Cara Menghidupkan Mesin EDC BCA

SANEPO – Teruntuk kamu yang membuka usaha tentu harus mengetahui cara menghidupkan mesin EDC BCA dalam mengelola keuangan.

Electronic Data Capture atau yang sering disingkat dengan EDC biasanya sering kita temui di kasir pada saat melakukan pembayaran.

Nah EDC tersebut merupakan salah satu mesin penerima pembayaran dari bank yang dapat digunakan untuk pembayaran dalam kartu debit kartu kredit dan juga e-Wallet.

Perlu kamu ketahui bahwa pembayaran pada EDC tersebut dapat digunakan untuk berbagai bank.

Namun nantinya pembeli akan dikenakan biaya admin apabila bank yang digunakan berbeda dengan mesin EDC tersebut.

Salah satu mesin EDC yang biasanya digunakan untuk pembayaran yaitu mesin milik BCA.

Dimana nantinya EDC BCA tersebut dapat menerima pembayaran dari BCS Card, Visa, Mastercard, JCB, UnionPay, Amex, Debit BCA, Debit GPN, Flazz dan QR code.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan EDC BCA tersebut, maka tentunya kamu harus tahu mengenai cara menghidupkan mesin EDC BCA ini.

Sebenarnya cara menghidupkan mesin EDC BCA ini sangatlah mudah dilakukan, karena di dalam mesin tersebut sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk menghidupkannya.

Namun bagi para pengguna yang masih merasa bingung, maka kami di sini akan sedikit mengulas mengenai panduan untuk menghidupkan mesin EDC BCA tersebut.

Cara Menghidupkan Mesin EDC BCA

Dengan berbagai keutamaan yang ditawarkan oleh mesin EDC BCA ini, tentunya banyak sekali pelaku usaha yang ingin segera menggunakannya untuk layanan pembayaran di tempat usaha yang mereka bangun.

Namun supaya dapat menggunakan alat tersebut maka kamu harus mengetahui cara untuk menyalakan mesin EDC BCA beserta dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Adapun cara menghidupkan mesin EDC BCA dan juga fitur-fitur yang harus kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Bagi kamu yang ingin menyalakan mesin tersebut, maka kamu dapat mengklik tombol yang berwarna hijau.
  2. Untuk pilihan no, kamu dapat mengklik tombol hitam yang berada di sebelah kiri dan pilihan Yes dengan cara mengklik tombol Hitam yang ada di sebelah kanan.
  3. Untuk langkah konfirmasi, biasanya dilakukan dengan cara menekan tombol enter yang terdapat di tombol hijau di sebelah pojok kanan atas m
  4. Sedangkan untuk membatalkan pilihan, kamu dapat mengklik tombol merah dan untuk mengoreksi jumlah nominal, kamu dapat mengklik tombol kuning.

Tidak hanya cara menghidupkan mesin EDC BCA saja, Ternyata kamu juga harus mengetahui cara untuk mematikannya.

Untuk cara mematikan mesin tersebut juga tidak kalah mudah dari cara menghidupkannya. Nah terdapat tiga tipe mesin EDC BCA yaitu tipe Ingenico, tipe move dan juga tipe castles.

Cara Mematikan Mesin EDC BCA Sesuai Tipe

1. Tipe Ingenico

Dalam tipe tersebut terdapat tombol merah, kuning, hijau di bawah tombol angka. Nah untuk mematikan mesin tersebut kamu hanya perlu menekan tombol kuning dan titik yang berada di atas tombol hijau secara.

2. Tipe Move

Sedangkan untuk tipe move ini memiliki susunan tombol yang berbeda, tombol merah, kuning dan hijau tepat di samping kanan tombol angka.

Nantinya kamu dapat menekan tombol kuning dan titik yang berada di sebelah kiri tombol hijau secara bersamaan.

3. Tipe Castles

Berbeda dengan dua tipe sebelumnya, ternyata tipe castles ini memiliki beberapa tombol yang berbeda namun susunannya sama persis seperti tipe move.

Nah untuk mematikan mesin tersebut kamu dapat menekan tombol kuning dan pagar yang berada di sebelah kiri tombol hijau secara bersamaan.

Penutup

Demikian cara menghidupkan mesin EDC BCA yang dapat kamu lakukan, Semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa membantu dan bermanfaat.

Editor :


SHARE:

Ikuti Sanepo di media sosial untuk berita terbaru tentang Teknologi, Anime, Gadget, dan lainnya setiap hari! Jangan lewatkan konten menarik kami. Follow sekarang di:
FacebookSanepo
InstagramSanepo
Google NewsSanepo.com
PinterestSanepo
Twitter@sanepo_com
Telegram ChannelSanepo Updates
WhatsApp ChannelSanepo Media
Avatar photo

Dendi

Dendi, reviewer dan analis tren teknologi kekinian, selalu di depan dalam urusan update tech.