Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya

cara melihat tag Instagram yang disembunyikan
cara melihat tag Instagram yang disembunyikan

SANEPO.COM – Brpakangan ini banyak sekali pengguna Instagram yang bertanya-tanya kenapa Instagram tidak bisa menerjemahkan. Masalah ini belakangan muncul dan jadi perbincangan di Twitter. 

Masalah seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi kali ini saja. Artinya beberapa waktu lalu memang telah terjadi masalah serupa dengan keluhan yang sama. 

Sebelum kita mengatasinya, sebaiknya simak terlebih dahulu mengenai fitur terjemahan yang ada di dalam Aplikasi Instagram. 

Apa Itu Fitur Terjemahan Instagram? 

Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya
Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya

Bagi kamu yang belum tahu mungkin akan bertanya-tanya, apa sih fitur terjemahan Instagram itu? 

Berdasarkan penelusuran sanepo, fitur terjemahan merupakan sebuah fitur yang mampu menerjemahkan konten (teks) bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia (karena kita hidup di negara Indonesia). 

Jadi ketika kamu melihat story Instagram, komentar, atau postingan yang menggunakan bahasa asing, maka akan ada pop up untuk menerjemahkan. 

Ketika kamu klik pop up tersebut, maka fitur terjemahan Instagram akan secara otomatis berjalan. Tentunya hal ini sangat menarik bukan? 

Terlebih lagi terdapat lebih dari 90 pilihan bahasa. Kamu bisa menyesuaikan dengan penggunaan bahasamu sendiri. 

Hanya saja beberapa waktu ini ada kendala fitur terjemahan tidak bisa digunakan. Apa sih penyebabnya? Mari simak pemaparan sanepo berikut ini. 

Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya

Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya
Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerjemahkan dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan penelusuran yang sanepo lakukan, ada beberapa alasan dan solusi dari masalah terjemahan Instagram yang tidak bisa diaktifkan. Berikut sanepo telah merangkum informasinya.

1. Terjadi Maintenance oleh Pihak Instagram

Alasan pertama, bisa jadi karena pihak instagram sedang mengalami perbaikan atau maintenance pada aplikasinya. Sehingga pengguna akan mengalami beberapa kendala seperti tidak dapat menggunakan fitur terjemahan. 

Umumnya proses maintenance ini berjalan tidak terlalu lama. Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, proses ini hanya terjadi selama beberapa jam saja. 

Oleh karena itulah, solusi yang tepat yakni menunggu hingga proses update atau maintenance selesai. Kamu bisa mengalihkan waktu luang dengan bermain game atau bermain sosial media yang lain. 

2. Koneksi Jaringan Buruk

Terjemahan Instagram tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh jaringan yang kamu gunakan sedang buruk. Biasanya ketika mengakses sebuah aplikasi dalam keadaan jaringan buruk, maka akan ada kendala yang muncul.  

Kendala tersebut bisa berupa loading yang lama, fitur yang tidak bisa digunakan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, solusi yang dapat kamu jalankan yakni menunggu sejenak hingga jaringan yang kamu gunakan kembali normal. 

Sebaiknya gunakan kartu perdana yang memiliki sinyal paling kuat di daerahmu. Dengan demikian, kamu bisa mengakses semua fitur Instagram tanpa terkendala. 

3. Aplikasi Instagram Belum Diperbarui 

Kenapa Instagram tidak bisa menerjemahkan? Alasan berikutnya yakni karena aplikasi yang kamu gunakan telah usang dan belum diperbarui.

Biasanya ketika aplikasi telah lama dan tak kunjung diperbarui, maka akan mengalami error pada bagian tertentu. Sehingga akan membuat pengguna merasa tidak nyaman. 

Solusinya, kamu bisa memperbarui aplikasi Instagram dengan cara pergi ke Play Store atau App Store. Setelah itu, instal pembaruannya. 

4. Terjadi Bug

Terakhir, bisa jadi tengah terjadi bug pada aplikasi Instagram. Karena umumnya ketika pihak developer telah mengupdate aplikasi, akan ada bug yang muncul. Sebenarnya ini merupakan hal yang sangat wajar sekali. 

Solusinya yakni kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi Instagram. Kemudian masuk kembali dengan akun Instagram milikmu. Dengan demikian, kamu bisa menikmati fitur terjemahan di Instagram.

Cara Mengaktifkan Terjemahan di Instagram

Mungkin bagi kamu yang belum mengenal fitur terjemahan akan bingung bagaimana cara mengaktifkannya. Sebenarnya untuk mengaktifkan fitur tersebut sangat mudah sekali.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengaktifkan terjemahan di Story Instagram, kamu bisa menyimak tutorial sanepo berikut ini.

  • Pertama buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke Stories
  • Cari story Instagram yang berupa teks atau tulisan bahasa asing. 
  • Nantinya akan muncul pop up “see translation
  • Klik pop up tersebut
  • Nantinya teks pada story tersebut akan secara otomatis diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Penutup

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan, kenapa Instagram tidak bisa menerjemahkan dan bagaimana solusinya? Kamu juga sudah tahu cara mengaktifkan fitur tersebut. Semoga apa yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.