Kamera IG Tidak Bisa Dipencet? Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kamera IG Tidak Bisa Dipencet

SANEPO.COM – Penyebab kenapa kamera IG tidak bisa dipencet dan solusi untuk mengatasi Instagram yang error baru-baru ini sedang banyak dicari oleh para pengguna aplikasi IG.

Baru-baru ini para pengguna aplikasi IG merasakan bahwa kamera IG tidak bisa dipencet. Penyebabnya adalah Instagram yang sedang error.

Instagram error biasanya terjadi dalam beberapa bentuk. Misalnya kamu tidak bisa masuk, Kamera IG Tidak Bisa Dipencet, tidak bisa log in, tidak bisa merefresh beranda, dan tidak dapat membuat postingan maupun stories.

Hal-hal tersebut itu umumnya dikarenakan oleh adayi server dari aplikasi Instagram tersebut yang sedang down atau sedang dalam melakukan perbaikan.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, maka cobalah beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya Instagram kamu yang sedang error.

Cara Mengatasi Kamera IG Tidak Bisa Dipencet

1. Periksa Koneksi Internet

Memeriksa koneksi internet ini bertujuan untuk memastikan bahwa jaringan yang sedang kamu gunakan itu memang tidak dalam gangguan masalah.

Cobalah buka aplikasi yang lain, misalnya YouTube, untuk memastikan bahwa jaringan kamu baik. Jika aplikasi lain berjalan dengan baik, kemungkinan besar server Instagram eror.

2. Mengganti Koneksi

Terkadang masalah Instagram yang sedang error tersebut ini bisa disebabkan oleh IP yang diblokir. Oleh karena itu, cobalah kamu hidupkan mode pesawat 10-30 detik kemudian matikan lagi.

Hal ini berfungsi untuk merefresh jaringan dan agar mendapatkan IP baru yang tidak diblokir.
Jika masih tidak bisa, cobalah ganti koneksi jaringan dengan menggunakan WiFi.

Jika dengan menggunakan WiFi Instagram tidak error lagi, kemungkinan besar jaringan provider yang sedang kamu gunakan tersebut sedang dalam masalah.

3. Membersihkan Cache

Cache sebuah aplikasi ini berguna untuk menyimpan data yang biasa digunakan di ponsel kamu dan menggunakannya kembali saat diperlukan.

Hal ini akan membuat peforma lebih cepat, namun cache yang rusak bisa akan menyebabkan berbagai masalah. Cobalah untuk menghapus cache dengan cara berikut ini.

  • Silahkan kamu buka aplikasi Pengaturan.
  • Masuk ke Aplikasi dan notifikasi.
  • Cari aplikasi Instagram yang ada di daftar aplikasi.
  • Ketuk Penyimpanan dan cache.
  • Lalu tekan Hapus Cache.
  • Kamu juga bisa memilih Hapus penyimpanan agar aplikasi tersebut kembali seperti baru diinstal.

4. Mengupdate Aplikasi Instagram

Aplikasi Instagram yang sudah kadaluwarsa umumnya akan menjadi eror. Cobalah untuk memperbarui atau meng-update aplikasi Instagram dengan melalui Google Play Store.

5. Merestart Smartphone

Jika cara di atas sudah dicoba namun Instagram masih error, cobalah untuk merestart smartphone kamu. Hal ini sangat bertujuan untuk merefresh kembali smartphone kamu agar dalam performa yang baik.

Namun, jika dengan merestart smartphone masih tidak dapat mengatasi Instagram yang sedang error, cobalah tunggu beberapa waktu agar server Instagram kamu kembali menjadi baik.

Kemudian kamu dapat membuka aplikasi dengan cara berkala untuk mengetahui apakah server Instagram kamu sudah membaik atau sedang masih error.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Kamera IG Tidak Bisa Dipencet semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih