Cara Mengatasi Gagal Menggunakan Efek di Instagram Android dan iPhone

gagal menggunakan efek di Instagram
Penyebab dan cara mengatasi gagal menggunakan efek di Instagram

SANEPO.COM – Apakah kamu mengalami masalah gagal menggunakan efek di Instagram? Baru-baru ini banyak sekali pengguna yang merasakan hal tersebut. 

Saat memakai filter, mereka akan mendapati notifikasigagal menggunakan efek ini di perangkat anda”. Hal ini sontak membuat netizen bingung bagaimana cara mengatasinya. 

Namun sebelum kita masih ke pembahasan, mari simak detail penyebab dari filter Instagram yang tidak bisa digunakan. 

Kenapa Efek Instagram Tidak Bisa Digunakan? 

gagal menggunakan efek di Instagram
Penyebab gagal menggunakan efek di Instagram

Untuk mengatasi masalahnya tentu kita harus tahu apa penyebabnya, Kenapa filter IG tidak bisa digunakan di perangkat Anda? Setelah sanepo telusuri lebih lanjut, ternyata ada beberapa penyebabnya nih. 

Pertama, bisa jadi aplikasi Instagram sedang terjadi bug. Sehingga efek yang ada di dalam aplikasi tidak dapat digunakan. Bug ini sangat wajar, apalagi jika aplikasi tersebut baru saja mendapat pembaruan dari developer.

Penyebab kedua yakni karena cache dan data aplikasi menumpuk. Hal ini membuat aplikasi akan sulit untuk bekerja, sehingga tidak dapat menampilkan filter di dalamnya. 

Penyebab ketiga yakni aplikasi Instagram telah usang. Bisa jadi aplikasi yang kamu gunakan saat ini merupakan versi lawas. Sehingga tidak support dengan fitur dari aplikasi Instagram versi terbaru.

Terakhir, bisa saja koneksi internet kamu yang sedang gangguan. Sehingga membuat perlambatan saat penggunaan filter di aplikasi Instagram.

Dari penyebab ini, sanepo memiliki cara untuk mengatasi efek IG yang tidak bisa digunakan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pemaparan berikut ini. 

Cara Mengatasi Gagal Menggunakan Efek di Instagram di HP Android dan iPhone

gagal menggunakan efek di Instagram
Cara mengatasi gagal menggunakan efek di Instagram

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi filter yang tidak bisa dibuka di Instagram. Cara ini bisa kamu lakukan di hp Android dan iPhone. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial berikut.

fyp sanepo

1. Matikan Hp Sejenak

Cara agar efek Instagram bisa digunakan yakni dengan mematikan hp sejenak. Hal ini sangat berguna, karena bisa saja sistem hp sedang bekerja ekstra dan prosesor “ngos-ngosan”.

Oleh karena itu, kamu perlu mematikan hp sejenak. Kemudian mencoba menyalakan kembali. Cek apakah sudah bisa digunakan atau belum.

2. Hapus Cache dan Data Instagram

Gagal menggunakan efek ini di perangkat Anda bisa jadi karena cache dan data yang menumpuk. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan cache sekaligus data di Instagram. 

Setelah data terhapus, kamu bisa login kembali di aplikasi Instagram. Silahkan cek apakah filter dapat digunakan kembali atau masih sama tidak bisa digunakan. 

3. Update Aplikasi Instagram ke Versi yang Terbaru

Langkah selanjutnya yakni mengecek apakah versi Instagram milikmu sudah yang terbaru atau lawas. Karena versi aplikasi sangat berpengaruh sekali. 

Cara mengatasi efek Instagram tidak didukung di perangkat Anda yakni dengan memperbarui aplikasi di Play Store ataupun App Store. Pastikan kamu menginstal aplikasi paling terbaru agar filter Instagram bisa digunakan.

4. Tunggu Koneksi Jaringan Membaik

Terakhir, koneksi jaringan juga sangat berpengaruh dalam kelancaran memakai filter. Periksa kembali apakah koneksi jaringan di tempatmu stabil atau justru sedang down. 

Jika kondisi jaringan sedang down, alangkah baiknya kamu menunggu sejenak hingga jaringan kembali pulih. Setelah pulih, silahkan gunakan filter Instagram sesuka hati. 

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah tahu apa saja penyebab gagal menggunakan efek di Instagram dan cara mengatasinya bukan? Semoga apa yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.