketika tampil di internet. Selain itu, untuk mengakses website milik Anda, orang lain membutuhkan domain seperti .net, .com. .org, dan lain-lain. Buatlah nama domain yang mudah diingat, unik, dan mencerminkan isi website Anda.

Dengan begitu, pengunjung bisa langsung mengetahui isi konten dan dapat melakukan kunjungan website sewaktu-waktu.

3.     Desain

Sebuah website tentunya membutuhkan desain yang menarik agar mampu menarik perhatian pengunjung. Tema tampilan website bisa dibuat sederhana dan komposisi warnanya pas sehingga pengunjung bisa merasa nyaman melihat-lihat tampilan website Anda.

Desain ini meliputi warna, logo perusahaan, tema, atau tata letak yang perlu diatur sedemikian rupa. Anda bisa memilih tema yang telah ada atau melakukan kustomisasi sendiri untuk mencoba berbagai gaya desain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai perbedaan VPS dan Dedicated Server serta shared hosting. Bagi Anda yang tertarik membeli VPS murah maka bisa melalui Niagahoster. Niagahoster menyediakan berbagai pilihan paket layanan dengan fitur-fitur terbaik.

Dengan adanya paket layanan, Anda bisa membeli VPS sesuai budget yang dipunyai. Mengingat pengertian VPS yang telah dijabarkan sebelumnya jika merasa cocok Anda bisa langsung menghubungi Niagahoster untuk melakukan pemesanan.

Optimalkan performa website Anda dengan menggunakan hosting. Apalagi jika website milik Anda merupakan website bisnis yang memerlukan perhatian lebih dalam pemeliharaannya. Kunjungi Niagahoster untuk mendapat info lebih lengkap terkait paket layanan VPS yang ditawarkan.

video" id="sanep-1432030908">