Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh
penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh

SANEPO.COM – Tahukah kamu apa saja penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. 

Pengguna hp Xiaomi harus tahu penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh. Agar kamu bisa mengatasinya tanpa harus pergi ke konter. 

Dengan mengetahui penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh, kamu bisa lebih paham tentang permasalahan hp. 

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

Tercatat, ada beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hp Xiaomi mati sendiri. 

Berikut sanepo telah merangkum penyebab hp mati sendiri dan cara mengatasinya secara lengkap. 

1. Memori Internal Penuh

penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh
penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh

Pertama bisa jadi penyebab HP Mati karena memori penuh. Biasanya ketika memori hp penuh, maka akan langsung blank dan mati sendiri. 

Ketika memori internal penuh, maka sistem yang bekerja akan kesulitan menyimpan data. Sehingga sistem akan berusaha keras menyimpan data dan akhirnya mati. 

Cara mengatasi HP mati sendiri Xiaomi yakni dengan menghapus file yang tidak penting. Kamu juga bisa memindahkan file ke memori eksternal. 

Selain itu, pastikan memori internal hp kanu tersisa minimal 7 GB. Tujuannya untuk menghindari mati sendiri secara mendadak.

2. Ram Terpakai Semua

Penyebab yang kedua yakni karena memori RAM terpakai semua. Memori RAM biasanya bekerja untuk mengatur dan menyimpan data dari sistem aplikasi secara sementar. 

Ketika memori RAM penuh, maka hp bisa saja mengalami mati secara mendadak. Cara Mengatasi HP mati sendiri baterai tanam yakni dengan menghapus cache aplikasi dan membersihkan memori. 

Kamu bisa memanfaatkan pembersih bawaan hp Xiaomi untuk menghapus semua file sampah yang tersimpan. Dengan begitu, memori RAM kembali lega dan hp tidak akan mati secara mendadak. 

3. Overheat

HP sering mati sendiri padahal baterai masih banyak biasanya terjadi karena hp mengalami overheat atau terlalu panas (istilah jaman sekarang sih kepanasan). 

Overheat ini bisa terjadi karena pemakaian yang tidak wajar, error pada sistem, hingga penggunaan hp di tempat yang panas. 

Cara mengatasinya yakni diamkan dan matikan hp ketika sudah terasa panas. Kemudian biarkan hingga hp benar-benar dingin. Kalau sudah dingin, kamu bisa menggunakannya lagi. 

4. Hp Terkena Virus

penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh
penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh

Penyebab HP Xiaomi mati Padahal baterai masih banyak yakni karena hp terkena virus. Masalah ini biasanya karena ada virus berupa aplikasi yang secara tidak sengaja terinstal.

Sehingga hp kamu akan mengalami sering mati secara mendadak. Untuk mengatasinya, kamu bisa masuk ke pengaturan aplikasi. 

Kemudian cari aplikasi yang kiranya mencurigakan (biasanya tulisannya aneh). Setelah itu kamu bisa menghapus atau menguninstal. Dengan begitu, masalah hp mati sendiri bisa teratasi. 

5. Gagal Flash

Masih bingung kenapa hp Redmi Note 7 mati sendiri? Nah bisa jadi hal ini disebabkan karena pernah mengalami gagal flash. Gagal flash bisa membuat sistem hp jadi error. 

Untuk mengatasi hp sering mati sendiri karena pernah gagal flash, kamu harus mengembalikan ke pengaturan semula. Mulai dari Room, OS, dan UI yang kamu gunakan. Tujuannya agar hp bisa kembali normal tanpa mati lagi. 

6. Penggunaan Berlebihan

Berikutnya, kenapa baterai hp masih 50 tiba-tiba mati? Penyebab selanjutnya bisa jadi karena penggunaan hp secara berlebihan.  

Jadi kamu menggunakan hp secara brutal sehingga tidak sesuai dengan kapasitas hp tersebut. 

Misalnya, hp kamu hanya kuat main game PUBG tetapi kamu gunakan untuk main Genshin Impact, maka nantinya hp yang kamu gunakan akan mati secara mendadak. 

Solusinya yakni dengan menggunakan hp sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Agar hp kamu bisa tetap normal dan lancar jaya.

7. Software Kadaluarsa

Penyebab HP Mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi yakni karena software sudah kadaluarsa. Biasanya software kadaluarsa akan mempengaruhi kinerja sistem.

Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan memperbarui setiap software yang ada di hp kamu. Dengan demikian maka hp akan kembali normal. 

Penutup

Demikian beberapa penyebab HP Xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh dan cara mengatasinya. Semoga apa yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.