Cara Update Driver Windows 11

SANEPO.COM – kali ini tim sanepo akan membagikan tutorial tentang cara update driver windows 11, yang mana terdapat dua metode yang dapat kamu pilih untuk mengupdatenya.

Apakah komputer kamu berjalan dengan baik? Adakah masalah dalam software yang terdapat dalam komputer kamu? Jika benar maka kamu perlu update driver untuk memperbaikinya.

Namun jika komputer kamu berjalan baik dan merasa tidak ada yang salah maka kamu tidak perlu mengupdate driver aplikasi pada komputer kamu.

Karena dengan mengupdate driver kamu akan membutuhkan ruang penyimpanan. Dengan melakukan update driver terkadang bisa menyebabkan adanya kemunculan masalah baru.

Jadi kamu harus mengingat jika tidak bermasalah lebih baik jangan lakukan. Terkecuali pembaruan untuk aplikasi gratis karena pembaruan untuk seluruh fitur yang baru pada aplikasi tersebut.

Secara umumnya, pihak dari windows akan selalu melakukan up-to date secara otomatis pada setiap perangkat komputer milik kamu.

Bahkan dalam pembaruan sekecil apapun biasanya windows akan langsung menangani hal-hal tersebut dengan baik dan juga lancar.

Namun ada baiknya Ketika Fitur Fitur yang ada di windows 11 tidak dapat di gunakan, maka kamu perlu mengecek keadaan drivernya. Yaitu Dengan cara melakukan update driver di windows 11.

Berikut langkah-langkah cara untuk melakukan update driver di windows 11.

Cara Update Driver Windows 11 Menggunakan Windows Update

Pada beberapa driver ada yang berlabel Optional Updates, ini artinya pembaharuan tidak direkomendasikan Microsoft untuk kamu menginstallnya dengan sendiri.

Kecuali kamu memang sedang mengalami masalah dengan driver kamu tersebut maka hal ini sangatlah disarankan untuk memperbaiki driver tersebut agar kembali lagi seperti normal.

  • Silahkan kamu bisa Tekan tombol “WIN + I” yang ada pada keyboard secara bersamaan untuk bisa membuka menu settings.
  • Setelah menu settings nya sudah terbuka, maka pilih menu windows update pada daftar menu lalu pilihan settings.
  • Setelah pengaturan dari windows update sudah tersedia, maka pilih Advanced Options kemudian klik.
  • Lalu Pada menu yang diberikan advanced options kamu bisa pilih menu Optional updates.
  • Selanjutnya pada bagian menu Optional Updates maka akan langsung muncul beberapa driver yang akan kamu perbaharui. Pilih Driver Updates lalu kamu klik untuk melihat driver apa saja yang bisa kamu update.
  • Lalu klik yang ada disebalah driver untuk memilih driver di update.
  • Setelah selesai kamu memilih driver yang akan di update, lalu kamu klik button Download & install untuk mendownload file driver secara dan juga menginstallnya secara otomatis.
  • Dan kamu hanya tinggal menunggu saja proses install driver yang terbarunya di windows 11 selesai, jika sudah selesai maka driver windows 11 akan di perbarui ke versi yang terbarunya.

Cara Update Driver Windows 11 Menggunakan Device Manager

Dengan pengelola perangkat ini maka kamu bisa mencari dan juga menginstal semua driver yang terdapat pada komputer atau laptop kamu.

Ketika kamu memiliki file driver dalam penyimpanan lokal, maka kamu bisa menginstalnya melalui device manager. Simak Langkah-langkah update driver dengan menggunakan device manager berikut ini.

  • Silahkan kamu Tekan shortcut “WIN + X” yang ada di keyboard secara bersamaan untuk membuka menu device manager.
  • Lalu bisa Pilih menu Device Manager untuk masuk kedalam device manager.
  • Maka akan langsung muncul jendela device manager.
  • Lalu kamu Pilih driver mana yang ingin kamu lakukan update lalu klik kanan pada tanpa panah yang ada disisi kiri nama driver tersebut.
  • Selanjutnya kamu klik bagian kanan yang ada pada driver yang ingin kamu perbaharui. Kemudian kamu pilih Update driver lalu klik.
  • Setelah itu maka akan muncul kotak dialog yang baru. Disini ada 2 pilih yaitu Search Automatically for Driver dan juga Browse my Computer for Drivers.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Cara update driver windows 11 semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Dendi

Dendi, reviewer dan analis tren teknologi kekinian, selalu di depan dalam urusan update tech.