Cara Menyambungkan Kabel LAN ke Laptop Windows 11

SANEPO.COMWindows 11 kini hadir dengan tampilan yang lebih baru, sekaligus akan memperbaiki pengaturan Sistemnya supaya penggunaannya bisa menjadi lebih mudah dalam menggunakannya.

Walau demikian sebagian orang mengaku bahwa masih bingung dengan bagaimana caranya untuk konfigurasi jaringan LAN di Windows 11.

Tujuan mengatur LAN ini untuk menghubungkan perangkat komputer dengan koneksi internet. Jaringan LAN digunakan untuk mengatur lalu lintas koneksi dengan perangkat komputer melalui kabel.

Sama seperti fungsi Network Adapter, yang dimana sistem dari program berikut ini yang akan bertanggung jawab dalam semua aktivitas-aktivitas koneksi internet.

Jika kamu belum mengaturnya yang ada dibagian menu settings maka artinya sistem yang kamu gunakan belum siap untuk digunakan dalam kebutuhan tertentu seperti aktivitas internet.

Untuk bisa menjalankan sistem jaringan LAN, silahkan kanu ikuti tutorial cara konfigurasi jaringan LAN di windows 11 berdasarkan urutan yang telah kami buat dibawah ini.

Ada beberapa Tahapan yang bisa kamu lakukan untuk bisa memprogram fungsi-fungsi jaringan LAN di sebuah perangkat komputer kamu.

Poin yang paling pertama yaitu kamu bisa mengatur terlebih dahulu IP LAN secara manual supaya perangkat komputer kamu dengan koneksi jaringan terhubung dengan baik.

Table of Contents

Cara Menyambungkan Kabel LAN ke Laptop Windows 11

Proses untuk mengubah IP LAN secara manual dapat kamu temukan di bagian menu Network & Internet, lalu kamu masuk ke dalam menu Ethernet.

Pengaturan LAN sangat identik dengan Ethernet, karena di dalam program PC koneksi kabel akan t masuk ke dalam menu yang bernama Ethernet, termasuk semua pengaturan yang dapat kamu temukan mengenai koneksi kabel tersebut.

  • Silahkan kamu ketuk tombol Start.
  • Setelah itu kamu tinggal masuk ke dalam sub menu Network & Internet.
  • Kemudian kamu pilih kotak tombol Ethernet.
  • Disini kamu bisa mulai atur pengaturan IP LAN yang ingin dibuat. Caranya yaitu pencet Edit pada bagian IP assignment.
  • Lalu Ubah dari Automatic menjadi Manual.
  • Aktifkan bagian tombol IPv4.
  • Setelah itu tinggal kamu masukkan nomor IP Address sesuai alamat LAN masing-masing.
  • Lalu Masukkan juga nomor Subnet Mask.
  • Selanjutnya ketikkan nomor Gateway sesuaikan dengan Router kamu.
  • Ketik Prefered DNS, disini kamu bisa bebas mengatur angkanya bisa lihat dari Google juga.
  • Yang Terakhir tinggal tekan tombol Save dan juga sambungkan koneksi LAN ke perangkat kamu.

Penutup

Demikian sedikit ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai Cara menyambungkan kabel lan ke laptop windows 11 semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kamu. Terimakasih

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Dendi

Dendi, reviewer dan analis tren teknologi kekinian, selalu di depan dalam urusan update tech.