Tanpa Ribet! Begini Cara Pasang WiFi By U di Rumah

Avatar photo
Tanpa Ribet! Begini Cara Pasang WiFi By U di Rumah

SANEPO.COM – kali ini tim sanepo akan membahas tentang cara pasang wifi by u yang dapat kamu lakukan di rumah.

Ketersediaan akan akses internet adalah kebutuhan pokok sekarang ini. Terlebih lagi bagi orang yang bekerja secara daring atau online dari rumah.


Oleh karena itu diperlukan jaringan internet wifi agar semua perangkat gadget seperti laptop dan juga smartphone bisa online dalam waktu bersamaan.

Biasanya untuk mengatasi permasalah tersebut ini yaitu dengan cara pasang isp internet kabel seperti Indihome, MyRupublic, Bisnet dan yang lain sebagainya

Bagaimana Cara Pasang Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah?

Apabila kondisinya yang terbatas atau tidak tercover akses internet kabel. Setidaknya ada 2 pilihan cara agar dapat mempunya jaringan wifi sendiri antara lain sebagai berikut.

  1. Nembak WIFI.
  2. Pasang 4G Router.

Yang akan dibahas dalam pembahasan ini yaitu dengan cara memasang 4G router. Alasannya karena lebih hemat biaya dan alat-alat nya sudah sepenuhnya menjadi miliki kita.

Persiapan Alat Untuk Membuat Jaringan Wifi

Setelah menentukan mau memasang wifi dengan cara yang seperti apa. Sekarang saatnya kamu untuk menentukan alat apa saja yang harus disiapkan.

1. 4G Router

Seperti namanya, ini merupakan perangkat router yang dapat menghasilkan sinyal wifi. Ada banyak varian dari berbagi merk yang dapat kamu pilih dengan harga mulai dari 700 ribu hinggan 900 ribu.

2. SIM Card 4G Dan Juga Paket Internet

Paket Internet yang menjadi point penting ketika kamu akan membuat wifi sendiri. Jika ingin membuat wifi yang tanpa adanya batas kuota pemakaian.

Tentu kamu harus menggunakan paket unlimited. Namun sayang banyak sekali provider seluler yang mengeluarkan paket unlimited tetapi tidak benar-benar tanpa Adanya batas.

Kecuali paketan unlimited Yang Bikin Makin Aman Jaya dari provider By.U Telkomsel. Cukup dengan harga 140 ribu maka kamu sudah akan mendapatkan akses internet tanpa batas pemakaian.

3. Smartphone Ataupun PC

Peralatan yang dibutuhkan yaitu HP smartphone atau pc. Fungsinya Tentu saja untuk melakukan konfigurasi awal, misalnya mengganti nama SSID bawaan, ubah passwordnya dan yang lainnya.

Cara Pasang WiFi By U di Rumah

  1. Pertama silahkan kamu siapkan SIM Card By.U yang sudah dibelikan paket Unlimited.
  2. Masukkan simcard tersebut ke 4G Router lalu kamu hubungkan ke sumber daya.
  3. Setelah di hubungkan hp atau PC ke nama SSID Default dari router (password biasanya ada di bagian belakang alat atau di box).
  4. Setelah itu kamu buka browser, lalu masukkan alamat IP Router kamu yang ada dibelakang alat.
  5. Kemudian kamu masukkan admin dan password default.
  6. Yang Terakhir lakukan konfigurasi sesuai merk perangkat 4G router yang digunakan.

Rincian Dari Biaya Pasang Wifi Sendiri di Rumah

Besar biaya yang dikeluarkan apabila cara pasang wifi sendiri seperti ini akan ada biaya awal dan bulanan yang harus dikeluarkan nantinya. Rincian biayanya antara lain sebagai berikut.

  1. Biaya di awal : Alat Rp 800 ribuan dan Simcard ditambah paket Rp 140 ribu.
  2. Biaya bulanannya : cukup membayar atau beli paket unlimited By.U sebesar Rp 140 ribu saja.

Jika melihat rincian biaya yang di atas, maka akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan pasang internet kabel seperti Indihome di harga 300 ribuan per bulan.

Dapatkan berita terbaru dari SANEPO di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *