Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri

cara melihat tag Instagram yang disembunyikan
cara melihat tag Instagram yang disembunyikan

SANEPO.COM – Ketika Instagram mengalami error dan force close, tahu tidak bagaimana cara mengatasi Instagram force close di hp Android dan iPhone? 

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi Instagram force close yang dapat kamu terapkan sendiri dengan mudah

Cara mengatasi Instagram force close ini juga tidak perlu memakai perangkat lain. Bahkan cara berikut juga sangat efektif untuk diterapkan. 

Sebelum itu, kamu tahu tidak kenapa Instagram sering berhenti sendiri? Ada beberapa penyebab mengapa Instagram sering mengalami Force close atau keluar sendiri.

Misalnya saja karena masalah jaringan internet yang buruk, masalah aplikasi yang telah usang, kemudian sistem operasi yang kurang support, hingga masalah penyimpanan hp yang penuh.

Masalah tersebut bisa membuat suatu aplikasi terjadi error atau bahkan tidak dapat digunakan. Karena itulah, kamu perlu mengatasinya dengan segera.

Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi Instagram force close atau keluar sendiri. Beberapa cara tersebut telah sanepo rangkum sebagai berikut.

1. Update Aplikasi Instagram

Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri

Cara mengatasi Instagram keluar sendiri yakni dengan memperbarui aplikasi Instagram yang terinstal di hp kamu. 

Aplikasi Instagram yang tak kunjung diperbarui biasanya akan mengalami banyak sekali masalah. Parahnya lagi, masalah ini akan menjadi membesar dan merusak sistem.

Sehingga terjadi bug dan error akibat file sampah yang terus menumpuk pada aplikasi Instagram. 

Karena itulah, kamu wajib memperbarui aplikasi Instagram agar aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar.

2. Tutup Paksa Aplikasi Instagram

Kenapa Instagram keluar sendiri di Android? Biasanya hal ini disebabkan oleh bug atau error pada sistem aplikasi Instagram. 

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Instagram kemudian langsung tekan home (tutup secara paksa). 

Setelah itu, kamu bisa hapus riwayat aplikasi yang telah dibuka. Terakhir, kamu bisa buka lagi aplikasi Instagram. Dengannya begitu, masalah force close bisa teratasi.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi Instagram

Cara mengatasi Instagram terus berhenti sendiri yakni dengan membersihkan cache dan data aplikasi melalui pengaturan. 

Cara ini umumnya cukup efektif untuk mengatasi masalah error seperti keluar sendiri. Karena sampah yang menumpuk juga akan ikut terhapus. 

Untuk menghapus cache dan data, kamu hanya perlu pergi ke pengaturan. Kemudian pilih pengaturan aplikasi. 

Pada bagian tersebut, kamu bisa pilih hapus cache. Setelah itu silahkan penggunaan memori, lalu pilih hapus data aplikasi Instagram. Dengan begitu, aplikasi Instagram akan kembali normal.

4. Instal Ulang Aplikasi Instagram

Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Instagram Force Close atau Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Instagram keluar sendiri di iPhone dan Android yakni dengan menginstal ulang aplikasi Instagram. Cara ini bisa kamu terapkan apabila cara sebelumnya tidak berhasil. 

Karena berdasarkan pengalaman sanepo, ketika menghapus aplikasi Instagram dan menginstall kembali, maka permasalahan error dan force close bisa teratasi. 

Silahkan uninstall aplikasi Instagram di hp kamu. Kemudian kamu bisa menuju App Store atau Play Store untuk mengunduh Instagram. 

Jangan lupa login dengan akun milikmu. Dengan begitu, masalah keluar sendiri bisa teratasi. 

5. Update Sistem Operasi Android

Jika kamu mengalami Instagram force close hari ini dan telah menerapkan cara-cara di atas, maka langkah berikutnya yakni dengan memperbarui sistem operasi (OS) hp kamu. 

Biasanya aplikasi Instagram kurang support dengan beberapa sistem operasi tertentu (tidak semua, lebih banyak karena bug di OS hp).

Karena itulah, kamu wajib memperbarui sistem operasi terlebih dahulu. Kemudian silahkan coba buka aplikasi Instagram. 

Dengan demikian, masalah keluar sendiri atau force close di hp kamu bisa teratasi dengan mudah. 

6. Bersihkan Penyimpanan Hp

Cara Mengatasi akun Instagram yang keluar sendiri yakni dengan membersihkan penyimpanan di hp kamu. 

Berdasarkan pengalaman sanepo, memori ram dan internal yang penuh bisa mempengaruhi kinerja sebuah aplikasi. Karena itu kamu wajib membersihkannya.

Biasanya untuk hp jaman sekarang sudah tersedia pembersih bawaan. Silahkan bersihkan memori dengan pembersih bawaan tersebut. 

Dengan begitu, aplikasi Instagram yang ada di hp kamu bisa kembali digunakan dan tidak mengalami force close.  

7. Tunggu Sejenak

Terakhir kamu harus bersabar. Biasanya force close disebabkan karena Instagram error hari ini dan terjadi proses maintenance oleh pihak developer.

Proses ini tidak terlalu lama, palingan hanya memakan waktu beberapa jam saja. Oleh karena itulah, kamu harus bersabar sejenak hingga proses maintenance selesai. 

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengatasi Instagram force close atau keluar sendiri yang dapat kamu terapkan. Semoga apa yang sanepo bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.