Cara Mengaktifkan Autoplay di YouTube dan Mematikannya

cara mengaktifkan autoplay di YouTube
cara mengaktifkan autoplay di YouTube

SANEPO.COM – Tahukah kamu bagaimana cara mengaktifkan autoplay di YouTube? Sebenarnya untuk mengaktifkan Autoplay atau pemutaran otomatis sangatlah mudah. Kamu bisa mengikuti tutorial yang sanepo sajikan ini.

Bagi sebagian orang, pemutar video otomatis atau Autoplay di YouTube memang sangat diperlukan. Hal ini karena mereka enggan ribet beralih ke video berikutnya. 

Kira-kira sebermanfaat apa sih fitur Autoplay di YouTube ini? Bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkannya? Yuk simak ulasan sanepo berikut ini. 

Sekilas Tentang Autoplay di YouTube

Seperti yang telah sanepo singgung sebelumnya, pemutaran otomatis merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memutar video YouTube berikutnya secara otomatis.

Jadi ketika kamu menonton video YouTube hingga akhir, maka secara otomatis YouTube akan memutar video berikutnya. 

Perlukah pengaturan pemutaran video otomatis diaktifkan? Nah pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan. Sebenarnya penting atau tidaknya tergantung masing-masing.

Karena ada yang menganggap bahwa fitur ini sangat penting karena kita tidak perlu memutar videonya secara manual. Sehingga lebih simpel untuk nonton video sambil kerja. 

Namun ada juga yang menganggap bahwa fitur ini kurang penting. Karena kita bisa memilih video yang akan ditonton. Apalagi video berikutnya juga belum tentu kita sukai. 

Apakah Autoplay Youtube hilang? Mengapa saya tidak bisa menemukannya? Nah berdasarkan penelusuran sanepo, pemilik akun YouTube yang berusia dibawah 18 tahun secara otomatis tidak bisa mengaktifkan fitur ini. 

fyp sanepo

Sehingga kamu akan merasa seolah-olah fitur Autoplay Youtube tidak berfungsi. Padahal sebenarnya fiturnya berfungsi, hanya saja terbatas bagi usia tertentu. 

Karenanya, jika kamu ingin mengaktifkan fitur Autoplay, maka kamu perlu mengganti usia di akun Gmail atau akun Google milikmu. Dengan begitu kamu bisa merasakan fitur ini.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur Autoplay di YouTube hp? Bagaimana cara menonaktifkannya? Simak tutorial berikut ini.

Cara Mengaktifkan Autoplay di YouTube

Untuk mengaktifkan fitur Autoplay, sebenarnya sangat mudah sekali. Kita harus menonton video terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak tutorial berikut ini. 

cara mengaktifkan autoplay di YouTube
cara mengaktifkan autoplay di YouTube
  • Pertama, silahkan buka aplikasi YouTube yang ada di hp kamu. 
  • Setelah itu, silahkan buka salah satu video di Youtube. Kemudian putar video tersebut. 
  • Saat dalam pemutaran, silahkan klik videonya. Nantinya akan muncul beberapa menu. 
  • cara mengaktifkan autoplay di YouTube yakni dengan menekan tombol pemutaran otomatis (lihat pada gambar). 
  • Silahkan geser ke posisi on. 
  • Dengan begitu, video YouTube bisa diputar secara otomatis. 

Cara Menonaktifkan Autoplay di Youtube

Setelah kita tahu bagaimana cara mengaktifkan Autoplay, sekarang kita coba untuk menonaktifkannya. Menonaktifkan fitur tersebut juga sangat mudah kok. 

Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya. Lantas bagaimana cara mematikan Autoplay di YouTube? Silahkan ikuti tutorial sanepo berikut ini.

cara mengaktifkan autoplay di YouTube
cara mengaktifkan autoplay di YouTube dan menonaktifkannya
  • Pertama, buka aplikasi YouTube yang telah ada di hp kamu. 
  • Silahkan buka dan tonton salah satu video (hanya sebagai ‘jembatan’ untuk menonaktifkan pemutaran otomatis).
  • Langkah selanjutnya, silahkan tekan video yang sedang kamu putar. Nantinya akan muncul beberapa menu. 
  • Kamu hanya perlu menggeser tombol pemutaran otomatis ke posisi off. 
  • Dengan begitu video di YouTube tidak akan memutar secara otomatis.

Penutup

Demikian pembahasan sanepo mengenai fitur Autoplay di YouTube. Kamu sudah tahu seperti apa fitur ini dan bagaimana cara mengaktifkannya hingga menonaktifkannya bukan? 

Semoga tutorial tentang cara mengaktifkan autoplay di YouTube dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok.