SANEPO.COM-Munculnya layar Shadow atau Burn-In sering mengganggu saat aktivitas bermain game. Atau menonton film dan itulah sebabnya cara menghilangkan Shadow di HP Xiaomi.

Biasanya layar Burn-In ini karena efek dari perubahan warna terjadi pada bagian area  layar paling  sering digunakan. Kalau sudah seperti ini cara menghilangkan Shadow di HP Xiaomi perlu dimengerti.

Cara menghilangkan  Shadow Di HP Xiaomi

Pixel HP Xiaomi Terbakar

Sebelum mengetahui cara menghilangkan Shadow di HP Xiaomi, maka perlu memahami penyebabnya agar bisa cepat mencari solusi alternatif.

Salah satu penyebabnya kemungkinan terbakarnya pixel pada layar Xiaomi yang biasanya memakai panel AMOLED.

Namun bisa saja terjadi pada smarphone yang menggunakan panel layar IPS dan apabila telah terbakar sudan tentu muncul bayangan.

Penyebab Munculnya layar Shadow

Ada banyak faktor yang memicu pixel terbakar diantaran kecerahan di atas 80%, atau kemungkinan smartpone terjatuh dan terbentur hingga terkena air dan pakai charger tidak original.

Pastikan kecerahan di bawah 50% kemudian mengatur waktu layar mati mencegah gambar statis dalam waktu jangka cukup lama.

 Tidak lupa menggunakan Dark Mode membantu LED bertahan lama,  karena memang bentuk bayangan bermacam-macam dan bahkan berasal dari UI statis atau navigation bar.

Gunakan Aplikasi Screen Color

Cara menghilangkan Shadow di HP Xiaomi yang menarik yaitu menggunakan aplikasi Screen Color. Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di Play Store.

Meski terbukti ampuh menghilangkan layar Shadow  tidak semua kasusu dapat teratasi dengan aplikasi ini. Namun, tidak ada salahnya mencobanya karena terkadang bayangan tetap muncul di layar HP Xiaomi

Masalah berhasil atau tidak urusan belakangan yang terpenting berani mencoba apalagi gratis hanya cukup download  di Google Play Store.

Cara Pakai Aplikasi Screen Color Hilangkan Layar Shadow

Download aplikasi Screen Color kemudian buka aplikasi dan pastikan klik tombol Test Screen bertujuan mengecek bayangan pada layar HP Xiaomi.

Berikutnya, pastikan pilih Repair memulai memperbaiki bayangan di layar kemudian tunggu sebentar akan muncul menu untuk perbaikan.

Isi sesuai keinginan hati setidaknya 1 menit lalu klik Begin kemudian tunggu sampai perbaikan selesai. Jika bayangan masih muncul perlu dicobanya kembali.

Tidak Menjamin Berhasil 100%

Walaupun sudah memakai aplikasi Screen Color yang canggih bukan berarti berhasil 100%. Hal itu kemungkinan kondisi layar rusak bayangan  tidak akan hilang.

Ganti LCD Baru

Jika layar telah rusak parah bayangan tetap muncul dan tidak ada solusi lain dengan mengganti LCD baru HP Xiaomi di servise center resmi

Pastikan. Siapkan budget yang cukup membayar penggantian LCD baru lantaran harga LCD Xiaomi berbeda-beda.

Tergantung type smartphone kelas flaship harga lebih mahal dari jenis lainnya, meski demikian apabila garansi masih berlaku dapat mencoba klaim garansi ke Mi Center di seluruh Indonesia.

Nanti pihak Mi Center akan mengecek kembali apa penyebab bayangan pada layar. Jika pemicu bayangan bukan faktor Human Error terjatuh, terkena air maka klaim ditolak dan semoga menginspirasi.

Editor :

Sumber : Berbagai sumber


SHARE:

Update Berita Terbaru dari Sanepo di :

Suryatiningsih

Suryatiningsih, kreator konten tech dari 2017, suka bagi rekomendasi seputar dunia teknologi.

Tags: