iTop Screen Recorder, Perekam Layar PC Gratis Terbaik

iTop Screen Recorder, Perekam Layar PC Gratis Terbaik
iTop Screen Recorder, Perekam Layar PC Gratis Terbaik

Perangkat keras keluaran terbaru mungkin sudah menyediakan fitur bawaan untuk merekam layar. Namun, bagaimana jika ingin merekam layar perangkat lama? Anda bisa merekam layar PC membutuhkan software khusus, seperti iTop Screen Recorder.

19 November 2021, San Fransisco. iTop telah mengumumkan rilis resmi iTop Screen Recorder 2.0, perekam layar PC canggih yang menawarkan pengalaman perekaman video ekstra halus dan mendukung kualitas video 4K UHD.

Tidak hanya membawa perekaman game ke tingkat profesional dengan menerapkan teknologi pengkodean GPU tetapi juga meningkatkan kelancaran dan kenyamanan dalam setiap langkah perekaman layar.

Mengenal iTop Screen Recorder

Didirikan pada tahun 2016, iTop menyediakan aplikasi pada perangkat Windows, Android, iOS dan Mac dengan visi membuat perangkat lunak yang andal untuk mencapai kehidupan digital yang lebih baik.

iTop Screen Recorder adalah perekam layar PC Windows yang sangat populer yang telah diunduh oleh 8 juta+ pengguna di seluruh dunia. Perekam memiliki antarmuka yang sederhana dan mengintegrasikan editor bawaan yang membantu pengguna mendapatkan rekaman video lebih mudah, lebih cepat, dan lebih jelas dalam kualitas asli atau hingga 4K UHD.

Perekam layar merupakan salah satu tools yang paling dibutuhkan masyarakat dewasa ini. Tools ini berguna bagi banyak bidang, khususnya game. Anda pasti pernah melihat youtuber gaming yang merekam layar selama permainan berlangsung, bukan?

Selain itu, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk merekam berbagai acara musik, keperluan sekolah, les online, film, dan masih banyak lagi. Screen recorder ini menawarkan banyak fitur unggulan dengan kelebihan yang tidak dimiliki tools lainnya.

iTop Screen Recorder adalah perekam layar PC Windows ringan yang menampilkan langkah-langkah pengoperasian yang mudah, opsi perekaman yang fleksibel, dan kualitas video grafis asli. Dalam versi baru, performa perekaman game sebagian besar ditingkatkan dengan mengadopsi teknologi rendering & encoding GPU canggih.

Gamer tidak akan lagi mengalami kelambatan atau penurunan bingkai saat merekam selama bermain game, bahkan saat bermain game berperforma tinggi hingga 120 FPS. Terlebih lagi, fitur HUD (heads-up display) yang baru ditambahkan memungkinkan gamer untuk memahami FPS saat ini dan informasi lainnya yang disampaikan secara transparan di layar.

iTop Screen Recorder 2.0 juga ramah bagi pengguna yang merekam dalam rapat online, kursus, atau streaming web. Pengguna dapat dengan mudah beralih di antara mode “rekam layar PC”, “rekam game berperforma tinggi” dan “rekam file audio saja” untuk skenario tertentu dalam satu detik.

Terpenting, screen record iTop bisa Anda gunakan secara gratis. Anda juga bisa menggunakannya untuk berbagai jenis perangkat Windows yang kompatibel.

Fitur iTop Screen Recorder

Fitur iTop Screen Recorder
Fitur iTop Screen Recorder

Screen recorder ini mampu menjawab berbagai keluhan Anda akan kebutuhan perekaman layar. Fiturnya cukup beragam, seperti:

1.     Filter

Filter iTop Screen Recorder
Filter iTop Screen Recorder

iTop juga sudah lengkap dengan fitur filter yang cocok bagi Anda yang suka merekam layar untuk keperluan film. Anda bisa merubah tone warna layar hingga menambahkan aneka filter sesuai selera. Fitur ini juga cocok bagi Anda yang ingin merekam layar untuk keperluan sekolah.

2.     Background Musik

Background Musik iTop Screen Recorder
Background Musik iTop Screen Recorder

Kebanyakan tools recording tidak memungkinkan Anda untuk merekam layar dengan background musik. Namun, Anda jangan khawatir karena iTop bisa merekam layar menggunakan musik andalan. Dengan begitu, hasil rekaman jauh lebih atraktif.

3.     Subtitle, Stiker, dan Gambar

Stiker iTop Screen Recorder
Stiker iTop Screen Recorder

Menggunakan iTop, Anda juga bisa menambahkan tulisan subtitle sesuai keinginan. Fitur ini cocok bagi Anda yang merekam film berbahasa asing, kemudian ingin menambahkan subtitle ke dalamnya. Jenis tulisan dan ukurannya pun bisa Anda sesuaikan.

Selain itu, iTop juga memungkinkan Anda untuk menambahkan stiker. Tentu ada banyak pilihan stiker yang bisa Anda coba, mulai dari stiker aesthetic hingga stiker lucu. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan konsep perekaman layar Anda.

Tak hanya itu, Anda bisa menambahkan gambar pada hasil rekaman video. Gambar bisa berupa pop up sekilas atau watermark. Tentu kehadiran fitur ini akan membuat hasil rekaman lebih menarik.

4.     Penyaring Suara

Penyaring Suara iTop Screen Recorder
Penyaring Suara iTop Screen Recorder

Apakah Anda pernah merekam layar perangkat, tapi hasil suaranya kurang jernih? Menggunakan tools yang kurang bagus tentu membuat Anda menemui masalah itu. Jangan khawatir, iTop sudah lengkap dengan penyaring suara.

Anda bisa merekam layar kapan saja dan dimana saja, meskipun kondisinya tidak memungkinkan. Pasalnya, iTop akan menyaring suara berisik yang masuk agar tetap fokus pada suara utama. Hasil suara rekamannya tidak akan pecah dan sesuai dengan harapan.

fyp sanepo

5.     Menjadwalkan Perekaman

Perekaman iTop Screen Recorder
Perekaman iTop Screen Recorder

Fitur lain yang ditawarkan iTop adalah jadwal perekaman. Anda bisa menentukan kapan Anda akan memulai rekaman dan kapan Anda akan menghentikannya. Tentu hal ini bisa Anda lakukan secara otomatis.

6.     Pengaturan Video

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur pengaturan video. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan video. Anda bisa memotong atau crop ukuran layar. Atau bisa juga memangkas durasi perekaman sesuai selera.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan suara video. Misalnya, Anda ingin menurunkan volume video atau membesarkannya. Bahkan, Anda juga bisa mengatur kualitas perekamannya.

7.     Berbagi Video

Hasil perekaman layar yang sudah Anda tangkap mungkin ingin Anda bagikan dengan orang lain. Jangan khawatir, iTop memperbolehkan Anda untuk berbagi hasil rekaman kepada pihak lain melalui aneka platform. Anda bisa membagikan lewat drive, WhatsApp, Line, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi.

Kelebihan iTop Screen Recorder

Sudah lihat berbagai fitur dari iTop? Tentu saja kehadiran aneka fitur canggih itu mendatangkan banyak poin plus bagi tools perekam layar ini. Anda bisa mendapatkan sejumlah keunggulan, seperti:

1.     Lebih Fleksibel

Kebanyakan tools perekaman layar sudah menetapkan durasi, ukuran, area, dan lain sebagainya. Namun, hal itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan tools satu ini. iTop menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya.

Anda bisa merekam area mana saja dari perangkat Anda. Bahkan, Anda juga bisa memilih mau merekam layar full atau ukuran yang lebih spesifik. Ada pilihan rasio 4:3 atau 16:9.

2.     Hasil Rekaman Tidak Lag

Anda mungkin khawatir akan hasil perekamannya. Ternyata, iTop menawarkan hasil rekaman berkualitas tinggi. Anda jangan khawatir karena hasil video akan bergerak sebagaimana mestinya atau tidak buffering.

3.     Bisa Merekam Webcam/Facecam

Melakukan webcam atau facecam penting bagi masyarakat di era sekarang ini. Terlebih saat pandemi korona, semua aktivitas dilakukan dari rumah. Anda bisa merekam webcam/facecam dengan mudah tanpa terkendala.

4.     Bisa Merekam Suara

Melakukan perekaman layar dengan suara bukan menjadi hal mustahil bila Anda menggunakan tools ini. iTop memungkinkan Anda untuk merekam suara video atau bahkan suara Anda sendiri selama perekaman layar berlangsung.

Ada fitur pengaturan audio, sehingga Anda bisa menentukan volume suara sesuai selera. Penyaringan suara juga akan berlaku untuk meminimalisir kebisingan.

5.     Tidak Ada Batasan Waktu

Kelebihan lain yang ada pada screen recorder ini adalah tidak memiliki batasan waktu terkait perekaman. Anda bebas merekam layar selama apapun yang Anda mau. Namun, pastikan ruang penyimpanan Anda mencukupi agar video bisa tersimpan sempurna.

6.     Mendukung Banyak Format

Keunggulan selanjutnya adalah iTop mendukung banyak format video/audio. Anda bisa merekam layar dengan format MP4, MP3, FLAC, MKV, MOV, AVI, dan lain sebagainya. Rekaman ini sepenuhnya kompatibel dengan berbagai jenis Windows.

7.     Cara Menggunakannya Mudah

Anda bisa menggunakan tools perekaman layar ini dengan mudah. Tampilannya terbilang cukup sederhana dan cocok untuk pemula. Untuk memulainya, silahkan ikuti langkah ini.

  • Download tools pada perangkat Windows Anda
  • Lakukan pengaturan menggunakan Set Up Preference. Anda bisa memilih ingin merekam full screen atau sesuai rasio yang diinginkan. Keaktifan speaker, mic, mouse, dan webcam juga bisa Anda atur
  • Klik Rec dan masuklah ke halaman layar yang ingin Anda rekam
  • Setelah selesai, tekan simbol kotak merah
  • Save hasil rekaman dan edit beberapa bagian yang sekiranya perlu. Anda bisa memangkas, menonaktifkan suara, menambahkan stiker, teks, maupun gambar, dan lain sebagainya
  • Bagikan hasil rekaman ke berbagai sosial media yang Anda punya.

8.     Gratis

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari tools ini adalah gratis. Meskipun gratis, fiturnya sangat banyak dan bisa Anda gunakan untuk berbagai hal.

Keamanan iTop Screen Recorder

Anda mungkin masih menimbang-nimbang keamanan perekam layar ini. Apalagi, biayanya gratis dan fiturnya lengkap. Jangan khawatir, iTop bisa Anda gunakan dengan nyaman dan aman.

Keamanannya sudah terjamin dan tidak akan mendatangkan virus bagi perangkat Anda. Anda juga tidak perlu khawatir soal peretasan, karena tools ini sudah dilengkapi dengan software pengamanan yang ketat.

Terkait keamanan data, iTop 100% terpercaya dan tidak akan mengambil data-data Anda. Berbagai informasi pelanggan tidak akan disebarkan ke pihak manapun.

Sekian review terkait iTop Screen Recorder. Dengan berbagai fiturnya yang lengkap dan harganya yang gratis, tools perekam layar ini sangat direkomendasikan. Tertarik dengan iTop?