Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia, Dunia Manga Berduka
Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia ( Kolase Twitter )

SANEPO – Akira Toriyama, seorang seniman manga legendaris yang menciptakan serial Dragon Ball, meninggal dunia pada usia 68 tahun.

Dia menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 1 Maret 2024 akibat komplikasi dari hematoma subdural akut.

Kabar duka ini diumumkan oleh pihak Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo pada tanggal 8 Maret 2024.

Akira Toriyama lahir pada tanggal 5 April 1955 di Nagoya, Jepang.

Dia mulai tertarik dengan dunia manga sejak kecil, dan terinspirasi oleh karya-karya Osamu Tezuka, Walt Disney, dan Jackie Chan.

Dia memulai karirnya sebagai seniman manga pada tahun 1978, dengan menerbitkan karyanya yang pertama, Wonder Island, di majalah Weekly Shonen Jump.

Namun, nama Akira Toriyama baru melejit pada tahun 1980, ketika dia menciptakan serial Dr. Slump, yang menceritakan tentang petualangan seorang gadis robot bernama Arale.

Serial ini mendapat sambutan yang sangat baik dari para pembaca, dan memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award pada tahun 1982.

Pada tahun 1984, Akira Toriyama menciptakan karya yang paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah manga dan anime, yaitu Dragon Ball.

Serial ini menceritakan tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Son Goku, yang bersama teman-temannya mencari bola-bola ajaib yang dapat mengabulkan permintaan.

Serial ini menggabungkan unsur-unsur aksi, komedi, fantasi, dan seni bela diri, dan menjadi fenomena global yang disukai oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Selain Dragon Ball, Akira Toriyama juga menciptakan berbagai karya lain yang tidak kalah populer, seperti Blue Dragon, Chrono Trigger, Dragon Quest, Sand Land, dan Jaco the Galactic Patrolman.

Dia juga berkolaborasi dengan berbagai seniman manga dan anime lain, seperti Masakazu Katsura, Eiichiro Oda, Yoshio Sawai, dan Masashi Kishimoto.

Akira Toriyama dikenal sebagai seorang seniman manga yang sangat produktif, kreatif, dan inovatif.

Dia memiliki gaya gambar yang khas dan mudah dikenali, dengan karakter-karakter yang memiliki rambut berwarna-warni, mata besar, dan ekspresi yang lucu.

Dia juga memiliki imajinasi yang luar biasa, dengan menciptakan berbagai dunia, ras, teknologi, dan makhluk yang fantastis.

Akira Toriyama juga dikenal sebagai seorang seniman manga yang sangat berpengaruh dan dihormati.

Dia telah menginspirasi dan mempengaruhi banyak seniman manga dan anime generasi berikutnya, seperti Eiichiro Oda (One Piece), Masashi Kishimoto (Naruto), Tite Kubo (Bleach), Hiro Mashima (Fairy Tail), dan Kohei Horikoshi (My Hero Academia).

Dia juga telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan industri manga dan anime, baik di Jepang maupun di dunia.

***

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

CEO Sanepo

Kris

Kris, penggemar berat teknologi & otak di balik Sanepo.com, sumber info tech yang up-to-date.