Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerima Pesan? Ini Penyebab dan Solusinya!

cara melihat tag Instagram yang disembunyikan
cara melihat tag Instagram yang disembunyikan

SANEPO.COM Belakangan ini banyak sekali warganet yang bertanya-tanya kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan. Permasalahan Instagram memang tidak ada habisnya.

Pengguna banyak yang mengeluh kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan. Setelah beberapa waktu lalu Instagram mengalami error pada fitur story, sekarang justru ada masalah pada bagian DM atau pesan. 

Bagi pelaku bisnis yang menggunakan Instagram, tentunya akan sangat terganggu dengan masalah ini. Karena itulah, sanepo akan mengulas kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan dan cara mengatasinya. 

Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menerima Pesan

kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan
kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan

Setelah sanepo telusuri lebih dalam, ternama ada beberapa penyebab mengapa tidak dapat dapat menerima pesan di Instagram. Beberapa penyebab tersebut telah sanepo rangkum sebagai berikut.

1. Instagram Sedang Error

Kenapa dm instagram tidak muncul? Penyebab yang pertama yakni karena server Instagram sedang error. Permasalahan ini memang bukan kali ini terjadi. Beberapa waktu lalu saver Instagram juga mengalami error. 

2. Aplikasi Instagram Belum Diperbarui

Alasan kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan yakni karena aplikasi yang sedang kamu gunakan belum diperbarui. 

Aplikasi yang telah usang umumnya akan membuat sejumlah fitur tidak dapat berjalan dengan baik. Bahkan terkadang aplikasi jadi error. 

3. Jaringan Error

Kenapa tidak bisa membalas pesan di Instagram? Penyebab yang kedua yakni karena jaringan internet yang kamu gunakan sedang error. Sehingga tidak bisa mengirim atau menerima pesan.

4. Akun Instagram Terkena Blok

Kenapa tidak bisa DM orang di Instagram? Nah penyebab yang berikutnya yakni karena akun Instagram kamu telah diblok orang pengguna. Sehingga kamu tidak bisa mengirim pesan kepada orang tersebut. 

Cara Mengatasi DM Instagram Error

Berdasarkan beberapa permasalahan di atas, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya. Berikut sanepo telah merangkum cara mengatasi permasalahan Instagram tidak bisa menerima pesan. 

1. Hapus Cache

Cara pertama yakni menghapus cache aplikasi Instagram. Umumnya cache yang menumpuk dapat menyebabkan error dan fungsi di Instagram terhambat. 

Karena itulah kamu bisa mencoba menghapus cache terlebih dahulu. Caranya juga cukup mudah. Silahkan masuk ke pengaturan telepon. Kemudian buka pengaturan aplikasi. Cari aplikasi Instagram. Setelah itu hapus cache. 

2. Perbarui Aplikasi 

Cara yang kedua yakni kamu bisa memperbarui aplikasi Instagram di Play Store ataupun App Store. Aplikasi yang yang telah usang biasanya akan mempengaruhi suatu fitur. Karena itulah, kamu wajib segera memperbaruinya.

3. Gunakan Jaringan yang Bagus

Berikutnya, kamu harus memakai jaringan yang bagus. Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan memiliki kecepatan yang baik. Dengan demikian kamu bisa menggunakan fitur dan bisa mengirimkan pesan di Instagram. 

4. Cek Menggunakan Akun Lain

Berikutnya, kamu bisa mengecek apakah akun Instagram kamu diblokir atau tidak. Caranya cukup mudah. Kamu bisa mengecek dengan memakai akun teman. Jika memang kamu sudah diblokir, maka kamu harus bersabar. 

5. Tunggu Sejenak

Terakhir untuk mengatasi DM Instagram error yakni dengan bersabar. Hal ini kamu lakukan apabila server pada aplikasi Instagram mengalami error.

Karena ketika terjadi error, akan sangat sulit untuk mengotak-atik aplikasi ini. Solusi terbaik yakni dengan bersabar dan menunggu pihak Instagram memperbaiki aplikasinya.

Penutup

Nah sekarang sudah terjawab kenapa Instagram tidak bisa menerima pesan? Kamu juga sudah tahu bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.