Oleh :

Dendi

- 23 Maret 2023, 22:45 WIB

Cara SS di Laptop Lenovo Windows 11

SANEPO.COM – di postingan ini tim sanepo akan membahas cara ss di Laptop Lenovo Windows 11, Kini sepertinya setiap orang dapat melakukan screenshot Ataupun tangkapan layar di hampir semua merek laptop.

Bagi kamu yang memang belum tahu, tangkapan layar merupakan sebuah gambar digital yang dapat menampilkan isi layar sebuah perangkat elektronik seperti komputer.

Kehadiran Fitur-Fitur tangkapan layar memungkinkan para pengguna laptop untuk mengambil, menangkap, dan juga tentunya menyimpan sebuah cuplikan pada layar dalam format gambar.

Fitur mengambil gambar ataupun screenshot dapat berguna untuk berbagai kebutuhan. Kamu dapat melakukan screenshot halaman web Ataupun film favorit yang terpampang di komputer kamu.

Pengambilan screenshot bekerja secara berbeda-beda, tergantung pada jenis komputer dan juga perangkat lunak yang menjalankannya.

Di Lenovo, ada beberapa cara yang berbeda untuk melakukannya, tergantung sistem operasinya apakah Windows 11 Ataupun Windows versi yang sebelumnya.

Oada kesempatan kali ini kami kan mengajak kamu, khususnya para pengguna laptop Lenovo untuk mencoba dan juga mempraktekkan cara menangkap layar di laptop tersebut.

Table of Contents

Cara SS di Laptop Lenovo Windows 11

Tekan tombol Windows dan juga tombol PrtS pada keyboard secara bersamaan. Maka Layarnya akan langsung meredup, dan juga gambar di monitor akan tersimpan di folder Screenshots.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengambil screenshot yaitu dengan menahan tombol Windows, lalu tekan tombol W yang ada pada keyboard.

Menu sidebar maka akan langsung muncul yang ada di sisi kanan layar. Kamu bisa langsung Pilih ScreenSketch dari menu dan juga edit gambar sesuai dengan selera kamu.

Setelah proses pengeditan, maka Kamu bisa menyimpan hasilnya dengan menekan fitur save. Metode ini sangat berguna jika kamu ingin menyorot Ataupun menandai bagian tertentu gambar hasil screenshot.

Untuk pemilik laptop Lenovo yang sistem operasinya masih belum Windows 11 kamu jangan berkecil hati. Fungsi screenshot tetap saja bisa dilakukan di laptop Lenovo kamu dengan cara seperti berikut ini.

  • Silahkan kamu Tekan tombol PrtSc pada keyboard untuk menyalin gambar layar kamu ke clipboard.
  • Lalu Buka Paint, Atau aplikasi yang serupa untuk menempelkan gambar untuk melihat hasil gambar di program.
  • Lakukan pengeditannya sesuai dengan selera kamu. Melalui program Paint maka kamu bisa menandai gambar ataupun bahkan memotong gambar sesuai selera.
  • Simpan gambar dengan cara menekan tombol Ctrl dan juga S pada keyboard.

Cara Screenshot Laptop Lenovo Melalui Aplikasi Lightshot

Bagi kamu yang penasaran mengenai cara menangkap layar dengan Lightshot pada laptop Lenovo, alangkah baiknya kamu baca tahapannya berikut ini.

  • Pasang terlebih dahulu Lightshot di laptop Lenovo kamu.
  • Setelah mengunduh dan juga memasang Lightshot, dilanjutkan dengan menentukan layar, tampilan Ataupun konten yang ingin ditangkap.
  • Untuk bisa membuka Aplikasinya, maka kamu amu cukup menggerakkan kursor ke pojok kanan bawah layar dan mencari ikon bulu yang berwarna ungu.
  • Setelah kamu menekan ikon tersebut maka layar dari laptop Lenovo kamu itu akan langsung berubah warna. Hal ini membuktikan bahwa proses tangkapan layarnya bisa dilakukan.
  • Kamu diberikan kebebasan untuk menangkap layar sesuai dengan yang diinginkan mulai secara penuh, sebagian Ataupun di area yang tertentu.
  • Setelah itu, maka kamu dapat melakukan proses pengeditan lewat fitur-fitur yang sudah disuguhkannya, seperti membuat kotak, menambahkan tulisan, dan juga panah.
  • Kemudian, apabila sudah selesai melakukan proses penangkapan layarnya maupun pengeditan dilanjutkan dengan menyimpan file tersebut ke folder laptop Lenovo.
  • Awal kamu akan langsung dituntun untuk memilih format file tangkapan layar seperti JPEG, PNG, dan juga BNP.
  • Menariknya lagi kamu hanya dapat membagikan hasil tangkapan layar ke internet, bahkan bisa mencetaknya karena aplikasi yang satu ini menyediakan fitur tersebut.

Penutup

Demikian sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Cara ss di laptop Lenovo windows 11, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kamu. Terimakasih

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Dendi

Dendi, reviewer dan analis tren teknologi kekinian, selalu di depan dalam urusan update tech.